Kandungan Serum yang Tepat untuk Atasi Jerawat

Pilihan Serum yang Tepat untuk Atasi Jerawat
Pilihan Serum yang Tepat untuk Atasi Jerawat

 

Kalau kamu termasuk salah satu yang punya masalah dengan jerawat, dibutuhkan usaha yang besar dan rutin untuk bisa menjaga kulit wajah tetap bersih dan mulus. Mulai dari perawatan facial, mengganti berbagai produk yang dikatakan cocok untuk kulit berjerawat, sampai rutin menggunakan masker yang berfungsi untuk menyerap minyak wajah.

Namun, ada satu hal penting yang sepertinya terlewati. Apakah kamu sudah menggunakan serum? Tidak sedikit yang belum berani menggunakan serum karena tidak tahu produk mana yang cocok untuk masalah kulit masing-masing. Terlebih lagi, kulit kamu akan semakin bermasalah jika menggunakan serum yang tidak cocok.

Walau begitu, kamu harus tahu betapa pentingnya produk tersebut untuk membantu kamu mengatasi jerawat yang terus bermunculan. Banyak yang bertanya bagaimana cara memilih serum yang tepat untuk kulit yang mudah berjerawat. Kamu bisa melihat bahan aktif apa saja yang terkandung dalam sebuah serum, dan pastikan apa yang kamu cari bisa ditangani dengan kandungan tersebut.

Jika kamu masih bingung, kamu bisa cek daftar kandungan serum di bawah ini yang bisa jadi pertimbangan untuk mengatasi masalah kulit berjerawat ya!

 

Pilihan Serum yang Tepat untuk Atasi Jerawat
Pilihan Serum yang Tepat untuk Atasi Jerawat

 

Bahan aktif serum yang cocok untuk kulit berjerawat

Retinol

Bentuk derivatif dari vitamin A, retinol berfungsi sebagai pencegah penuaan dini dan “obat” untuk kulit yang bermasalah. Bahan aktif ini memiliki karakter yang sangat kuat dan dapat memberikan efek yang nyata dalam membantu meregenerasi sel-sel kulit.

Walau begitu, untuk kamu yang berencana untuk menggunakan serum berbahan dasar retinol, diskusikan terlebih dulu dengan dokter kulit kamu, ya. Sebab, penggunaan retinol untuk tiap orang berbeda, tergantung dari jenis kulit dan juga usia. Jika salah-salah, justru akan menyebabkan iritasi dan masalah kulit lainnya.

Niacinamide

Sering ditemukan pada produk-produk kosmetik dan skincare, Niacinamide adalah bahan aktif anti-inflamasi yang membantu kulit terhindar dari warna kulit yang kemerahan akibat iritasi. Tidak hanya itu, produk ini menjadi salah satu yang paling diincar sebab kegunaannya bisa membantu mengimbangi produksi minyak pada wajah dan hiperpigmentasi atau penggelapan kulit. Berbeda dengan retinol, Niacinamide tidak bersifat keras dan dapat digunakan saat pagi maupun malam hari.

Vitamin C

Vitamin C adalah adalah antioksiden yang dapat membantu meratakan warna kulit wajah dan menyamarkan noda atau bekas jerawat. Tidak hanya pada serum, berbagai jenis produk juga sudah menggunakan vitamin C sebagai bahan utama karena manfaatnya yang baik untuk berbagai jenis kulit wajah.

Serum ini bisa digunakan saat pagi hari dan harus diikuti dengan sunscreen minimal SPF 30 untuk perlindungan yang optimal bagi wajah kamu. Jika kamu punya kulit sensitif, maka disarankan untuk menggunakan serum vitamin C dengan kandungan lebih rendah di malam hari.

 

Pilihan Serum yang Tepat untuk Atasi Jerawat
Pilihan Serum yang Tepat untuk Atasi Jerawat

Asam hialuronat

Bahan aktif ini adalah salah satu bahan aktif yang banyak ditemui dalam berbagai jenis dan varian serum yang ada di pasaran. Asam hialuronat diketahui dapat membantu kamu mencegah dehidrasi pada kulit atau iritasi akibat perawatan, facial atau eksfoliasi, yang telalu sering. Tidak harus dipakai secara rutin, kamu bisa mengaplikasikannya sekitar 2 sampai 3 hari sekali, apabila permasalahan kulit wajah kamu sudah mulai berkurang.

Hydroxy acids

Jika kamu pernah dengar bahan AHA atau BHA, keduanya adalah bahan yang termasuk dalam kategori hydroxy acids. AHA (Alpha Hydroxy Acids) dan BHA (Beta Hydroxy Acids) adalah eksfoliator kimia yang membantu untuk membersihkan lapisan kulit luar dan pori-pori. Menggunakan produk berbahan dasar hydroxy acids dapat membantu mencerahkan kulit wajah dan membuat kulit terlihat lebih cerah. Walau begitu, pastikan untuk menggunakannya sesuai dengan anjuran, karena pemakaian yang terlalu sering dapat membuat kulit kering dan kemerahan.

Sulfur

Sempat diragukan, sulfur memiliki peran yang bermanfaat. Tidak banyak produk serum yang menggunakan bahan ini, tetapi sulfur memiliki kegunaan unik yang dapat membantu dalam mengatasi jerawat pada kulit wajah kamu. Bahan ini memiliki elemen anti-bakteri yang dapat membantu membunuh bakteri maupun kuman pada kulit untuk mengurangi munculnya jerawat akibat kotoran di udara yang masuk ke kulit.

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published.