Pengalaman Ikut Ruangbelajar: Lebih Seru dan Menambah Semangat

Senang ikut kegiatan Cha-Ching Kid$
Video pembelajaran interaktif meningkatkan semangat belajar anak

 

“Ma tau ga, Tuna Gembira itu apa?” ujar Bintang antusias saat keluar dari kamarnya. 

Saya tak terlalu paham arah pembicaraan Bintang.  

“Mama tahunya tuna goreng, tuna asam pedas,” ujar saya sekenanya. 

“Ya mama ini tidak bercanda. Tuna Gembira itu singkatan dari ciri makhluk hidup, tumbuh, bernafas, bergerak, berkembang biak, dan merespon rangsangan,” ujarnya semangat. 

Ulala… Rupanya, itu yang dia maksud. Saya jadi ingat kalau Bintang baru saja mengikuti trial class Ruangbelajar di Ruangguru. Durasinya kurang lebih 45 menit. 

Saat ini Bintang memang masih sekolah dasar, baru kelas dua SD. Namun saya rasa, di masa pembelajaran daring ini tak ada salahnya menambah wawasan dan pemahaman akan pelajaran sekolah dengan ikut belajar di Ruangguru. Makanya, ketika tahu ada informasi Trial Class di Ruangbelajar dari Ruangguru saya langsung tertarik mencoba. 

 

Ruangbelajar dari ruangguru

 

Hasilnya. Sesuai harapan. Saya senang karena melihat materi pembelajaran yang disampaikan secara tuntas, dan dengan bahasa yang mudah dipahami anak. Selain itu di sela pembelajaran ada kuis-kuis yang membuat anak tambah semangat. 

Saya lihat, Bintang pun juga tak kalah bersemangat. Meski hari itu ia mengikuti pelajaran kelas 3 SD dengan materi ciri makhluk hidup, ia tetap antusias. Saya kira karena penyampaian materi dari Kak Ade, nama tutornya, yang jelas dan lengkap. 

Selain itu, materi pelajaran disampaikan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti. Seperti penggunaan akronim Tuna Gembira untuk ciri makhluk hidup yang disampaikan Bintang. Akronim itu membuat materi menjadi lebih mudah diingat. 

Interaksi antar siswa di kolom chat, dan respon Kak Ade atas jawaban-jawaban siswa menurut saya membuat anak tetap fokus pada materi yang disampaikan. Saya kira bukan hanya Kak Ade, semua tutor di Ruangbelajar pastilah punya standar yang sama di atas rata-rata karena memang sudah melewati serangkaian seleksi dan bimbingan. 

 

 

Ruangbelajar sendiri merupakan layanan belajar online terlengkap di Indonesia. Ruangbelajar mendukung belajar mandiri dengan puluhan ribu video belajar beranimasi dan latihan soal yang bisa di-download, sehingga hemat quota. Kehadiran Ruangbelajar bisa menjadi solusi bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar selama pandemi karena terbatasnya materi dan bahan ajar yang diterima dari sekolah. 

Saat ini, paket beajar di Ruangbelajar tersedia mulai dari kelas 1-6 SD, SMP, SMA, dan perguruan tinggi. Jadi siswa dengan berbagai jenjang pendidikan bisa mengikutinya. Paket belajar di Ruangbelajar relatif terjangkau sesuai dengan pilihan paket dan kelas. 

Sebagai contoh paket belajar 1 semester untuk siswa SD sampai SMA bisa didapat dengan membayar Rp962.500  Rp385.000. Sedangkan paket belajar 1 tahun bisa didapat dengan membayar Rp1.498.000 Rp599.000. 

Buat siswa yang ingin persiapan UTBK dan masuk perguruan tinggi juga tersedia paket belajar yang bisa dipilih dengan biaya mulai dari Rp999.000

Biaya ruangbelajar
Lejitkan kemampuan, manfaatan kesempatan

 

Ada yang Baru di Ruangbelajar

Ada banyak fitur yang bisa dimanfaatkan di Ruangbelajar by Ruangguru ini di antaranya Ruangguru PET, ruangguru adventure, jadwal belajar, asah otak dan kumpulan soal. 

Ruangbelajar dilengkapi dengan beragam fitur latihan seperti bank soal, Latihan Bab, Cek Kemampuan, dan Kuis untuk memastikan siswa paham betul materi yang kamu pelajari. Selain itu pengalaman belajar disesuaikan dengan pemahaman siswa sehingga siswa serasa belajar dengan guru privat. 

 

Manfaat Bank Soal Ruangguru

Nah, Memasuki tahun ajaran kali ini, ruangbelajar hadir dengan inovasi terbaru. Mulai Juli 2021,terdapat beberapa fitur ungggulan yang akan lebih memudahkan siswa dalam memahami pelajaran. 

Apa saja fitur unggulan yang sudah disiapkan untuk para siswa, berikut penjelasannya:

1. Fitur Adapto

Adapto merupakan fitur yang bertujuan  meningkatkan hasil belajar siswa  dengan kecepatan siswa. Fitur ini juga  memastikan siswa memahami materi sebelum melanjutkan ke bagian berikutnya. Dengan begitu siswa dapat didorong untuk belajar lebih banyak dalam satu sesi dengan membuat pengalaman belajar lebih lancar, berkelanjutan dan imersif

Dengan adanya Adapto, siswa diharapkan bisa mengambil manfaat dari hasil nilai kuis dalam video membuat pembelajaran jauh lebih interaktif dengan jawaban yang mengarahkan siswa sesuai dengan kemampuan belajarnya. Dengan demikian, siswa benar-benar dapat memilih materi belajar sendiri.

2. Fitur Rencana Belajar (Playlist Belajar)

Fitur ini memudahkan siswa ketika menonton video pembelajaran (atau melakukan materi pembelajaran lainnya). Fitur ini cocok untuk siswa yang sering terganggu dan harus berhenti belajar di Aplikasi Ruangguru. Fitur ini akan memudahkan siswa bila ingin melanjutkan materi tidak dari awal.

Tujuan fitur adalah untuk menciptakan kebiasaan yang lebih disiplin bagi pengguna terkait konten apa yang harus mereka pelajari setiap minggu. Selain itu memberikan rencana pembelajaran (rekomendasi playlist) kepada pengguna sesuai dengan kebutuhannya dan sesuai dengan timeline atau agenda di sekolah. Fitur juga bisa membantu siswa memberikan cara yang lebih mudah bagi pengguna untuk melanjutkan dan menyimpan misi untuk belajar nanti 

3. Subtitle Video

Berdasarkan tolok ukur untuk aplikasi pembelajaran global (khususnya pada konten yang telah direkam sebelumnya), transkrip adalah salah satu fitur yang berharga untuk membantu pembelajaran. Hadirnya fitur subtittle ini diharapkan dapat  membantu siswa untuk merekam video pembelajaranlebih banyak kata demi kata.

Selanjutnya siswa bisa melihat konten secara mendetail selama menonton video. Teks pada subtittle diharapkan jugga bisa memastikan siswa memahami dan tidak melewatkan poin penting.

4. Fitur Pencarian

Fungsi pencarian sebagai fitur untuk pengguna yang sudah tahu apa yang harus dipelajari di aplikasi, tetapi membutuhkan cara tercepat untuk menemukan materi pembelajaran.Tujuan fitur adalah menemukan materi belajar secara lebih cepat

5. Pet Mission

Misi hewan peliharaan adalah daftar misi harian yang disediakan di halaman evolusi hewan peliharaan. Jika pengguna menyelesaikan 4 misi dalam seminggu, maka  akan diberikan 1 batu evolusi hewan peliharaan. Kehadiran fitur ini diharapkan dapat mendorong pengguna yang suka bermain game online menjadi lebih semangat belajar

6. Tes Minat Bakat

Fitur Tes minat merupakan tes psikologi dalam bentuk tes RIASEC. Tujuan fitur adalah untuk membantu memperkirakan karier yang sesuai dengan diri. Tes bakat dilakukan untuk  mengukur kemampuan deduktif, aritmatika, spasial, induktif. 

Hasil dari tes minat bakat selanjutnya bisa dijadikan acuan dalam memilih jurusan-jurusan sesuai minat yang ditunjang oleh bakat siswa. Fitur ini cocok dimanfaatkan untuk siswa SMA yang sedang persiapan melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi. 

 

Berbagai inovasi dan terobosan yang dilakukan, Ruangbelajar dari Ruangguru ingin hadir menjadi solsusi dalam mengatasi persoalan belajar anak. Bagi saya sebagai orang tua, hadirnya Ruangbelajar bisa menjadi solusi untuk mengisi ketertinggalan siswa selama belajar daring. 

Bagaimanapun, meski di tengah pandemi, anak tetap punya hak untuk belajar dan mendapatkan pendidikan yang kayak. Hadirnya Ruangbelajar dari Ruangguru tentu bisa membantu meningkatkan kualitas pendidikan tanah air. ***

 

7 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.