Es Krim Cemilan Baik untuk Anak? Yuk Cari Tahu Faktanya

Cemilan Baik untukmu

 

“Ma Beli es krim ya…”

***

Sudah menjadi hal umum bahwa es krim adalah salah satu cemilan yang menggugah selera. Bahkan tak sedikit orang yang menjadikan es krim sebagai pelepas kebosanan dan untuk mengembalikan mood.

Es krim disukai segala jenis umur, tua-muda, besar-kecil, laki-laki perempuan, semua suka eskrim. Boleh dibilang, es krim adalah cemilan sejuta umat. Bagaimana dengan kamu?

Nah ternyata selain mendatangkan kebahagiaan, es krim juga bisa mendatangkan kegalauan? Ya paling tidak untuk saya sendiri. Eh kok bisa, bagaimana ceritanya.

Yap… Sebagai ibu dengan tiga krucils sudah pasti saya sering dihadapkan situasi saat anak-anak minta dibelikan es krim. Dulu sempat ragu apakah anak batita boleh makan es krim? Kalau boleh sejak umur berapa anak dibolehkan makan es krim? Berapa banyak konsumsi es krim yang dibolehkan dalam sehari?

Akhirnya untuk menjawab kegalauan saya sempat tanya pada nutrisionist. Jawabannya, boleh selama mengkonsumsi es krim yang memiliki kandunga nutrisi seimbang. Atas penjelasan ini akhirnya saya pun mulai membolehkan anak-anak mengeml es krim tapi dengan catatan tidak setiap hari, harus membeli es krim yang diproduksi dengan bangun sehingga kandungan zat baiknya terjaga, dan sedapat mungkin es krim yang dibuat sendiri.

Membuat es krim menjadi salah satu trik saya untuk memenuhi keinginan anak-anak makan es krim. Enaknya sekarang ada banyak contekan es krim yang bisa dilihat dari berbagai sumber. Resep es krim instan juga sudah tersedia di pasar. Selain itu bahan-bahan seperti stik es krim, cone dan kebutuhan lain mudah di dapat.

Bila tak berkesempatan, saya akan membeli es krim yang sudah pasti memiliki kandungan zat baik seperti Es Krim Paddle Pop dari Walls yang merupakan produksi unilever Indonesia. Es krim Paddle Pop menurut saya bagus diberikan karena memiliki takaran yang seimbang dan bisa dikonsumsi oleh anak-anak.

Bagaimana dengan temans, apakah juga pernah galau saat memberikan es krim pada anak? Yay or Nay?

 

Pembicara dalam vritual zoom cemilan baik untukmu

 

Nah betewe soal pemberian cemilan es krim untuk anak ini, kali ini saya mau sharing nih beberapa ilmu baru terkait pemberian es krim pada anak anak. Jadi ceritanya, pada Jumat 22, Januari lalu saya berkesempatan mengikuti virtual Zoom dengan tema Cemilan Baik Untukmu yang dilaksanakan Walls Indonesia. Pada Virtual zoom ini, Paddle Pop, brand cemilan es krim anak dari Unilever Indonesia, memperkenalkan logo Cemilan Baik Untukmu.

Bu Hernie Raharja, Foods & Refreshment Director Unilever Indonesia mengatakan hadirnya logo Cemilan Baik Untukmu merupakan wujud komitmen dalam menerapkan standar cemilan es krim yang lebih baik dan mengedepankan kandungan yang baik untuk anak.

 

“Sebagai pionir cemilan es krim anak selama 28 tahun di Indonesia, di momen perayaan Hari Gizi Nasional 2021, kami memperkenalkan logo ‘Cemilan Baik Untukmu’ untuk memberikan jaminan kandungan es krim Paddle Pop yang baik untuk anak,” ujar Bu Herni.

 

Buat kita para orang tua, cemilan menjadi salah satu yang wajib ada di rumah ya. Apalagi, pemberian cemilan pada anak dua kali sehari di sela jadwal makan besar memang dianjurkan untuk memenuhi terpenuhi nutrisi anak. Karena itu, kandungan nutrisi yang diasup dalam setiap cemilan haruslah baik agar bisa membantu tumbuh kembang.

Bahkan saking sukanya nyemil, menurut penelitian, hampir semua anak Indonesia (97.7%) mengkonsumsi lebih banyak cemilan & minuman kemasan dibandingkan sayuran & buah-buahan. Apalagi dengan banyaknya pilihan cemilan di pasaran. Karena itu, orang tua harus benar-benar selektif dalam memberikan cemilan agar kebutuhan nutrisi seimbang untuk anak tetap terpenuhi.

“Ada banyak sekali jenis cemilan yang beredar di pasaran. Karena itu, sangat penting bagi semua orang tua untuk memeriksa kembali kemasan cemilan untuk anak. Kami telah memberikan izin logo Cemilan Baik Untuk yang diaplikasikan di kemasan produk Paddle Pop. Kami berharap, logo Cemilan Baik Untukmu ini bisa membantu orang tua menentukan pilihan cemilan tepat untuk anak.”

Dra. Rita Endang., Apt., M.Kes., Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM.

 

Bagaimana kriteria cemilan baik untuk anak?

Nah ini yang paling menarik menurut saya. Hampir semua orang tua paham bahwa untuk anak memilih cemilan yang baik adalah hal penting. Namun, persoalannya tidak semua orang tua ya paham cara memilih cemilan baik untuk anak. Bahkan saya pun kadang-kadang masih suka silap.

Menurut dokter spesialis anak, dr Attila Dewanti Sp.A(K) yang menjadi salah satu pemateri dalam virtual zoom ini, kesadaran tentang pentingnya memilih cemilan yang baik sangat krusial. Jika salah pilih cemilan bisa memiliki berbagai akibat jangka panjang, seperti obesitas dan terganggunya daya tahan tubuh anak, terutama di masa pandemi sekarang ini.

Berdasarkan riset, dr Attila mengatakan, diperkirakan bahwa 15-25% penyakit anak-anak disebabkan karena pola makan yang kurang tepat, termasuk cemilan. Selain itu, ketika anak-anak lebih banyak beraktivitas di rumah akibat pandemi, orang tua pun memiliki kesempatan emas untuk menumbuhkan kebiasaan baru, yakni memilih cemilan yang lebih baik.

Untuk bisa membedakan mana cemilan baik dan mana yang bukan, menurut dr Attila, berikut beberapa panduan yang bisa digunakan

* Pilihlah cemilan dengan kadar gula, kalori, dan lemak yang sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG) anak dan anjuran WHO.

Dalam satu hari sebaiknya anak-anak dan orang dewasa membatasi konsumsi gula agar tidak lebih dari 50-gram dan lemak jenuh tidak lebih dari 10% total energi (misalkan, sekitar 18g untuk anak usia 7-9 tahun). Cemilan untuk anak juga disarankan mengandung tidak lebih dari 20% kebutuhan energi harian atau sekitar 330 kalori untuk anak usia 7-9 tahun.

* Pilih cemilan yang mengandung susu

Susu memiliki beragam manfaat bagi anak-anak, karena memiliki kandungan protein & kalsium yang menunjang pertumbuhan tulang anak secara optimal.

* Pilih cemilan yang mengandung serat tinggi

Buah-buahan mudah dicerna anak. Buah juga mengandung berbagai jenis vitamin yang dapat membantu tumbuh-kembang anak – dan sesuai dengan rekomendasi Kementerian Kesehatan RI, balita & anak usia sekolah setidaknya mengkonsumsi cemilan 2-3 porsi setiap hari.

* Cemilan telah memiliki ijin edar dari BPOM

Cemilan yang baik sudah mendapat izin edar dan tidak mengandung Bahan Tambahan Pangan (BTP) yang berbahaya dan dilarang oleh BPOM, seperti asam borat, asam salisilat, dietilpirokarbonat, dulsin, kalium klorat, kloramfenikol, minyak nabati yang dibrominasi, nitrofurazon, formalin, hingga pewarna tekstil Rhodamin B

Apakah Cemilan Es Krim Baik untuk Anak?

Paddle Pop, Cemilan Baik Untukmu

Menurut dr Attila es krim aman dikonsumsi anak selama terbuat dari susu dan buah sehinga kaya akan nutrisi dan serat. Selain itu harus diperhatikan bahwa es krim yang dikonsumsi memiliki kadar kalori, gula dan lemak jenuh yang sesuai dengan anjuran kementerian kesehatan.

Pemberian es krim bisa dilakukan sejak anak mulai usia 1 tahun, dengan catatan bahwa anak tidak memiliki gejala alergi terhadap susu sapi. Selain itu orang tua juga harus memastikan bahwa anak hanya dibolehkan makan es krim pada saat sedang sehat atau tidak sedang demam.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan bahwa berikanlah es krim pada saat anak-anak telah makan besar, atau beri di antara waktu makan besar. Pada umumnya, es krim mengandung kalori yang tinggi sehingga terkadang satu porsi es krim sudah cukup untuk membuat anak kenyang. Karena itu, ada baiknya orag tua menghindari memberi anak es krim sebelum jam makan besar anak,

Es Krim Paddle Pop Cemilan Baik Untukmu

Es Krim Paddle Pop, kesukaan anak-anak dan orang dewasa

Salah satu cemilan baik untuk anak adalah es krim Paddle Pop. Dengan adanya logo Cemilan Baik Untukmu pada es krim padlle pop kini orang tua tidak susah lagi memilih. Apalagi menurut dr Attila es krim seperti Paddle Pop bisa dikonsumsi anak mulai dari 1 tahun selama anak tidak memiliki riwayat alergi.

Bertepatan dengan perayaan Hari Gizi Nasional 2021, Paddle Pop memperkenalkan logo Cemilan Baik Untukmu sebagai wujud komitmen dalam menerapkan standard cemilan yang baik sesuai kebutuhan gizi seimbang anak serta mengedukasi orang tua dan para caretaker pentingnya memilih cemilan yang baik

Paddle Pop sebagai pionir es krim untuk anak yang telah ada dari generasi ke generasi selama 28 tahun di Indonesia, sangat mengerti tanggung jawab yang diemban para orang tua dan caretaker, yang menginginkan hanya yang terbaik untuk sang anak.

Paddle Pop membawa standar cemilan es krim yang lebih baik dengan mengutamakan rasa yang enak dan kandungan nutrisi yang tepat.

Melalui kampanye #CemilanBaikUntukmu, semua es krim Paddle Pop dirancang khusus dengan standar nutrisi tinggi yaitu:

Kandungan Paddle Pop, cemilan baik untuk anak

– Kandungan kalori (≤110 kilokalori),
– Kandungan gula (≤12 gram)
– Kandungan lemak jenuh (≤3 gram),
– Terbuat dari susu dan buah, untuk meningkatkan asupan nutrisi anak.

Standar komposisi dalam produk Paddle Pop mengacu standar internasional dari WHO, Kementerian Kesehatan RI, serta mendapatkan persetujuan dari BPOM, sehingga orang tua dan para caretaker bisa lebih tenang dalam memilih cemilan terbaik untuk anak-anak. Es krim Paddle Pop sebagai cemilan yang baik juga telah mendapatkan nomor ijin edar dari BPOM & halal sertifikat dari MUI.

Komitmen Paddle Pop dalam menghadirkan Cemilan Baik Untukmu ini merupakan bagian dari brand purpose #PaddlePopMainYuk yang telah diluncurkan sejak bulan November 2020. Menurut Bu Hernie, Paddle Pop menyadari betul bahwa tumbuh kembang anak Indonesia yang optimal harus didukung dengan kreativitas dan keceriaan bermain, dan disempurnakan dengan pemilihan cemilan yang baik.

Dengan cemilan yang mendukung pemenuhan gizi seimbang anak, anak mampu beraktivitas dan bermain dengan baik. Oleh karena itu, Paddle Pop mengajak semua orang tua bersama-sama menciptakan momen bermain dan ngemil yang seru dan menyenangkan bagi anak-anak.

 

Paddle pop medukung kreativitas anak

 

Nah itu dia ya sharing kali ini. Jadi sudah semakin mantap dalam memilih cemilan baik untukmu kan. Jangan lupa perhatikan kandungan nutrisinya, dan juga sesuaikan dengan kebutuhan kalori, lemak dan kadar gula sesuai usia ya. 

Kalau temans suka es krim paddle pop rasa apa? 

Selamat ngemilll…..

🙂 

 

 

 

22 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *