5 Tips Mengelola Karyawan Selama WFH

Tips Mengelola Karyawan Selama WFH

 

 

Banyak dari praktisi HRD dan manajerial kesulitan dalam mengelola karyawan selama work from home (WFH) di masa pandemi COVID-19. Tren WFH sendiri bukanlah hal yang baru. Akan tetapi, tidak semua perusahaan benar-benar terbiasa dengan sistem kerja yang satu ini. Berbagai macam kendala pun mulai bermunculan. Seperti sulitnya mengkomunikasikan perkembangan project, jam kerja yang sering bergeser, karyawan tidak disiplin, atasan yang kurang paham batasan waktu, dan sebagainya.

Segala kendala tersebut menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi tim HRD. Bagaimana cara mengelola karyawan selama WFH? Simak ulasan di bawah ini!

Tetapkan Regulasi yang Jelas

Tiap perusahaan pasti mempunyai regulasi atau peraturan yang berbeda. Namun, perusahaan tetap harus menetapkan regulasi baru ketika menerapkan sistem WFH. Sebab bekerja dari rumah dan kantor akan sangat berbeda. Contohnya, tetapkan kepada karyawan kapan waktu untuk absen datang dan absen pulang layaknya ketika bekerja di kantor. Hal ini membantu HRD untuk mengetahui status kehadiran karyawan.

Baca juga: Tips Produktif Saat WFH

 

Sosialisasikan Regulasi Selama WFH

Hal lain yang tak kalah penting setelah menetapkan regulasi adalah mensosialisasikan regulasi tersebut. Pastikan semua karyawan paham benar dan mampu mengikuti regulasi yang ditetapkan. Ketidakmampuan untuk memahami regulasi dengan jelas dapat mendorong karyawan untuk tidak disiplin dan malah menghambat kinerja tim.  

 

Jaga Komunikasi dengan Tim

Komunikasi adalah kunci dari kerja tim yang solid. Walau bekerja dari jauh, komunikasi harus tetap terjaga. Adakan rapat atau meeting teratur via video conference untuk membahas bagaimana perkembangan project dalam suatu perusahaan. Komunikasi yang kurang lancar akan mengganggu proses kerja suatu tim. Bahkan tak jarang konflik antar karyawan dimulai dari komunikasi yang kurang lancar.

 

Perhatikan Kondisi Karyawan

Bekerja di tengah pandemi COVID-19 memang tidak mudah. Banyak dijumpai karyawan yang malah merasa lelah dan stress karena banyaknya tekanan selama bekerja di rumah. Untuk mengatasinya, ada baiknya HRD dan manajerial selalu memperhatikan kondisi karyawan. Jika ditemui karyawan yang terindikasi mengalami burn out, segera lakukan tindakan dengan mengajak berunding untuk bersama-sama memecahkan masalah. Memberikan dukungan dan semangat sebelum rapat pun tidak ada salahnya. 

 

Gunakan Aplikasi HRD Berbasis Web

Tidak mudah untuk selalu memastikan tiap karyawan mengerjakan semua tugasnya dengan benar dan baik. Cara manual sudah pasti tidak akan efektif dan efisien karena tidak terintegrasi secara online. Gunakanlah aplikasi HRD berbasis web dari LinovHR yang akan membantu HRD untuk melacak dan memantau kinerja karyawan terhadap suatu project. Sehingga HRD dan manajerial dapat mendeteksi kekeliruan atau penurunan kinerja karyawan jauh lebih dini.

 

Work from Home
Work From Home

Mengelola karyawan selama pandemi COVID-19 bukan urusan yang mudah. Hal ini adalah hal yang baru di dunia dan belum semua orang mampu beradaptasi. Penting bagi HRD untuk mencari jalan tengah dalam pengelolaan karyawan menggunakan pendekatan manusiawi tetapi tetap memperhatikan hak perusahaan. Jika HRD sudah menemukan keseimbangan tersebut, maka kerjasama perusahaan dan karyawan pun akan terbentuk dengan kokoh meskipun mengalami masa-masa sulit di tengah pandemi. Semoga tips di atas dapat bermanfaat!

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published.