Maknai Hari Ibu, Ketahui 5 Rahasia di Balik Sentuhan Ibu

Ada kelembutan dan kehangatan di setiap sentuhan ibu

 

Pandemi akibat virus corona belum berlalu, tapi bukan berarti kita tak bisa memaknai hari ibu. Yup, justru selama pandemi ini kehadiran sosok ibu dalam keluarga menjadi sangat penting untuk tetap mengalirkan energi positif dalam keluarga.

Salah satu cara ibu mengalirkan energi baik di rumah adalah melalui sentuhan. Sentuhan ibu pada anak akan memberi banyak manfaat. Apalagi bila diikuti dengan pijatan lembut yang memberi rasa aman. Pijatan dan sentuhan lembut dari ibu juga akan semakin memberi kesan apabila dipadu dengan wangi lembut dari bedak dan lotion yang digunakan untuk bayi dan anak.

Nah, lebih jauh mengetahui manfaat sentuhan dan pijatan lembut pada bayi ini, saya beruntung karena pada 15 Desember 2020 lalu berkesempatan mengikuti Virtual Launching Cussons Baby Powder. Selain menyaksikan secara langsung produk Cussons Baby Powder Moodscent dengan tiga wangi baru yaitu Sakura, Vanilla dan Berries, saya juga berkesempatan mendapatkan banyak informasi seputar manfaat sentuhan dan pijatan lembut pada bayi.

Ada tiga narasumber utama yang hadir dalam virtual launching yaitu  Dr. Haryono Hartono, PhD, Head of Research and Development, APAC PZ Cussons, Profesor Francis McGlone, Professor of Neuroscience, Liverpool JM University, UK, dan  Dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A, seorang dokter pediatri. Juga ada Ibu Rahma Anna Setyani, Head of Marketing Cussons Baby and Cussons Kids.

 

Virtual event Cusson baby
Host dan narasumber dalam virtual event launching cussons baby wangi baby

 

Manfaat Sentuhan dan Pijatan Lembut Pada Anak

Sekitar dua jam mengikuti virtual launching, saya mendapat penjelasan mengenai manfaat sentuhan dan pijatan lembut pada anak. Dr. Haryono Hartono menyebutkan pijatan dan sentuhan ibu bisa membantu meningkatkan emosi positif dan meningkatkan ikatan yang lebih kuat antara bayi dan orang tua.

Lebih jauh, Profesor Francis McGlone mengatakan sentuhan yang lembut tidak hanya dapat mempengaruhi perkembangan otak bayi, tetapi juga membantu mendukung sistem kekebalan, mempengaruhi suasana hati, dan mengurangi tingkat stress. Senada dengan pemaparan Profesor Francis McGlone, Dr. Mesty Ariotedjo berpendapat bahwa pijatan lembut pada bayi akan meningkatkan rasa keamanan, kenyamanan, serta bonding orangtua dan anak.

Berikut manfaat sentuhan dan pijatan lembut pada bayi

  1. Membangun Sistem Kekebalan

Sentuhan merupakan elemen yang fundamental terhadap sistem kekebalan tubuh serta perkembangan otak bayi. Efek sentuhan juga dapat menurunkan hormon cortisol yang diketahui dapat menurunkan imunitas kita  

Pengalaman sentuhan yang pertama kali dialami oleh bayi akan berpengaruh terhadap pertumbuhan lanjutan selama hidupnya

 

2. Mendukung Perkembangan anak

Dari riset yang sudah dilakukan, efek sentuhan dapat mempengaruhi perkembangan fisik, kemampuan berbahasa, kemampuan kognitif, serta kompetensi sosial dan emosional. Sentuhan, secara ilmiah, memang dapat menghasilkan pertumbuhan anak yang optimal 

 

 

Manfaat sentuhan pada bayi

 

3. Merangsang Neurofibre

Penelitian membuktikan bahwa Neurofibre yang ada di seluruh tubuh kita akan merespon lebih optimal melalui sentuhan lembut dan penuh kasih sayang 

Neurofibre banyak terdapat di area belakang kepala, sekitar wajah, dan juga area perut. Secara jangka panjang, efek sentuhan dapat mempengaruhi sistem genetis pada otak bayi, sehingga ia dapat lebih mengendalikan stress di berbagai tahap pertumbuhan selanjutnya 

4. Meningkatkan Bonding Ibu dan Anak

Sentuhan merupakan bentuk komunikasi non verbal yang terbangun antara ibu dan anak. Semakin sering seorang ibu menyentuh bayi dan anak maka energi positif akan semakin banyak tertransfer. Anak akan merasakan perasaan positif yang dialirkan ibu melalui kehangat sentuhan dan dekapan.

“Sentuhan yang lembut tidak hanya dapat mempengaruhi perkembangan otak bayi, tetapi juga membantu mendukung sistem kekebalan, mempengaruhi suasana hati, tingkat stress dan banyak manfaat yang lain.”

Profesor Francis McGlone, Professor of Neuroscience, Liverpool JM University, UK,

 

Sentuhan meningkatkan bonding dengan bayi

5. Memperbaiki Mood Anak 

Sentuhan yang diberikan oleh Ibu pada anak baik berupa sentuhan biasa ataupun melalui pijitan lembut akan memperbaiki mood pada bayi anak. Anak yang tadinya rewel bisa menjadi lebih tenang karena merasa lebih diperhatikan. Mood ini akan menjadi semakin baik lagi apabila dibantuk dengan adanya aroma dan wangi yang lembut yang bisa mengembalikan suasana hati. 

Wangi lembut dan menenangkan itu seperti yang berasal dari Cussons Baby wangi baru yaitu Cussons Baby Moodscent. 

 

Maknai Sentuhan dengan Cussons Baby Wangi Baru

Dari sekian banyak manfaat sentuhan dan pijatan lembut untuk bayi, ternyata ada satu rahasia lagi yang bisa membangun dan memperkuat ikatan orang tua dan anak. Menurut Profesor Francis terdapat korelasi antara suasana hati dengan aroma atau wewangian tertentu.

Berdasarkan fakta bahwa aroma dan wewangian bisa memperbaiki suassa hati inilah Cussons Baby kini meluncurkan produk baru Cussons Baby Moodscent. Rahma Anna Setyani, Head of Marketing Cussons Baby and Cussons Kids menyatakan, dengan misi dan komitmen yang kuat untuk membantu mendampingi Ibu dan si kecil dengan sepenuh hati, Cussons hadir dengan produk inovatif terkini yang menawarkan bedak bayi berkualitas tinggi.

 

Wangi Cussons Baby Moodscent disukai ibu dan anak

 

“Apabila dipadukan dengan sentuhan lembut dalam pengaplikasiannya, Cussons Baby Powder baru terbukti bermanfaat membantu meningkatkan suasana hati bayi sekaligus memberikan rasa tenang bagi orang tua. Kami menyebutnya sentuhan khas ala Cussons.”

Rahma Anna Setyani, Head of Marketing Cussons Baby and Cussons Kids

 

Lebih jauh tentang inovasi Moodscent yang terkandung dalam produk terbaru Cussons Baby Powder, Dr. Haryono Hartono menyatakan bahhwa peluncuran Cussons Baby Moodscent merupakan hasil riset dan kerjasama PZ Cussons Indonesia bekerjasama dengan para ahli perfumer dunia. 

Moodscent™ merupakan pengembangan teknologi dengan wewangian tertentu yang membantu meningkatkan emosi positif saat digunakan. Inovasi Moodscent juga membantu meningkatkan ikatan yang lebih kuat antara bayi dan orang tua.

Terdapat tiga wangi baru Cussons Baby Moodscent

  1. Sakura : Wangi sakura  tahan lama dan lembut. Jadikan momen kebersamaan penuh cinta bersama wangi sakura yang tahan lama. Wanginya bikin baby lebih happy.
  2. Vanilla:  Wanginya bikin nyaman. Kebersamaan dengan si kecil lebih menyenangkan dengan wangi yang bikin nyaman. Wanginya bikin baby lebih happy.
  3. Berries: Wanginya semerbak bikin ceria. Sebarkan keceriaan dengan wangi beri dan bikin momen kebersamaan semakin seru. Wanginya bikin baby happy.

 

tiga wangi baru Cussons Baby Moodscent

 

Cussons Baby Powder baru Sakura, Vanilla & Mixed Berry memberi kenyamanan dan kesegaran bagi kulit bayi yang sehat dengan formula yang lembut dan tekstur yang menyenangkan. Ibu dapat memilih varian Baby Powder yang sesuai dengan suasana hati yang diinginkan.

Cussons Baby Moodscent telah diformulasi tepat dan teruji secara klinis. Semua wewangian yang dikembangkan oleh Cussons telah diciptakan sesuai standar International Fragrance Association (IFRA) di setiap fase perkembangan bayi mulai dari tahapan yang paling awal, pada saat mereka berkembang, hingga fase paling aktif mereka sebagai toddler dan anak.

Oiya, soal pemberian bedak pada anak ini, ada beberapa tips dari Dr Haryono. Jadi meski memberikan manfaat tetap harus dilakukan dengan cermat.

 

Berikut cara yang tepat saat menggunakan bedak tabur pada bayi: 

1. Tuangkan bedak bayi pada tangan

2. Usapkan bedan tipis tipis dan secara perlahan ke kulit bayi.

3. Sebaiknya, hindari memberikan bedak tabur pada bagian wajah dan genital bayi. Nah kalau memang ingin memberi ke muka gunakan dengan tangan dan tipis-tipis saja. Hindari area mata, hidung dan mulut ya. 

4. Berikan usapan dengan penuh cinta dan sayang agar energi baik dari ibu bisa tertransfer pada anak.

Nah itu dia ya temans. Happy parenting. 🙂

***

 

 

24 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.