Wisata Budaya dan Sejarah di Maumere NTT? Yuk Kunjungi Tempat-tempat Ini

Pantai Maumere

 

Apakah kamu sudah pernah dengar Maumere? Ini merupakan sebuah kota yang terdapat di Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Masih banyak sekali spot-spot yang belum dijamah para traveler, dan Maumere ini perlu dieksplor lebih jauh lagi.

Banyak sekali destinasi wisata yang memesona di tempat ini. Alamnya yang sangat cantik jelita, budaya dan sejarahnya yang istimewa akan membuat kamu tertarik untuk menjelajahinya.

Apalagi akses menuju ke Maumere juga semakin gampang. Banyak maskapai penerbangan membuka rute ke Maumere, salah satunya adalah Garuda Indonesia. Jika melakukan booking tiket pesawat Garuda di Traveloka bisa mendapatkan Smart Combo, yang lebih murah 40%. Jika memiliki Garuda Indonesia Traveloka lebih memangkas biaya ya?

Jika kamu tipe orang yang lebih suka jelajah wisata budaya dan sejarah ketimbang alam, di Maumere juga ada beberapa destinasinya lho. Selain stres menghilang, saat pulang liburan dari Maumere kamu bisa mendapatkan ilmu baru dengan budaya dan sejarahnya juga.

Museum Bikon Blewut

Museum Bikon Blewut berada di perbukitan Kecamatan Nita. Saat datang ke sini, kamu akan menyaksikan Flores di masa lampau. Di dalamnya terdapat koleksi artefak dari zaman megalitikum serta artefak lainnya yang berkaitan erat dengan Flores. Kamu juga bisa melihat berbagai fosil hewan purba di dalamnya.

Tidak hanya itu saja, kamu juga dapat melihat secara langsung berbagai hasil kerajinan masyarakat seperti tenun. Benda-benda bersejarah di tempat ini dikumpulkan oleh Pater Verhoeven seorang dari Ordo SVD mulai tahun 1965. Lalu dilanjutkan lagi oleh Pater Piet Petu pada periode 1983-1998.

Desa Doka

Jalan-jalan ke Maumere harus berkunjung ke Desa Doka. Terutama jika kamu merupakan sosok yang suka dengan kesenian dan kebudayaan. Kamu bisa melihat secara langsung pembuatan kain tenun dengan kualitas asli tentunya. Tidak hanya itu saja, kamu juga dapat menyaksikan secara langsung berbagai kegiatan masyarakat yang masih mengusung kental kebudayaan.

Para pengunjung yang datang bisa disambut dengan tarian sampai dengan hidangan tradisional. Begitu menggiurkan jika dibayangkan saja. Maka dari itulah, segera rencanakan itinerary untuk jalan-jalan ke Maumere.

 

 

ilustrasi alam pedesaan

Pasar Wairkoja Kewapante

Berbaur dan melihat secara lebih dekat masyarakat Maumere, kamu bisa langsung melipir ke Pasar Wairkoja Kewapante. Tidak hanya keramahan para penduduknya dan penjualnya saja, kamu juga bisa membrong oleh-oleh kain tenun dan juga mengonsumsi berbagai minuman dan makanan tradisional yang ditawarkan.

Dahulu, awalnya pasar yang paling terkenal adalah Pasar Gelinting namun karena sudah tidak memadai lagi, baru-baru ini dipindahkan ke area baru yang lebih luas lagi. Alamatnya berada di Kecamatan Kewapante, Maumere, Sikka.

Dusun Watublapi

Satu lagi lokasi yang tidak boleh dilewatkan jika berada di Maumere, kamu langsung saja ke Dusun Watublapi, Kecamatan Waigete. Ada sanggar Budaya Bliran Sina yang kondang menjadi tempat produksi kain tenun. Kamu yang singgah ke tempat ini akan disambut dengan tarian dan juga nyanyian khas.

Selain melihat langsung dan membeli tenun, kamu bisa merasakan secara langsung proses pembuatannya lho. Bakal jadi pengalaman yang sangat seru, bukan? Tidak hanya dalam bentuk kain saja, banyak sekali produk tenun. Mulai dari ikat kepala, syal, sarung tangan, selendang, dan lain-lain.

Wilayah Indonesia memang kaya akan budaya dan sejarah ya. Kita tentunya harus bangga dengan hal itu. Salah satu cara untuk mengekspresikan kebanggan kita tentu saja turut melestarikannya dan jika memungkinkan untuk mengunjunginya secara langsung. Jangan sampai budaya luar negeri lebih mendominasi di negeri sendiri.

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published.