MPASI Organik Perangsang Motorik Bayi, Camilan Sehat Milna Nature Puffs

Milna Nature Puffs

 

Menyiapkan makanan pendamping ASI, MPASI, merupakan tantangan sendiri bagi sebagian ibu. Ada rasa was-was apakah MPASI yang disiapkan sehat dan bisa memenuhi nutrisi yang dibutuhkan anak.

***

Temans yang sudah memiliki bayi pernah ga ngalami waktu semangat bikin MPASI buat si kcil, eee taunya si dedek menolak makan. DIlepeh atau bahkan ga mau buka mulut sama sekali..

Hmmm kebayang deh bagaimana riwehnya ya… Meski begitu sebagai orang tua kita tetap harus sabar dan terus mencari cara ya agar bisa memberi MPASI yang baik buat si kecil. 🙂 

Bagi ibu muda yang tinggal jauh dari keluarga besar seperti saya, menyiapkan segala kebutuhan bayi memiliki tantangan tersendiri. Salah satunya adalah saat harus menyiapkan MPASI buat si kecil yang akan melewati usia 6 bulan.

Saat tinggal bersama orang tua di kampung urusan mengurus rumah tangga apalagi bayi dan balita tentu dengan mudah bisa bertanya kepada keluarga. Namun, sekarang setelah menjadi keluarga urban, semua harus disiapkan dan diurus sendiri.

Untuk urusan menyiapkan MPASI bayi, biasanya para ibu muda akan mulai mencari-cari informasi mengenai bahan, cara menyiapkan, dan cara penyajian MPASI yang sehat dan bernutrisi untuk si kecil. Tentu saja tak lupa memikirkan apakah MPASI yang diberikan bisa berfungsi ganda misalnya untuk merangsang perkembangan bayi.

Setelah berusia enam bulan, bayi yang biasanya diberikan ASI Full kini saatnya merasakan sensasi makan makanan padat atau disebut MASI. Teksturnya tentu saja masih berbeda dari makanan untuk anak di atas 1 tahun. Sesuai anjuran badan kesehatan internasional WHO, setelah berusia 6 bulan, bayi mulai mengonsumsi MPASI berupa makanan solid dan halus agar nutrisinya memadai bagi pertumbuhan tubuh dan otak.

 

Pemberian MPASI
Para orang tua bersemangat mendapatkan pengetahuan cara memberi MPASI yang benar, foto: wwcommid

 

Sebagai pendamping ASI, MPASI yang disiapkan haruslah bisa memenuhi kebutuhan di 1000 hari pertama. Tidak cuma soal rasa, MPASI yang diberikan juga harus sehat, bernutrisi dan terbuat dari bahan organik yang diproses secara alami. Tak hanya sehat, MPASI Organik juga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mendorong perkembangan koginitif bayi.

Oiya, soal pentinganya pemberian MPASI organik ini ternyata sangat ditekankan lho oleh para pakar kesehatan. Head of Medical KALBE Nutritionals dr Muliaman Mansyur misalnya mengatakan bahwa bahan organik memiliki antioksidan yang lebih banyak bagi kesehatan bayi.

Bagaimana sih ciri MPASI Organik yang baik dan sehat? MPASI organik merupakan makanan pendamping ASI yang kandungannya terdiri dari 95% bahan makanan organik. Makanan organik terbuat dari buah dan sayur.  

Bila berupa sayur, buah, kacang dan umbi maka harus terbebas dari pestisida dan pupuk dari senyawa beracun  mulai dari proses penanaman, penyimpanan dan pengemasan. Sedangkan bila berasal dari hewan maka daging atau telur yang digunakan bebas dari suntikan hormon,  antibiotika dan rekayasa genetika.

MPASI Organik Perangsang Motorik

camilan sehat milna
Milna Nature Puffs Organic menjadi camilan yang digemari anak-anak

 

Menyiapkan MPASI untuk bayi perlu mendapat perhatian ekstra karena saat memasuki bulan ke-6 kehidupan, sistem saraf dan kontrol otot si kecil makin berkembang dan selaras. Kemampuan geraknya berubah, dari yang cepat dan spontan menjadi lebih halus dan terkontrol.

Nah perkembangan kemampuan keterampilan kasar dan halus bayi inilah yang harus distimulus oleh ibu. Dan salah satu cara menstimulus ini bisa melalui pemberian MPASI yang tepat lho.

Yup, saat si kecil mulai belajar mengunyah maka ia sudah mulai menggerakkan dan menggunakan indera pengecap. Selain itu bayi bisa didorong untuk mulai belajar makan sendiri, menggenggam sendok, atau bahkan memegang sendiri MPASI yang disiapkan. Saat memberikan MPASI, si kecil bisa dilatih untuk mengembangkan motorik kasar seperti duduk, berdiri, berjalan, dan mengubah posisi.

Selain mengembangkan motoric kasar, pemberian MPASI juga bisa menstimulus motoric halus seperti menggerakan tangan untuk makan, mengambil makanan, menggenggam
dan memberikan benda, dan memasukkan makanan ke mulut.

“Dimulai dari bulan ke-4, Si Kecil sudah memiliki kontrol otot yang memadai untuk memutar kepalanya dan mengikuti gerakan sebuah obyek. Kemampuannya akan terus bertambah dari bulan ke bulan, sehingga di tahun pertama, umumnya dia akan mulai mampu untuk seimbang, duduk, merangkak dan akhirnya berdiri. Kemampuan motorik halusnya juga berkembang dari menyentuh obyek secara acak, hingga mampu menggenggam dengan sempurna.”

Head of Medical KALBE Nutritionals dr. Muliaman Mansyur

Memberikan MPASI yang tepat selain bisa merangsang motoric kasar dan halus bayi, tentu saja juga bisa memberikan nutrisi yang baik untuk mendukung tumbuh kembang anak.Dengan memberikan camilan sehat pada si kecil, mereka akan bisa belajar menggenggam dan menjimpit camilannya. Atas dasar itulah maka para ibu perlu memilih camilan yang tepat, sehingga Si Kecil dapat terbiasa melatih kemampuan motorik dan oromotor.

 

MPASI MILNA

 

Oiya, sebenarnya apa sih MPASI atau camilan sehat yang bisa diberikan pada bayi untuk bisa merangsang motoriknya?

Jadi, untuk urusan camilan sehat buat si kecil ini saya memilih Milna Nature Puffs Organic yang merupakan persembahan Milna ahlinya makanan bayi. Milna Nature Puff merupakan camilan sehat berbahan organik yang dirancang juga untuk menstimulasi sensor motorik Si Kecil.

Bentuknya lucu lho, seperti hati yang mungil sehingga bisa  menyesuaikan dengan ukuran tangan Si Kecil. Dengan ukurannya yang pas, bayi bisa jadi leluasa untuk mencubit dan mengambil benda kecil di sekitarnya.

Pemberian makanan kecil yang sesuai dengan tangan Si Kecil, atau dikenal dengan ​finger
food
merupakan cara yang dianjurkan untuk mendukung koordinasi antara mata dan tangan anak. Dengan begitu bisa mengembangkan kemampuan menjepit dan mencengkeram, serta keterampilan mengunyah.

“Pemberian ​finger food merupakan stimulasi yang tepat untuk merangsang pertumbuhan dan mengaktifkan panca indra dan kemampuan motorik halus Si Kecil,”  

dr. Muliaman Mansyur.

Pemberian stimulasi pada anak secara terus menerus bisa mendukung tumbuh kembang Si Kecil, memacu kecerdasan, membantu menguatkan koneksi serabut otak (sinapsis) dan sel-sel otak guna mendukung fungsi otak yang optimal.

Selain mendukung stimulasi, pemberian Milna Nature Puffs Organic juga membantu terpenuhi gizi seimbang pada anak. Bersumber dari pangan organik, Milna Nature Puffs Organic cenderung lebih menyehatkan karena diproses tanpa menggunakan benih transgenik atau rekayasa genetik. ​Pangan organik juga mengandung kaya akan nutrisi seperti vitamin, mineral, antioksidan, protein, dan berbagai zat-zat lain yang berguna bagi kesehatan.

“Asupan nutrisi seimbang sangat penting bagi Si Kecil untuk meningkatkan kesehatan, kecerdasan dan tumbuh kembang yang optimal. Selain membiasakan pola makan makanan utama bergizi seimbang dengan jadwal tiga kali dalam sehari, Si Kecil juga perlu mendapat asupan makanan camilan di sela waktu jam makan utama.Makanan selingan ini dibutuhkan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi Si Kecil.

Christofer Samuel Lesmana, Business Unit Head for Baby and Kids Food Category KALBE Nutritionals

Beberapa kelebihan Milna Nature Puffs Organic sebagai camilan sehat 

MPASI organik

foto: wwcommid

  1. Kaya zat penting

Milna Nature Puff Organic mengandung zat-zat gizi penting yang membantu pertumbuhan danperkembangan optimal anak di antaranya zat besi dan kalsium. Zat besi berperan dalam proses pembentukan hemoglobin darah, sedangkan kalsium berfungsi untuk pembentukan tulang dan gigi.

  1. Bisa dikonsumsi semua anak

Selain dapat memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil, Milna Nature Puffs Organic ini juga tidak mengandung gluten sehingga aman bagi Si Kecil yang memiliki riwayat alergi ataupun hipersensitif terhadap makanan.

  1. Tanpa bahan pengawet, pemanis buatan dan penguat rasa

Camilan sehat organik ini juga diproses tanpa bahan-bahan pengawet, pemanis buatan, penguat rasa ataupun pewarna sintesis. Hal ini tentu saja akan membuat orang tua menjadi lebih tenang bukan.

  1. Merangsang stimulasi motoric
    Milna Nature Puffs Organic tidak hanya memenuhi kebutuhan gizi Si Kecil, tapi sekaligus turut berperan dalam proses stimulasi kemampuan motorik halus. Bentuk Puffs Organic yang imut dan mudah digenggam dapat mengasah keterampilan jari dan tangan. Milna Nature Puffs Organic dapat menjadi camilan favorit Si Kecil sekaligus menstimulasi kemampuan motoriknya lebih optimal.

 

Tak hanya bayi baru memasuki tahap MPASI, Milna Nature Puffs Organic ini juga bisa menjadi camilan sehat untuk anak-anak. Meski di rumah anak-anak sudah tidak bayi lagi, saya masih suka menyediakan Milna Nature Puffs Organic ini di rumah.

Rasanya yang renyah dan bentuknya yang lucu membuat anak-anak suka. Si Bungsu Arsyad pun masih saja ketagihan dan minta tambah lagi. Varian rasanya juga memberi sensasi berbeda buat anak. Karena ini camilan sehat jadi saya tidak khawatir akan keamanan si kecil mengkonsumsi Milna Nature Puffs Organik ini.

Ada beberapa varian rasa

  1. Rasa keju
  2. Rasa Apel dan mix
  3. Rasa pisang

Milna Nature Puffs Organic mengandung 95% bahan makanan organik. Dibuat dari beras hasil metode agrikultur ramah lingkungan, non GMO (genetically modified organism) yang terjamin kualitas nutrisinya.

Sekarang, Milna Nature Puffs Organic ini sudah bisa ditemukan di supermarket. Atau kalau kita masih belum mau terlalu banyak interaksi di luar rumah selama masa pandemic akibat Covid-19, bisa memesan di Official Stores Milna di e-commerce. Kalau masih penasaran sama produknya bisa pantengin di instagram @Milna.id ya… 

Selamat Mencoba….

 

 

 

 

 

Summary
MPASI Organik Perangsang Motorik Bayi, Camilan Sehat Milna Nature Puffs
Article Name
MPASI Organik Perangsang Motorik Bayi, Camilan Sehat Milna Nature Puffs
Description
MPASI Organik memiliki kandungan yang kaya akan zat dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Bila berupa sayur, buah, kacang dan umbi maka harus terbebas dari pestisida dan pupuk dari senyawa beracun  mulai dari proses penanaman, penyimpanan dan pengemasan. Sedangkan bila berasal dari hewan maka daging atau telur yang digunakan bebas dari suntikan hormon,  antibiotika dan rekayasa genetika.
Author
Publisher Name
dunia biza network
Publisher Logo
30 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *