Liburan Sehari di Jogjakarta, Bisa Apa?

Jogjakarta atau Yogyakarta merupakan salah satu kota yang populer di Indonesia. Bisa jadi karena di sana terdapat universitas yang sering menjadi buah bibir di nusantara. Putra putri terbaik dari berbagai daerah di Indonesia banyak yang melanjutkan studi di sini. Kehadiran mereka membuat banyak keluarga akrab dengan kota Jogjakarta.

Jogjakarta menjadi buah bibir juga karena kekhasan daerahnya. Dipimpin seorang sultan di bawah Keraton Yogyakarta, kota ini dipenuhi nuansa yang berbeda. Ditambah lagi terdapat sejumlah destinasi wisata yang menarik dan berkesan untuk dikunjungi.

Bertandang ke kota Jogjakarta akan memberi kesempatan pada kita untuk menjelajah banyak destinasi. Namun, bisa dibayangkan bagaimana bila kita cuma sebentar di sana? Anggap saja kalau datang ke Jogkarta pada pagi hari mengggunakan kereta malam dari stasiun Gambir untuk pulang kembali keesokan harinya ke Jakarta.

Tidak perlu khawatir. Waktu yang pendek tentu saja cukup untuk mendapatkan sejumlah pengalaman baru dan seru di sana. Ada banyak objek yang bisa dikunjungi dalam sekali waktu. Kota Jogjakarta yang kecil dan trasnsportasi yang ramah memuat tempat –tempat wisata bisa dikunjungi dalam satu hari satu malam.

Saya pun pernah mengalaminya saat berkunjung ke Yogyakarta beberapa tahun lalu. Meski sebentar, tetapi tetap meninggalkan kesan mendalam karena tetap bisa puas menikmati kota.

Baca Juga : 8 Alasan Wisata Sumatera Barat Harus Masuk List Liburan Kamu

 

Jadi kalau temans punye kesempatan walau sebentar ada di Yogyakarta, jangan khawatir. Nikmati saja. Setidaknya temans bisa berkunjung ke beberapa tempat berikut.

  1. Wisata Keraton dan Sekitarnya.

Tidak lengkap rasanya ke Yogyakarta tetapi belum menginjakkan kaki ke keraton Yogyakarta. Apalagi inilah yang membuat kota gudeg ini istimewa. Ada baiknya berkunjung ke destinasi ini menjadi urutan pertama. Alasannya, berkeliling keraton di pagi hari tentu suasanya akan lebih asri dan nyaman karena udara yang belum terlalu panas. Selain itu kita bisa lebih tenang karena pengunjung yang belum terlalu ramai.

Loket tiket untuk berkeliling keraton dibuka mulai pukul 09.00-14.00 WIB. Harga karcisnya mulai dari Rp7.500-. Akan ada tiket berbeda untuk kamera dan berfoto. Selain itu kita bisa menggunakan jasa tour guide dengan memberi tips mulai dari Rp30.000,-

Di dalam Keraton Yogyakarta tentu saja akan ada banyak cerita yang bisa kita gali. Selain itu kita juga bisa melihat langsung bagaimana tradisi, adat dan modernitas bersatu di sini. Bisa jadi untuk perjalanan religi dan jiwa juga bukan.

 

  1. Keliling Jogja: Tugu Nol Kilometer, Museum Benteng Vredeburg, dan Taman Pintar

Tugu Nol Kilometer merupakan jantung dan pusat kota Yogyakarta. Bila beruntung di sini biasa diadakan pertunjukan. Pada siang hari kita bisa melihat berbagai ornamen dan karya seni yang dipajang di sekitar area ini. Untuk melengkapi perjalanan, bisa berkunjung ke Museum Benteng Vredeburg yang terletak di sini, Jl Margo Mulyo. Kehadiran benteng ini hingga kini menjadi salah satu bukti sejarah kehadiran Belanda di Yogyakarta. Gedung Benteng ini masih terawat dengan baik. Beberapa titik sangat bagus dan ikonik untuk tempat mengambil foto atau swa foto.

Puas berkeliling bisa bergerak ke arah timur ke daerah Taman Pintar. Taman yang asri dan suasana yang sejuk bisa dimanfaatkan untuk beristirahat setelah setengah hari menjelajah Yogyakarta.

 

  1.  Masjid Gedhe Kauman dan Keliling Museum

Puas melapas penat temans bisa melanjutkan perjalanan ke Masjid Gede Kauman yang terletak di jalan Kauman. Mesjid ini merupakan pusat perkembangan islam yang terkenal dan cukup berpengaruh di Yogyakarta. Didirikan pada masa Sri Sultan HamengkuBuwono 1, kita bisa melakukan wisata religi di sini.

Dari Masjid Kauman, selanjutnya bisa melanjutkan berkeliling ke beberapa destinasi. Ada Museum Kereta Kencana yang menyuguhkan berbagai bentuk kereta kencana keraton dari masa ke masa. Setelah itu bisa ke Museum Sonobudoyo yang menjadi sarang bagi temans yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai sejarah dan seni budaya Yogyakarta.

Selanjutnya bisa menuju Istana Air Taman Sari. Dulunya dI sini merupakan tempat pemandian sultan dan para keluarga keraton.  Saat ini terdapat unggul Binangun yang masih dialiri air. Untuk masuk ke sini dapat diakses dengan membayar tiket mulai Rp3.000,- saja.

  1. Pasar Beringharjo

Puas berkeliling tak lengkap rasanya sebelum membeli oleh-oleh. Maka pasar Beringharjo bisa menjadi tujuan selanjutnya. Di sini selain bisa menemukan aneka souvenir kita juga bisa berbelanja batik dengan harga murah. Beberapa tempat juga sudah menyediakan aneka oleh-oleh Yogyakarta secara lengkap, ada aneka makanan dan jajajan juga.

  1. Menikmati Suasana Malam Malioboro

Malioboro menjadi tempat yang banyak dibicarakan di Yogyakarta. Menikmati suasana Malioboro saat ini akan lebih seru bila dilakukan malam hari karena bisa ditemani kerlap kerlip lampu kota

Di malam hari temans bisa bersantai sambil menikmati aneka makanan dan jajanan seperti gudeg. Selain itu ada baiknya untuk tidak melewatkan makan angkringan dengan menu nasi kucing khas Yogyakarta yang terkenal itu.

 

Baca juga : 6 Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah Mudik Lebaran

***

So, buat temans yang punya kesempatan cuma sehari mendarat di Yogyakarta jangan berkecil hati ya. Kita tetap bisa menikmati kota gudeg ini dengan riang gembira. Buat temans pecinta buku dan akademik bisa juga menyempatkan bertandang untuk berkeliling Universitas Gajah Mada dan berkunjung ke shopping pusat buku murah yang terkenal di Yogyakarta.

Ada satu lagi nih, berhubung banyak destinasi keren berada di sekitaran Malioboro maka ada baiknya temans mencari hotel jogja dan penginapan di sekitaran Malioboro. Hotel di Jogja terbilang banyak. Apalagi kalau kita memesan lewat Agen Travel Online seperti Pegipegi.

Bila bertandang ke suatu kota, aplikasi Pegipegi merupakan sahabat traveling yang akan sangat berguna. Sebelum menentukan hotel pilihan kita bisa mengintip harga dan fasilitas dan sejumlah hotel yang ada di destinasi liburan. Lebih seru lagi, sebagai penyedia jasa layanan sewa hotel Jogja kita bisa menemukan potongan harga dan diskon tambahan di Pegipegi.

Agar mendapat keuntungan maksimal akan lebih seru bila kita bergabung menjadi member Pegipegi. Beberapa di antaranya

  1. Mendapat poin Pepepoin Reward setiap kali memesan hotel di Pegipegi
  2. Untuk pembelian tiket pesawat ada Passenger list sehingga menjadi lebih mudah memesan tiket sehingga tak perlu memasukkan nama penumpang berkali-kali
  3. Ada online refund untuk membantu bila ada perubahan rencana traveling
  4. Lebih mudah dan mendapatkan informasi diskon terupdate

Itu dia ya temans tulisan kali ini. Buat temans yang tengah merencanakan liburan ke Jogja bisa memesan hotel murah di Jogja lewat Pegipegi atau bisa juga klik di sini.

Selamat menikmati kota Yogyakarta… 🙂

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published.