5 Hal yang Perlu Diperhatikan Orang Tua untuk Memastikan Anak Tetap Sehat

 

Bagi banyak orang membesarkan anak agar tetap sehat mungkin terkesan sederhana. Kita berpikiran bahwa dengan menyediakan makanan dan istirahat sudah cukup buat anak. Padahal pada praktiknya kita tidak mudah melakukan hal tersebut.

Selain asupan makanan, ternyata faktor lingkungan juga memberi pengaruh yang besar bagi kesehatan anak. Kita tentu tidak bisa 100% menyediakan waktu untuk menjaga anak, karena masih ada banyak hal lain yang harus dikerjakan. Oleh karena itu sebagai orang bisa mencoba mengikuti tips menjaga anak berikut ini.

  1. Memastikan nutrisi anak terpenuhi

Kunci utama dalam menjaga kesehatan anak adalah memberi asupan nutrisi yang tepat secara keseluruhan. Walau kedengarannya sulit, namun sebenarnya kita bisa dengan mengajak anak untuk selalu mengonsumsi makanan sehat. Kita bisa memulainya melalui penerapan pola makan yang seimbang antara karbohidrat, kalori, protein, lemak baik, buah, dan sayuran.

Usahakan memasak makanan bagi anak tidak menggunakan minyak. Alternative yang bisa kita coba adalah dengan menumis, mengukus, atau memanggang. Kurangi juga pemberian camilan tidak sehat yang tinggi gula dan garam. Cobalah untuk meminta anak memakan buah-buahan sebagai pengganti camilan tersebut.

  1. Ajak anak untuk aktif bergerak

Anak yang tumbuh aktif memiliki tubuh yang lebih sehat. Jangan biarkan anak terlalu lama di depan TV atau komputer mereka. Hal tersebut hanya membuat mereka menjadi malas untuk bergerak, dan kemungkinan di masa mendatang menjadi lebih mudah terserang penyakit.

Sebaiknya mulai saat ini ajak mereka untuk tetap aktif bergerak dengan berolahraga sedari dini. Karena seiring bertambahnya usia anak, kita sebagai orang tua akan lebih sulit membangun kebiasaan baik nantinya. Cobalah meminta mereka melakukan gerakan otot dengan pola dan ritme yang teratur. Dengan begitu anak akan terbiasa untuk berolahraga.

  1. Beri tahu anak bahwa menjaga kesehatan penting

Edukasi tentang manfaat kesehatan sejak dini akan mempermudah pemahaman anak di masa mendatang. Kita bisa memberi penjelasan kepada anak dengan menggunakan bahasa sederhana yang lebih mudah dimengerti oleh mereka.

Kita juga bisa memberikan penjelasan dengan memberi contoh langsung, bercerita, atau melalui media yang disukai anak. Dengan demikian anak menjadi lebih mengerti mengenai pentingnya memiliki tubuh sehat dan bugar.

 

 

  1. Menjadi contoh yang baik bagi anak

Anak bisa dengan cepat meniru apa yang mereka lihat. Mulai dari perkataan hingga tindakan yang terjadi di sekitar mereka. Oleh karena itu, kita sebagai orang tua harus menjadi contoh yang baik bagi mereka.

Jika menginginkan anak sehat, kita juga harus memulainya dari diri sendiri dengan menerapkan gaya hidup sehat. Mulai dari berolahraga, makan makanan bergizi, tidak merokok, tidak begadang, tidak menonton TV hingga larut malam. Anak tentu akan menirukan hal-hal baik yang telah kita lakukan tersebut.

  1. Beri imunisasi secara rutin

Imunisasi adalah langkah paling awal dalam mencegah dan melindungi anak dari serangan penyakit. Secara umum imunisasi diberikan melalui suntikan yang bisa membuat tubuh anak menjadi lebih kebal terhadap virus atau bakteri. Anak yang telah diimunisasi biasanya mampu memproduksi antibodi untuk melawan berbagai macam penyakit.

Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis imunisasi dan diberikan gratis pada anak. Jenis imunisasi yang diberikan pada anak antara lain hepatitis B, BCG, campak, pentavalen, dan polio. Namun sebaiknya kita juga memberikan imunisasi lain seperti vaksin flu, HPV, varisela, dan PCV. Karena dalam beberapa kasus anak rentan terhadap penyakit jika tidak diberi imunisasi tersebut.

  1. Menyiapkan asuransi untuk anak

Siapa bilang anak tidak butuh asuransi? Asuransi perlu dimiliki oleh siapa pun yang memiliki risiko berbahaya, termasuk anak. Walau masih kecil, anak memiliki risiko terkena gangguan kesehatan yang cukup tinggi. Dengan adanya asuransi untuk anak melalui asuransi keluarga, perlindungan terhadap kesehatan mereka juga menjadi lebih terjamin.

Ketika anak sakit, mereka akan mendapatkan fasilitas kesehatan yang terbaik jika menggunakan asuransi. Hal ini dikarenakan sudah banyak perusahaan asuransi yang bekerja sama dengan rumah sakit ternama. Demi masa depan anak yang lebih baik kenapa ragu untuk memiliki asuransi?

Add a Comment

Your email address will not be published.