12 Cara Mengelola Website Agar Terlihat Menarik dan Tidak Membosankan

Di era digital seperti saat ini tentunya pengguna internet semakin hari akan semakin banyak. Bahkan hampir semua orang menggunakan internet sebagai media untuk mencari berbagai macam informasi yang dibutuhkan.

Informasi tersebut tentunya bervariasi bisa saja mengenai produk dan jasa, orang, usaha, organisasi dan juga informasi mengenai isu yang sedang hangat diperbincangkan.

Berdasarkan alasan tersebut, memberikan sebuah gambaran bahwasanya konten pada sebuah website memang sangat dibutuhkan. Konten pada web adalah gerbang utama agar bisa menarik perhatian dari para pengguna internet.

Oleh sebab itu, website harus didukung dengan tampilan yang menarik. Selain itu, temans juga perlu cara mengelola website yang baik agar pengunjung tidak merasa bosan selalu berkunjung. Website dengan sajikan konten dalam satu tema, yang mana dapat diartikan jika isi maupun formatnya sama. Jika mau begitu tersebut maka akan ditinggalkan oleh para pengunjung. Temans perlu memperbaharui konten tersebut dan lakukan pengelolaan berikut ini:

1. Menggunakan Hosting Terbaik

Untuk anda yang serius di dunia blogging setidaknya harus tahu tentang hosting jika menggunakan cms WordPress sebagai tempat anda membuat website. Hosting sangat penting mengingat hosting merupakan tempat file-file website yang menampung semua bentuk file text maupun gambar.

Untuk mendapatkan hosting terbaik dengan harga murah anda bisa melihat daftar promo hosting yang ada pada website promohosting.id.  Kalau dilihat sekilas, maka bila masuk ke laman itu maka promo yang paling banyak digunakan salah satunya adalah Niagahoster. Selain murah webesite penyedia jasa hosting dan domain ini  juga memberikan domain dan SSL gratis ketika anda membeli Hosting, selain itu juga anda bisa mendapatkan diskon tambahan jika menggunakan kode promosi Niagahoster yang disediakan khusus oleh website tersebut.

Tetapi jika anda ingin menggunakan brand hosting lainnya, tidak menjadi masalah tinggal disesuaikan dengan uang anda saat ini.

 

2. Membuat Blog

Membuat blog adalah cara pertama yang dianggap cukup efektif serta sangat mudah untuk membuat konten pada website. Jadi kali ini tampilan website tidak akan terlihat membosankan. Namun satu hal yang perlu teman lakukan yakni harus konsisten untuk terus menulis artikel-artikel terbaru.

Teman pun bisa mengatur waktu sesuai dengan kebutuhan dan waktu. Bisa saja setiap hari satu artikel atau juga beberapa hari satu kali. Pada blog yang telah teman buat, tuliskan beberapa hal-hal berkaitan pada bisnis. Selain itu, ada baiknya tulis artikel yang isinya tips biasanya sebab artikel jenis tersebut sering dikunjungi para pengguna internet. Pastikan teman menggunakan kata kerap dicari pada mesin pencari.

Contoh cara mengelola website yang pertama begini. Pada umumnya website akan diperbarui pada saat ada postingan foto koleksi yang baru. Namun bisa jadi juga tidak ada barang satu pun yang baru dan bisa diunggah, padahal website harus wajib diperbarui agar bisa meningkatkan traffic. Salah satu cara yang paling tepat adalah menulis blog dengan isi artikel-artikel menarik.

3. Menyediakan Kolom Testimonial

Cara mengelola website kali ini sangat cocok bagi temans yang memiliki bisnis. Kolom testimonial tentunya bisa memberikan keuntungan yang menarik bagi web teman. Testimonial sendiri adalah salah satu alat atau sarana promosi yang paling efektif. Teman pun dapat menampilkan testimoni para pelanggan yang merasakan kepuasan terhadap produk atau layanan jasa yang dijual.

Testimoni tentunya memiliki bentuk yang sangat beragam bisa jadi tulisan, foto dan juga video. Testimoni ini akan membuat website semakin terlihat lebih menarik, pasalnya banyak orang yang telah merasa puas.

4. Tambahkan Video Pada Website

Video adalah cara mengelola website yang tentunya cukup menarik perhatian dari para pemakai internet. Tampilan dari video kerap sekali membuat para pembaca merasa penasaran dan akhirnya mereka akan berkunjung ke website. Oleh sebab itu, menampilkan video di website perlu Anda lakukan untuk meningkatkan jumlah dari para pengunjung.

 

5. Mengubah Tampilan dari Website

Tampilan website bisa ubah dengan bentuk yang lebih menarik agar bisa memberikan kesan di mana website selalu dilakukan pembaharuan dan mengikuti perkembangan zaman yang ada.

Saat ini juga sudah ada banyak desain website yang kerap dipakai. Salah satunya adalah desain responsif. Desain ini memungkinkan kualitas dari tampilan website hampir sama baiknya dengan berbagai macam piranti misalkan komputer, tablet dan juga ponsel.

6. Menambahkan Gambar Maupun Infografis

Teman sepertinya membutuhkan cara mengelola website yang kelima ini. Sebab artikel akan tampak lebih menarik apabila dilengkapi dengan berbagai macam foto atau gambar. Melalui foto tersebut akan memberikan gambaran mengenai informasi artikel secara visual.

Gambar di sini bisa foto, karikatur atau juga katun. Selain gambar dari teman juga bisa menambahkan tampilan infografis agar tampilan bisa terlihat jauh lebih menarik. Teman bisa menampilkan data ke dalam bentuk grafik. Infografis sendiri dipercaya bisa meningkatkan kredibilitas dari artikel yang diunggah.

7. Kecepatan Akses Website Harus Dimaksimalkan

Website teman nantinya akan memperoleh kesan pertama dengan baik apabila mudah dan cepat ketika diakses. Cara mengelola website untuk memperoleh kecepatan akses cukup mudah kok . Teman hanya perlu memakai server hosting yang dirasa cepat dengan memperhatikan komponen di dalam website.

Misalnya begini, temans tidak perlu memakai fitur-fitur yang nantinya justru menjadikan web teras semakin berat.

8. Jangan Pasang Iklan Berlebihan

Hal yang kerap sekali membuat orang malas untuk berkunjung pada sebuah website yakni banyaknya iklan yang muncul ketika orang mengaksesnya. Apalagi iklan pop up, pasti akan sangat mengganggu. Pasalnya ketika tidak sengaja melakukan klik, para pengunjung langsung terhubung dengan web pihak pengiklan.

Oleh sebab itu, cara mengelola website yang satu ini benar-benar harus teman perhatikan dengan benar. Orang yang membuka website  lewat ponsel pasti akan merasa kesulitan untuk menutup iklan tersebut. Iklan yang berlebihan yang akan mengganggu tampilan website di hasil pencarian pada mesin pencari.

9. Jaga Keseimbangan Video dan Artikel

Memakai video maupun animasi pada sebuah website adalah suatu hal yang cukup baik. Namun, temans juga ingat bahwasa tidak perlu menggunakan animasi yang terlalu mencolok sebab dapat menjadikan pengunjung website merasa bosan.

10. Periksa Penulisan dan Bahasa

Sebelum melakukan peluncuran konten wajib memperhatikan cara mengelola website dari penulisan dan bahasanya yang digunakan, Teman sepertinya sangat perlu memeriksa kembali bahasa, pilihan kata, maupun penulisan apakah sudah sesuai dengan ejaan serta etika. Penggunaan bahasa maupun kata nantinya akan sangat mempengaruhi
impresi dari para pembaca.

11. Pastikan Semua Link dari Website Dapat Dibuka

Pengunjung yang telah betah mencari informasi pada website, kemudian menemukan “error 404” atau mungkin juga menemukan link rusak, tentu akan sangat merasa kecewa. Bisa jadi mereka juga enggan untuk kembali berkunjung pada website lagi. Oleh sebab itu jangan sampai teman melakukan kesalahan seperti ini

12. Perhatikan Mutu Konten

Selain faktor-faktor di atas, temans wajib memperhatikan tulisan dari apa yang akan diunggah. Artikel jangan sampai dibuat bertele-tele karena justru akan menjadikan pembaca merasa bosan. Untuk itu, temans bisa melakukan beberapa hal ini sebelum unggah artikel pada website:

a. Pakai Judul yang menarik

Judul yang menarik tentu disukai banyak pengguna internet. Oleh sebab itu teman tidak boleh asal ketika membuat judul. Pastikan teman menggunakan kalimat yang singkat dan memasukkan kata kunci.

b. Tulis Piramid

Cara mengelola website juga bisa temans lakukan pada konten. Pengunjung tidak akan membaca semuanya jadi  perlu menyajikan informasi secara garis besar saja. pastikan gunakan font yang mudah dibaca.

Kini teman tidak perlu lagi takut website akan terasa membosankan. Gunakan cara mengelola website di atas untuk mendapatkan tampilan yang terbaik, sehingga usaha teman  tidak akan menjadi sia-sia. Strategi konten perlu dilakukan agar website memiliki traffic yang tinggi dan menjanjikan.

5 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *