Bermain Nyaman Gak Takut Lebam dengan #AksiFlashBunda

 

Ma liburan kita ke mana? Kita ke kolam renang ya? Kita ke taman ya? Kita bikin tenda ya ma? Pikniknya di mana?

***

Ulalaaa…. Begitulah keriuhannya menjelang liburan tiba. Bahkan Cuma menghadapi libur akhir pekan. Trio BiZA biasanya selalu ingin diajak main ke luar rumah. Mungkin karena Senin-Jumat, anak-anak mainnya di rumah aja. Ya selain ke sekolah tentu saja.

Nah, kalau mereka sudah satu koor ngajak jalan-jalan saya dan pak Misua ga bisa berkelit. Maka Sabtu atau Minggu pasti deh kami main ke luar.

Biasanya tempat-tempat yang jadi favorit adalah taman atau tempat yang ada tempat bermain anaknya. Ya seluncuran, ya panjat-panjatan, ya mandi bola, ya kolam renang, ya lapangan terbuka tempat mereka lari-larian. Ya apa saja, yang penting bisa bebas…. 🙂

Tapi ya begitu. Main di alam bebas artinya kami sudah siap dengan berbagai kemungkinan. Itu artinya anak-anak akan sibuk lari-larian. Sibuk panjat-panjatan, dan sibuk melakukan aktivitas esktrem apa saja.

 

anak anak senang bermain di ruang terbuka

Sejauh masih dalam pengawasan mata, saya dan suami biasanya masih mengizinkan. Paling risikonya ya lebam…

Eh kok lebam. Ya iya. Risiko lebam ini sangat mungkin terjadi bisanya karena terbentur saat lari, atau tersandung batu. Hmmm, walau kami selalu wanti-wanti, tapi risiko ini tak bisa terhindarkan bukan?

Misalnya waktu libur akhir tahun lalu. Saat si sulung Bintang tiba-tiba teriak dan saya dan suami langsung mendekat.Rupanya dia kurang hati-hati saat menjat sehingga terperosok. Awalnya biasa saja, tapi tak lama saya menemukan lebam di kaki dekat lutut.

Tak boleh panik. Dalam situasi begitu saya tak boleh panik. Bunda gak takut lebam.  Tenang sambil menyiapkan solusi. #AksiFlashBunda, itu yang harus dilakukan saat berhadapan dengan anak yang mengalami lebam.

Oiya, meski terlihat tidak separah luka yang berdarah-darah, lebam ini juga harus ditangani dengan benar. Alasannya, meski terjadi di bawah kulit, lebam sebenarnya juga menandakan adanya luka dalam.

“Luka Lebam Luka dalam atau memar (lebam) adalah pecahnya pembuluh darah kapiler dibawah kulit akibat benturan dengan benda tumpul. Saat pembuluh darah pecah, maka darah akan menyebar ke jaringan sekitarnya yang mengakibatkan timbulnya rasa nyeri dan perubahan warna kulit”

 

#AksiFlashBunda Hadapi Lebam

Jatuh dari sepeda bisa sebabkan lebam

Meski tak terlihat mengerikan karena tak diikuti dengan aksi berdarah-darah, lebam perlu ditangani dengan benar. Sebab, lebam yang tidak ditangani dengan benar bisa menyebabkan rasa sakit dan bahkan bisa menyebabkan suhu tubuh naik atau menjadi panas.

Nah, agar bisa menangani lebam dengan tepat maka pertama #AksiFlashBunda perlu mengetahui terlebih dahulu karakateristik lebam itu sendiri. Cepat lambatnya penyembuhan luka memar atau lebam tergantung dari seberapa parah benturan yang terjadi dan di mana letak luka berada. Jadi hal pertama yang perlu dilakukan Bunda perlu bertanya dan meminta si kecil bercerita mengenai kronologi kenapa mereka mendapatkan lebam.

Setelah itu, langkah #AksiFlashBunda yang kedua adalah mengetahui perubahan warna pada luka memar yang dialami si kecil. Perubahan warna ini perlu diketahui untuk mengetahui proses penyembuhan yang dialami si kecil.

  • Merah

Sesaat setelah terbentur, kulit akan terlihat memerah. Bunda bisa menyadari bagian tubuh yang terbentur dengan melihat reaksi si kecil . Memar biasanya menjadi sedikit bengkak dan terasa nyeri ketika disentuh.

  • Kebiruan hingga ungu gelap

Biasanya, satu atau dua hari setelah benturan, warna memar akan menjadi kebiruan atau ungu gelap. Perubahan warna ini disebabkan karena minimnya asupan oksigen dan juga pembengkakan di area sekitar memar. Akibatnya, hemoglobin yang berwarna merah akan berubah menjadi biru.

  • Hijau pucat

Memasuki hari keenam, warna memar akan berubah menjadi kehijauan. Hal ini menandakan bahwa hemoglobin yang terdapat dalam darah mulai terurai dan proses penyembuhan sedang berlangsung.

  • Kuning kecokelatan

Setelah seminggu, luka memar akan berubah warna menjadi lebih terang, yaitu kuning pucat atau cokelat muda. Tahap ini merupakan tahap akhir dari proses penyembuhan memar. Memar tidak akan berubah warna lagi, melainkan menghilang secara perlahan dan kembali ke warna asli kulit.

Nah, untuk mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi rasa sakit, apa yang bisa dilakukan? Untuk urusan ini, #AksiFlashBunda punya jurus ketiga. Oleskan Thromboflash pada bagian yang memar atau lebam.

 

 

“Thromboflash cocok untuk semua anggota keluarga. Karena itu, si mungil ini menjadi salah satu yang wajib ada di Kotak P3K. “

Iyess, Thromboplash memang menjadi barang wajib yang ada di kotak P3K. Sebab, siapa saja bisa mengalami lebam dan memar kapan saja. Aktivitas fisik yang dilakukan setiap hari membuat seluruh anggota keluarga sangat dekat dengan risiko lebam.

Oiya, sebelum menyimpan di kotak P3K. Berikut beberapa hal yang perlu diketahui mengenai Thromboflash ini

  • Product category : anti thrombosis/anti coagulant
  • Komposisi : Heparin 200 IU
  • Dosis : aplikasi di kulit yang terluka lebam/memar sampai sembuh
  • Kemasan dan harga
  • 10 gr : Rp.28,000
  • 20 gr : Rp.40,000

*Telah mendapat sertifikasi HALAL dari MUI

Oiya, mengenai Heparin yang terdapat di dalam Thromboplash ini Bunda tak perlu khawatir, sebab Heparin tersebut terbuat ekstrak mukosa sapi (Bovine). Hal inilah yang membuat Thrompoflash mendapat sertifikasi dari MUI. Sementara di luar sana, juga ada Heparin yang terbuat dari ekstrak mucosa babi yang biasa dikenal dengnan procine.

 

          “Thrombiflash mengandung Heparin yang berasal dari ekstrak mucosa Sapi sehingga sudah tersertifikasi HALAL oleh MUI.”

 

Apa sih kegunaan Heparin dalam Thromboflash? Heparin bekerja dengan cara melarutkan gumpalan darah yang berada di bawah permukaan kulit akibat memar, membantu mengurangi peradangan, serta melancarkan peredaran darah untuk mempercepat penyembuhan.

Cara pakai :

  • Oleskan pada luka lebam dan memar sampai sembuh
  • Tidak untuk digunakan pada aplikasi pada luka terbuka

Nah itu dia rahasianya. Jadi bagaimana Bunda, masih mau melarang si kecil bermain di udara terbuka sambil bereksplorasi dan lari sana sini? Atau beri dia kebebasan dan jadikan Thromboflash sebagai sahabat dan barang wajib ada di kotak P3K. Thromboflash sahabat keluarga.

#AksiFlashBunda siap setiap saat. 🙂

 

 

 

 

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *