Punya Usaha, Yuk Manfaatkan Fasilitas e-Smart IKM dari Pemerintah

Tantangan terbesar menjadi pebisnis bukan pada kemampuan memproduksi produk namun kemampuan untuk menjual produk yang dihasilkan dan membukuoan keuntungan.

Sudah menjadi idiom dalam bisnis, dari 100 usaha baru yang lahir sebanyak 90% akan tutup dalam 1 tahun pertama. 5 lagi akan tutup atau berganti bisnis dalam 5 tahun. Jadi kemungkinan besar hanya 5% bisnis akan bertahan dan tumbuh semakin besar dalam jangka panjang.

Untuk menjadi yang 5%, seorang pelaku bisnis harus berpegang pada 3 kunci utama yakni, memenuhi kebutuhan pelanggan, kepastian distribusi bahan baku hingga hasil produksi serta memberikan keuntungan yang cukup.

Untuk itu, seorang pemilik usaha harus selalu membuka diri. Menyerap perubahan zaman, mencari dan menperluas networking hingga memanfaatkan program pemerintah yang menyasar industri kecil dan menenangah.

Salah satu program dukungan bagi entrepreneur ini diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian melalui e-Smart IKM. Program yang dikenalkan semenjak 2017 itu telah menjangkau di 22 provinsi dengan melibatkan lima lembaga, yaitu Bank Indonesia, BNI, Google, iDeA serta Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Pemerintah meyaki program e-Smart IKM mampu membuka akses pasar lebih luas khususnya terhadap pemasaran online, mempermudah pencarian bahan baku untuk produksi, dan meningkatkan kualitas produk.

Program ini juga menawarkan berbagai fasilitas pendampingan dan bimbingan seperti konsultasi desain produk dan kemasan, bantuan mesin dan peralatan produksi, serta pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

 

Lalu Bagaimana Cara Industri Kecil Menengah Mendapatkan Fasilitas dari Kemenerian Perindustrian ini?

Untuk menjadi IKM binaan Kementerian Perindustrian melalui e-smart IKM, pemerintah menyediakan beberapa pintu pendaftaran bagi para pengusaha pemula. Langkah ini meliputi :

1. Hubungi call center melalui nomor 1500-775

Melalui layanan call center ini, masyarakat dapat mengakses informasi e-Smart IKM. Juga memperoleh informasi jangkauan layanan.

2. Pendaftaran melalu situs www.kemenperin.go.id/pendaftaran_esmart

Para pengusaha dapat mendafarkan dirinya melalui portal Kementerian Perindustrian ini. Data yang dikunpulkan akan diseleksi agar program tidak menyasar pihak yang keliru,

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *