Review Kids Republic; Playgroup dan TK di Bekasi

 

Apa yang membuat otak para mom and dady menjelang tahun ajaran baru? Hmmm pasti banyak ya. Dan saya yakin salah satunya adalah urusan memilihkan sekolah yang bagus dan pas untuk buah hati.

***

 

Yap, sekarang urusan memilih sekolah ini memang susah-susah gampang. Apalagi untuk jenjang prescool, KB dan TK. Ada yang programnya cocok tapi ga cocok di kantong. Ada yang cocok di kantong tapi ga sreg dengan kurikulum pendidikannya.

Saya sih sebenarnya ga neko-neko soal sekolah usia dini untuk anak. Cuma mau 3 hal, 1) Sekolah yang ga padat kurikulum alias anak lebih banyak bermain sambil belajar, 2) Tidak menomorutamakan kemampuan akademik seperti membaca dan menulis. Kalau sekolah yang kami survey langsung menjual kemampuan membaca dan menulis dan sederet program membaca dan menulis biasanya saya dan suami sepakat bilang BIG NO. Dan 3) Sekolah yang mudah diakses.

Masalahnya, di tempat tinggal saya di daerah Cikarang susah menemukan sekolah dengan kriteria itu. Berbeda saat dulu masih tinggal di Depok dan Semarang. Waktu di Depok saya bersyukur karena si sulung Bintang sempat merasakan pendidikan TPA Makara, yang berlokasi dan merupakaan binaan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Di Makara Bintang mendapat pendidikan yang lebih banyak bermain daripada pelajaran akademik. Dan manfaatnya sangat banyak kami rasakan pada tumbuh kembang Bintang. Standar pendidikan seperti yang diterapkan Makara inilah yang selalu kami bawa ke mana pun pindah. Kalaupun tidak sama minimal mendekati.

 

Bermain tanpa gadget

 

Saat pindah ke Semarang secara tak sengaja kami menemukan sekolah yang cocok yaitu TK dan KB Madinnatul Ilmi. Pendidikannya lebih banyak main dan praktek montessorry. Hanya saja di sini ruang kelasnya terbatas.

Nah saat pindah kembali ke Bekasi, saya sulit menemukan referensi sekolah yang pas. Dua PAUD yang menurut kami masuk kriteria ada di Al Azhar dan President School. Tapi lokasinya agak jauh dari rumah. Nah kata suami, kalau mau jauh mending sekalian aja nyari yang bagus, nyari di Bekasi juga boleh. Jauh ga apa. Kalau memang dibutuhkan kita bisa nyari rumah di sekitar lokasi sekolah.

Nah, lampu hijau banget kan? Makanya saya jadi semangat nyari-nyari sekolah PAUD yang pas buat anak-anak. Apalagi sekarang tak hanya Bintang, si cantik Zizi juga rencananya akan kami masukkan PAUD.

Menemukan Playgroup dan TK Rekomended di Bekasi

 

Minggu akhir Mei lalu, saya kesampaian mendatangi Preschool, Playgroup dan TK Kids Republic School di daerah Bekasi Selatan. Letaknya di Jalan Pulo Sirih Barat, Ruko Arcadia Blok Bd 111, 112, 115, Grand Galaxy City, Bekasi.

Tidak sulit menemukan Kids Republic ini karena lokasinya menghadap ke danau buatan. Jadi halaman depannya terlihat lega. Zizi dan Bintang yang hari itu ikut saya jadi bersemangat untuk melihat Kids Republic. Area parkir di sini juga luas.

Oiya, Kids Republic School yang berlokasi di Grand Galaxy City ini baru launching lho. Jadi tahun ajaran 2018/2019 ini merupakan tahun pertama mereka beroperasi di Bekasi Selatan. Sebelumnya, Kids Republic yang berdiri sejak tahun 2014 di bawah Yayasan Batin Cahaya Bangsa berada di Jl Cipinang Bali No 5A Jakarta Timur. Sekolah ini dibentuk oleh Ibu Zita Anjanai, M.Sc. Dengan adanya Kids Republic School di Grand Galaxy City ini warga Bekasi tidak perlu jauh lagi mengantarkan buah hati ke Cipinang Bali.

Pada saat saya datang merupakan hari keempat kelas trial. Kebetulan saat itu temanya adalah Montessori. Montesorri merupakan metode pendidikan untuk anak-anakyang menekankan pentingnya penyesuaian lingkungan belajar dengan perkembangan anak. Montessori juga mengutamakan aktivitas fisik bagi anak dalam menyerap konsep akademik. Mengutamakan praktik, learning by doing.

Di Kids Republic para teacher lebih banyak menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar. Sedangkan bahasa Indonesia hanya sebagai bahasa pendamping.

Oiya di Kids Republic usia anak yang diterima mulai dari infant.

 

 

Konsep yang diusung di sini adalah One Stop Early Education Center. Di sini terdapat 3 program yaitu

 

  • Education

Program pendidikan dirancang untuk memenuhi pengembangan akademik dan karakter di masa keemasan anak. Anak tidak hanya belajar membaca, menulis dan berhtung tetapi juga akan berkembang di semua bidang seperti sosial, spiritual, fisik, dan iIntelektual.

 

  • Gymnastic & Health

Terdapat program Kids Republic Gymnastic yang merupakan klub olahraga yang dirancang untuk bayi, anak-anak, dan remaja berusia 6 bulan hingga 16 tahun. Fasilitas ini bisa menciptakan cara yang menyenangkan bagi anak-anak untuk berolahraga menggunakan Leader Curriculum. Kegiatan ini mengutamakan pembentukan tim, keterampilan komunikasi, menanamkan nilai-nilai dan memungkinkan anak-anak lebih bugar secara fisik.

 

  • Fun Creative

Sistem belajar yang fun dengan berbagai permainan menarik. Guru di Kids Republic juga terkesan ramah dan menyenangkan. Saat trial mereka mendampingi murid satu persatu sehingga anak-anak merasa nyaman.

Pada saat ngobrol dengan pihak manajamen mereka mengatakan bahwa pada saat belajar mengajar nanti rasio guru dan murid maksimal 1 ; 15. Pada anak usia lebih kecil rasionya bisa berbeda. Misal untuk anak di bawah dua tahun rasionya bisa 1: 8.

 

 

Kurikulum

 

Kurikulum utama yang dikembangkan Leader Curriculum dengan Primary Academic Curriculum (PAC) yang terkonsentrasi dalam Bahasa Inggris dan Matematika. Dua bidang utama ini dikembangkan untuk menyiapkan anak masuk ke sekolah dasar nasinal/internasional.

Menurut keterangan pengelola, setiap area belajar akan disajikan kepada siswa melalui modul dan mata pelajaran seperti waktu bermain, waktu lingkaran, Montessori, materi pengayaan, aktivitas tematik, dan juga melalui kegiatan ekstra kurikuler.

Selama jam sekolah, anak-anak akan mendapat materi yang bervariasi setiap harinya. Kegiatan itu terdiri dari

–              Edu Gym

–              Renang

–              Musik dan Dance

–              Memasak

–              Kesenian & kerajinan tangan

–              Berkebun

–              Bercerita

–              Program Bacaan Awal

–              Proyek & kegiatan tematik

–              Bahasa Indonesia

–              Tampilkan & Katakan

–              Perayaan & acara sekolah

–              Karyawisata

 

Bila ingin memberi pengalaman tambahan untuk si kecil terdapat program tambahan yang bisa diambil setelah jam belajar wajib.

Berikut beberapa pilihan kegiatan ekstra yang disediakan

–              Gymnastik

–              Menari

–              Balet

–              Seni bela diri

–              Olahraga

–              Kelas Kreatif yang Menyenangkan: Agama, Seni & Kerajinan Tangan, Memasak

–              Family classes

 

Fasilitas

Karena termasuk baru, fasilitas di Kids Republic School Grand Galaxy City ini memuaskan banget. Mainan dan alat peraganya masih baru dan bersih. Untuk montessory misalnya terdapat beraneka mainan peraga.

Ruang kelas full ac dan dilengkapi CCTV. Juga terdapat ruang tunggu yang luas dan nyaman untuk orang tua. Lantai satu digunakan untuk ruang dance dan bermain. Lantai dua dan tiga disiapkan untuk kelas governor dan president. Sedangkan lantai atap untuk area terbuka bermain dan berkebun.

 

Pendaftaran dan Biaya

 

Saat ini Kids Republic School Grand Galaxy masih menerima pendaftaran siswa baru dan berlangsung hingga 10 Juni untuk tahun ajaran 2018/2019.  Pendaftaran setiap tahunnya berlangsung 3 periode yaitu untuk Juli-Oktober, November-Februari, Maret-Juni.

Untuk biaya setiap tingkatan berbeda-beda. Biaya terdiri Admission Fee (ADM) berkisar 5 juta-9 juta. Annual Development Fee sekitar Rp 3 juta/tahun. Learning book sekitar Rp 500 ribu setahun. Biaya SPP juga berbeda untuk tiap level yang dibayarkan 4 bulan sekali atau satu tahun. Setiap siswa akan mendapat 3 jenia baju seragam.

Oiya, untuk pembayaran, Kids Republic Scool tidak menerima pembayaran tunai. Jadi sifatnya cashless. Pembayaran hanya bisa dilakukan melalui kredit, debit mobile banking atau transfer atm.

 

 

***

Setelah setengah hari berkeliling dan merasakan program trial di Kids Republic Grand Galaxy City pulang-pulang Bintang dan Zizi kompak bilang mau sekolah di sana. Well. Saatnya mengajukan proposal pada pak Misua.

Buat moms and dad yang juga tertarik bisa datang langsung atau cek informasi resmi melalui website mereka ya

Center Bekasi
Kids Republic
Jl.Pulo Sirih Barat, Ruko Arcadia
Blok Bd 111, 112, 115

Grand Galaxy City, Bekasi

021-29827245

0821 200 77 600

www.kidsrepublic.sch.id

email : info@kidsrepublic.sch.id

 

 

 

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *