Dukung Si Kecil Tumbuh Hebat dengan Tanggap yang Lengkap

 

Stimulasi dan nutrisi yang tepat sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang anak menjadi anak hebat dengan tanggap yang lengkap

***

Akhir-akhir ini si sulung Bintang makin senang bermain peran-peranan. Permainan anak dengan main peran ini sangat disuka. Kadang kala ia menjadi enginer, menjadi fireman, pilot dan chef. Tapi setiap kali ditanya apa cita-citanya kelak kalau sudah besar jawabannya selalu konstan.

“Kalau besar Bintang mau jadi dokter.”

Kenapa Bintang mau jadi dokter. Memangnya kalau jadi dokter nanti Bintang mau apa?

“Bintang mau mengobati orang-orang sakit. Nanti kalau nenek, kakek, mama dan papa sakit Bintang bisa obati. Juga orang-orang lain yang sakit.”

Setiap kali si sulung menyampaikan cita-citanya saya selalu tersenyum. Semangat dan rasa percaya diri si kecil untuk membantu membuat saya senang. Meski begitu saya selalu mengingatkan agar si sulung tetap rendah hati.

“Nanti kalau ada pasien yang sakit, walaupun dia tidak punya uang untuk berobat tetap ditolong ya Nak.” Dengan mata berbinar, Bintang mengangguk dan bersemangat.

“Iya Ma, Bintang nanti membantu siapapun saja yang butuh bantuan,” ujarnya bersemangat.

 

***

 

Dalam hal mengawal perkembangan anak saya dan suami punya pemahaman yang sama. Kami tak mau anak-anak tumbuh hanya menjadi anak cerdas. Pintar secara kognitif saja tidak cukup. Makanya kami jarang sekali berpatokan pada nilai evaluasi dari sekolah yang rata-rata hanya mengutamakan kognitif saja. Kecerdasan emosional juga perlu dibangun.

Bagi saya dan suami hal terpenting dari perkembangan anak adalah tumbuh dengan tanggap yang lengkap, cepat tanggap (IQ), pintar bersosialisasi (SQ) dan yang terpenting, memiliki rasa peduli untuk membantu orang lain di sekitarnya (EQ)

Secara lebih detil apa saja sih yang termasuk Tanggap yang Lengkap itu?
Cepat Tanggap (IQ)

• Kecepatan Berpikir
• Menghafal Lagu anak
• Mengingat Gerak Tari
• Mengingat Angka, Huruf, Nama
• Berhitung
• Bermain Peran
• Membuat Karya baik menulis, menggambar, dan mewarnai
• Memiliki ide terhadap masalah di sekitar

 

Rasa Peduli (EQ)

Membantu menyelesaikan masalah orang lain seperti teman dan keluarga. Misalnya: menawarkan makanan untuk teman, memperbaiki mainan teman yang rusak, mengumpulkan donasi, menolong teman terjatuh, menolong hewan

 

Tanggap Bersosialisasi (SQ)

• Bermain dan berbagi bersama teman
• Tidak takut dan mau menyapa orang yang tak dikenal atau jarang bertemu

 

Bermain tanpa gadget

 

Kenapa anak-anak butuh tanggap yang lengkap? Memangnya tidak cukup kalau setiap anak punya satu kemampuan saja. Misalnya memiliki IQ tinggi, atau EQ tinggi.

Hmmm ibarat paket komplit, anak yang tumbuh dengan Tanggap yang Lengkap akan menjadi pribadi lebih baik dibanding hanya memiliki satu kemampuan saja. Ketika anak memiliki 3 aspek kecerdasan yaitu IQ, EQ, dan SQ, anak akan lebih peduli dan mampu melihat masalah dari berbagai sisi. Dengan begitu mereka dapat memunculkan solusi yang baik untuk semua pihak.

Agar si kecil tumbuh menjadi anak hebat dengan tanggap yang lengkap, orang tua perlu memastikan keseimbangan perkembangan yang optimal antara kecerdasan otak, rasa peduli, dan tanggap bersosialisasi. Caranya dengan memberi kesempatan agar ketiga aspek ini terstimulasi dengan baik.

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan untuk bisa menstimulasi tiga kecerdasan anak dalam sekali waktu. Banyak melibatkan anak dalam diskusi sehari-hari akan sangat membantu menstimulasi perkembangan tiga kecerdasan anak.

Melalui diskusi, orang tua dapat melatih si kecil menjadi anak cepat tanggap. Misalnya, saat si kecil pulang dari sekolah, kita bisa bertanya hal baru apa yang tadi dilakukan anak bersama guru dan temannya.

Setelah itu orang tua bisa meminta anak menyampaikan pendapatnya hal apa saja yang bisa ia lakukan dengan pengetahuan baru yang ia dapat di sekolah. Siapa kira-kira yang dapat dibantu dengan pengetahuan baru dan apa dampaknya. Dengan begitu si kecil akan terbiasa berpikir tidak hanya akademik, melainkan juga melatih kepedulian sosial, dan pengenalan emosi mereka.

Hal lain yang bisa dilakukan misalnya mengajak si kecil berdiskusi ketika melihat ada teman yang jatuh saat bermain bersama di taman. “Temannya menangis kenapa ya? Kira-kira apa yang diperlukan teman itu agar tak menangis lagi ya?”

Membuat anak peka dan peduli terhadap apa yang terjadi di sekitar dan dirasakan orang lain bisa mendorong kesadaran dan keinginan anak untuk membantu orang lain meningkat. Dan tentu saja, kita tidak boleh lupa memberi pujian ketika si kecil berhasil membantu orang lain.

Tak hanya stimulasi yang tepat. Hal lain yang tak kalah penting dalam mendukung anak tumbuh menjadi hebat dengan tanggap yang lengkap adalah memberi teladan yang baik. Teladan merupakan cara mendidik anak usia dini. Bagaimanapun, cara efektif bagi anak dalam belajar adalah dengan meniru.

Sebagai orang tua kita juga perlu melakukan kebiasaan baik yang bisa mendukung perkembangan kecerdasan IQ, EQ, dan SQ anak, Misalnya dengan selalu membantu tetangga, keluarga, dan orang di sekitar yang membutuhkan bantuan.

Anak perlu melihat bahwa ayah ibunya dengan senang hati menawarkan bantuan tanpa diminta kepada anggota keluarga yang lain. Orang tua juga bisa memberi kesempatan pada anak untuk memberikan bantuan kepada teman, tetangga, saudara, atau makhluk hidup lain di sekitarnya yang sedang mengalami kesulitan.

 

Nutrisi Tepat Bantu Wujudkan Si Kecil Hebat Tanggap yang Lengkap

Memberikan banyak stimulasi memang sangat membantu perkembangan kecerdasan IQ, SQ, dan EQ si kecil. Eittss, tapi tak cukup sampai di situ. Agar tumbuh menjadi anak hebat dengan tanggap yang lengkap, si kecil perlu nutrisi yang tepat. Terutama sekali nutrisi untuk cepat tanggapnya.

Terpenuhinya kebutuhan nutrisi akan mempengaruhi daya serap anak sehingga akan membantu si kecil memaknai setiap pengalaman menjadi pelajaran berharga. Si kecil akan terbentuk menjadi pribadi hebat, cepat tanggap, pintar bersosialisasi dan memiliki rasa peduli.

 

 

Untuk urusan pemenuhan nutrisi ini, saya tak perlu jauh-jauh mencari solusi. Apalagi sekarang ada Bebelac baru dengan formula yang disempurnakan. Jadi tak hanya kemasan baru saja yang lebih premium, tetapi kandungan yang terdapat dalam setiap sajian susu bebelac juga jauh lebih mendukung agar si kecil tumbuh hebat dengan tanggap yang lengkap.

Bebelac dengan formula dan kemasan baru memang dirancang untuk mendukung perkembangan anak di masa emasnya. Dibanding produk lama, Bebelac kemasan baru memiliki kandungan Minyak Ikan dan Omega 6 yang lebih ditingkatkan. Selain itu juga ada omega 3, FOS:GOS 1:9 yang dipatenkan dan 13 Vitamin & 9 Mineral sebagai nutrisi tepat untuk mendukung perkembangan si Kecil.

Oiya, untuk takaran, Bebelac formula baru juga punya hal baru. Bila pada bebelac lama 1 sendok takar setara dengan 6-7 gram dan untuk satu sajian 6 sendok takar, pada bebelac formula baru setiap satu sendok takar setara dengan 13 gram. Dengan begitu 1 sajian cukup dengan 3 sendok takar.

So, sekarang saya makin semangat mendukung tumbuh kembang anak. Memperbanyak stimulasi dan memberikan nutrisi yang tepat dari Bebelac baru untuk tumbuh kembang si Kecil di masa emasnya agar bisa menyiapkan para krucils menjadi anak hebat dengan tanggap yang lengkap, –cepat tanggap, memiliki rasa peduli dan tanggap bersosialisasi—

Buat moms yang ingin dapat inspirasi bagaimana cara menstimulasi dan mendukung tumbuh kembang si kecil bisa mampir ke website bebelac.

 

***

🙂

 

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.