10 Jurus Melejitkan Domain Authority ala DuniaBiza

Banyak yang bertanya, apakah blog DuniaBiza.com sudah tua? Jawabannya jelas tidak. Ini blog baru yang baru mau masuk PAUD. Lalu bagaimana caranya kok bisa punya DA di atas 30? 

***

 

Beberapa waktu lalu, dalam tulisan Milestone Dua Tahun DuniaBiza saya pernah berjanji membuat tulisan sesuai keinginan pembaca. Nah salah satu request yang diterima adalah tulisan mengenai rahasia meningkatkan Domain Authority blog.

“Mba ira, mau dong dikasih tahu cara menaikkan DA. Saya juga mau seperti duniabiza.” Begitu kurang lebih pesan salah seorang temans melalui pesan whats app.

Nah berhubung ini adalah permintaan kesekian, dan dari orang kesekian mari kita penuhi. 🙂

Untuk urusan meningkatkan Domain Authority ini sebetulnya saya tak punya rumus khusus. Semua terjadi by proses, mengalir saja seperti air. Alasannya, saya bukanlah blogger yang ahli bahasa pemograman, bukan pula berlatar belakang SEO dan Social Media Specialist.

Lalu bagaimana caranya kok bisa mengembangkan blog DuniaBiza.com dalam waktu cepat?

Rahasianya cuma satu. Saya suka coba-coba, suka duduk menyimak penjelasan dari para ahli, lalu pelan-pelan mempraktikkan ilmu yang didapat. Learning by doing. Saya berterima kasih banyak pada para guru dan senior blogger yang tak segan berbagi ilmu di mana saja.

“Saya hanya seorang pembelajar yang siap mengosongkan gelas dalam majelis”

Seperti pernah ditulis sebelumnya, saat pertama membangun blog saya termasuk awam. Bahkan urusan Domain Authority pun sama sekali tidak mengerti. Namun, karena hampir di semua grup blogger membicarakan soal DA ini, saya browsing sana-sini. Dan sekarang, karena berbagai alasan jadilah urusan Domain Authority ini jadi “makanan’ sehari-hari.

Disclaimer :

Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman dan diperuntukkan untuk sesama pembelajar. Buat yang sudah mastah tidak direkomendasikan untuk membaca karena tulisan ini hanya akan berisi hal-hal biasa. 🙂

 

Mengenal Domain Authority

Temans mungkin ada yang suka ga mudeng kalau tiba-tiba di timeline atau grup whatsapp terdapat perbincangan mengenai Domain Authority. Kok kelihatannya penting banget ya sampai sering disebut-sebut begitu.

Tenang. Perasaan awam itu wajar saja kok. Apalagi bila memang selama ini temans tak pernah mempersoalkan tentang statistik saat ngeblog. Menulis ya menulis saja. Nah biar ke depan jadi lebih ngerti yuk kita samakan persepsi dulu apa dan bagaimana rupanya makhluk yang disebut Domain Authority ini.

Domain Authority atau biasa ditulis DA adalah sebuah metric yang digunakan untuk mengukur tingkat kepercayaan sebuah web atau situs. Tingkat kepercayaan ini ditentukan berdasarkan rujukan mesin pencari dan pengguna. Domain Authority merupakan faktor penting yang mempengaruhi peringkat dan trafik website.

Sederhananya, blog atau website yang memiliki nilai DA tinggi akan lebih dipercaya oleh mesin pencari sehingga lebih cepat terindeks. Bahkan blog dengan DA tinggi juga lebih mudah memenangkan hati google sehingga lebih mudah mudah masuk dalam daftar list referensi google.

Pengukuran DA menggunakan range 1-100. Semakin besar angkanya berarti semakin baik nilainya. Pengukuran DA yang dipercaya saat ini adalah yang dikembangkan oleh MOZ. Angka yang dikeluarkan MOZ menjadi rujukan bersama para praktisi sosial media dalam menentukan peringkat blog.

Oiya, bagi dunia blogger, pengukuran DA baru berfungsi apabila diukur pada blog dengan top level domain ya. Yaitu blog yang berakhiran .com, .net, .co, .co.id, .org, .info, .xyz, dll yang sejenis.

Sedangkan blog gratisan seperti berakhiran blogspot.com, wordpress.com, kompasiana, indonesiana tidak bisa digunakan nilai DAnya karena merujuk akun induknya. Artinya nilai DA yang ditunjukkan oleh MOZ akan merujuk pada blog utama yaitu blogspot dan wordpress dan bukan merujuk pada blog personal seperti irags.blogspot.com, atau duniabiza.wordpress.com. Dalam dunia blogging. Blog anak yang berinduk pada blogspot, wordpress, my.id dan sejenisnya biasa disebut sub domain.

 

Bagaimana cara menaikkan nilai DA?

Secara teori dan teknis bahasa pemograman saya memang tak bisa menjelaskan bagaimana cara melejitkan Domain Authority. Namun, saya akan membagi bocoran pada temans berdasarkan pengalaman. Jadi jurus yang akan saya bagi sudah teruji dan terbukti.

Pada ulang tahun pertama, blog yang temans baca sekarang menutup usia dengan DA 24. Dan tahun kedua, alhamdulillah naik signifikan. Ketika perayaan 2 tahun DuniaBiza, DA blog ini tercatat 33.

Bagaimana dengan sekarang? Nah. Itu dia. Biasanya, dan menurut penuturan pada senior, kalau sudah di atas 30, peningkatan angka DA tidak akan sekencang ketika masih belasan atau 20-an.

Justru hal tersulit setelah mencapai angka DA di atas 30 adalah mempertahankan nilai tidak turun. Sssttt, ini benar banget. Saya sudah merasakannya.

Pas pergantian tahun saya jarang mengupdate dan otak atik blog. Walhasil, DA turun menjadi 32. Lalu naik lagi menjadi 33 dan turun lagi 32. Abai sedikit aja langsung turun lagi. Hihi… Ini artinya saya masih harus belajar banyak lagi dari para sifu.. 🙂

 

 

Jadi apa saja yang perlu dilakukan agar bisa melejitkan angka DA?

Menurut para mastah, DA ini lebih banyak dipengaruhi oleh backlink. Semakin banyak blog kita mendapat backlink terutama dofollow dari website lain, maka akan semakin bagus peringkatnya di mata mesin pencari.

Untuk mendapatkan backlink berkualitas, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Jadi jangan langsung menyerah dan berharap bisa membeli backlink secara instan seperti yang dilakukan e-commerce besar ya. Meskipun sebenarnya sih, kalau teman punya budget lebih, cara membeli backlink dengan memesan content placement pada blog berDA tinggi bisa banget dilakukan.

Jadi untuk mendapatkan backlink harus mahal? Tenang. Backlink ini bisa didapatkan secara gratis dan natural. Setidaknya, saya sudah membuktikanya.

 

Berikut 10 Jurus Melejitkan Nilai DA ala DuniaBiza.com

1. Blogwalking

Yess… Sejak mula mengenal yang namanya DA, dan bertanya pada beberapa senior bagaimana caranya menaikkan angka Domain Authority, maka jawabannya selalu saya disuruh blogwalking. Mulanya saya tak mengerti kenapa harus blogwalking. Semoat terpikir maksudnya biar bisa belajar dari blog yang dikunjungi.

Ternyata, blogwalking sangat banyak manfaatnya. Selain mendapat new insight dari postingan yang dikunjungi, blogwalking juga bisa meningkatkan kualitas blog kita.

Blogwalking yang baik dan berpengaruh pada DA apabila dilakukan pada blog yang nichenya sama. Tak masalah apakah itu blog berbahasa Indonesia atau tidak. Misalnya blog travel disarankan untuk memperbanyak blogwalking ke blog bertema travel.

Oiya, blogwalking yang dimaksudkan di sini blogwalking organik ya temans. Artinya dilakukan secara spontan dan bukan demi kepentingan BW to BW. Hihii…

Saat blogwalking saya selalu usahakan pilih bagian komen dengan meninggalkan url blog pada alamat website yang diminta di kolom komentar. Dengan blogwalking kita secara tidak langsung mengirimkan sinyal atau notifikasi pada google.

Saat blogwalking hindari meninggalkan link dalam postingan komentar karena akan berdampak tidak baik pada blog yang dikunjungi. Jadi, dalam kasus menaikkan DA, blogwalking sebenarnya sangat berguna bagi kita dan bukan pada orang yang dikunjungi.

 

2. Berkunjung ke blog berDA besar

Sering berkunjung dan meninggalkan komentar pada blog yang memiliki nilai Domain Authrity adalah salah satu cara yang dilakukan. Jadi bila saya mengetahui ada informasi mengenai daftar blog dengan DA tinggi, maka akan disimpan dan dimaksimalkan. Bila ada waktu luang, maka saya akan berkunjung ke blog tersebut.

Selain menambah wawasan, berkunjung ke blog ber DA besar akan berdampak bagus pada blog kita. Namun hati-hati, pastikan untuk memilih blog yang sehat. Karena biasanya saat MOZ mengupdate nilai DA dan PA, bila satu blog nilainya turun maka akan diikuti blog lain yang saling berkaitan.

Darimana mendapatkan list blog dengan DA tinggi? Apakah harus beli atau mengintip data agensi?

Eitsss.. jangan salah. Bila teman jeli, list blog ber-DA tinggi ini sebenarnya sering terpampang di depan mata. Misalnya dari status agency yang mencari blog dengan persyaratan DA minimum pada angka tertentu.

Saya percaya, beberapa temans sudah memanfaatkan list daftar blog yang turut mendaftar di kolom komentar job. Tapi saya juga yakin, sebagian teman lain menyia-nyiakan kesempatan emas ini dengan hanya meninggalkan komentar..

“Yah DAnya masih jauh. Hiksss.”

Atau.. “turunkan syaratnya dong.”

Padahal, ini sebenarnya kesempatan besar buat temans untuk segera blogwalking. Manfaatkan list blog berDA tinggi yang berjejer di kolom komentar untuk mendapatkan manfaat jangka panjang.

 

3. Rajin mengikuti lomba

Selama ini apa sih motivasi temans mengikuti lomba? Ingin hadiahnya? Iya pasti. Siapa sih yang tak tergoda dengan hadiah berjejer.

Lalu untuk apa? Mengasah kemampuan menulis. Ah, alasan ini umum banget dan sedikit klise ya. Tapi memang buat temans yang suka tantangan mengikuti lomba bisa dijadikan sarana untuk memotivasi diri menulis lebih baik.

Di luar berbagai alasan itu tahukah temans bahwa alasan lain saya mengikuti lomba blog adalah untuk mengejar backlink. Lho kok bisa?

Yap. Beberapa penyelenggara lomba adakalanya mensyaratkan peserta untuk mengunggah artikel di website mereka. Seperti Anugerah Pewarta Astra, Prive Uri Cran yang diadakan Vemale, dan morinaga. Nah di sinilah kesempatan pertama untuk mendapat backlink.

Biasanya panitia yang menyediakan microsite akan menyediakan fasilitas link untuk baca lebih lanjut ke blog kita. Tak jarang link yang diberikan bersifat dofollow. Nah asyik banget kan. Sudahlah punya kesempatan menang, kita juga bisa dapat backlink.

Keuntungan kedua akan dirasakan saat nama kita keluar sebagai salah satu pemenang. Mayoritas penyelenggara lomba blog akan mengumumkan daftar pemenang di situs resmi mereka yang biasanya memiliki DA tinggi. Nah di pengumuman akan menyertakan tautan karya setiap pemenang yang akan menjadi link dofollow. Jadi selain mendapat hadiah, saat nama kita keluar sebagai pemenang, saag itu pula kita telah mendapat bonus backlink. 🙂

 

4. Ikut Arisan Link

Saat baru mengembangkan blog duniabiza.com saya mengetahui grup Blogger Perempuan mengadakan arisan link. Sungguh saya sangat antusias bergabung.

Dengan arisan link setiap anggota akan menulis sebuah artikel berisi backlink dofollow pada blog kita. Bayangkan saja, bila misalnya anggota arisan ada 10 maka akan ada link dofollow sebanyak 9 yang akan tertuju pada blog.

Cara ini bisa banget temans praktikkan dengan sesama rekan blogger. Tinggal kumpulkan beberapa teman yang mau lalu adopsi deh mekanismenya. Bila rajin mengikuti cara ini temans pasti juga ikut merasakan berkah sharing backlink.

 

5. Ikut blog kolaborasi

Tak jauh berbeda dengan arisan link, manfaat utama ikut blog kolaborasi adalah mendapatkan backlink dari rekan sesama anggota blog kolaborasi. Caranya pun hampir mirip.

Bedanya, pada blog kolaborasi temans bisa menentukan tema tulisan secara bersama-sama. Saya sendiri ikut blog kolaborasi dengan Komunitas Emak Blogger.

 

6. Mengelola lebih dari 1 blog

Mereka yang sudah lama berkecimpung di dunia blog biasanya punya lebih dari satu blog. Dahulu saya mengira punya beberapa blog itu tujuannya ya buat adsense. Biar lebih banyak pintu buat menghasilkan uang.

Ternyata punya beberapa blog bisa berguna untuk menambah backlink. Blognya tak harus top level domain, bisa gratisan juga. Nanti setiap blog saling dikaitkan dengan backlink. Saya sendiri punya beberapa blog. Ada berapa? Rahasia…

Bayangkan misalnya teman punya 4 blog maka temans akan mendapatkan link dofollow dari 3 blog.

Hanya saja temans harus hati-hati. Sebaiknya backlink saling dikaitkan bila masing-masing blog masih aktif diupdate. Bila blognya lumuta, bukannya menaikkan, backlink yang ditanam malah berpotensi menggeret DA turun karena memiliki kualitas buruk.

 

7. Memperkaya konten

Yes. Membuat artikel yang informatif dan bermanfaat akan membuat artikel kita lebih disukai mesin pencari. Apalagi bila tulisan itu berisi hal-hal yang memang sering dicari oleh masyarakat.

Memperkaya konten dengan pengetahuan baru, pengalaman, dan sharing knowledge akan membuat pembaca lama terdampar di blog kita. Semakin lama pembaca mampir membaca artikel yang dibuat maka rasio pentalan/bounce rate blog akan mengecil. Dengan begitu kualitas blog akan semakin baik.

Selain memperkaya konten, faktor lain yang bisa mendongkrak tingkat keterbacaan artikel adalah kejernihan kalimat. Pembaca biasanya akan cepat jenuh bila membaca tulisan yang bertele-tele. Mbulet dan njelimet. Tak masalah artikel panjang selama disampaikan dengan efektif dan efisien.

Bagaimana cara membuat kalimat efektif untuk blog pernah saya ulas di blog ini. Temans silakan mampir dan mari belajar bersama.

Baca : Yuk Membuat Kalimat Efektif

 

8. Artikel maksimalis

Yesss. Mba Shintaries, founder Blogger Perempuan mengatakan makin panjang artikel maka makin bagus buat blog. Saya setuju. Tapi bukan artikel yang dipanjang-panjangin alias dibikin kalimat bertele-tele ya temans.

Artikel panjang haruslah informatif sehingga pembaca betah berlama-lama. Seperti artikel yang tengah teman baca ini. Serius ini artikelnya panjang banget lho.

Bila temans berhasil membaca artikel saya sampai poin ini itu artinya temans sudah membaca hampir 2.000 kata. Hihi…

Berapa panjang artikel yang ideal. Tidak ada. Hanya saja minimal sebaiknya artikel blog 500 kata. Dan menurut Mba Shintaries lagi nih, angka ideal ada di 2000 kata. Berani mencoba?

 

9. Rajin menghapus broken link

Yap. Namanya juga broken, pastilah mengandung hal tidak baik ya. Broken link adalah link rusak yang terhubung dengan blog kita. Semakin banyak link rusak maka akan berdampak baik terhadap blog.

Rajinlah mengupdate broken link melalui situs yang menyediakan fasilitas broken link checker. Bila temans menemukan, segera hapus dan jangan biat mengendon lama.

Saya biasanya mengecek berkala broken link ini. Paling tidak sebulan sekali. Itu biasanya jumlahnya sudah banyak. Di atas 50-an. Pernah sekali waktu karena abai mengecek broken link jumlahnya sudah di atas 500. Cuapeeekkk deh.

 

10. Rajin memberi makan google

Yang dimaksud memberi makan di sini adalah update blog. Apakah update blog harus setiap hari? Dalam kondisi ideal harusnya iya. Biar blognya update terus dan pembaca betah. Hihi..

Tapi, untuk kepentingan DA, bila temans tak bisa menerapkan One Day One Post, maka sebaiknya updatelah secara berkala.

Misalnya semunggu dua kali. Usahakan punya jadwal khusus misalnya setiap Selasa dan Jumat. Dengan begitu sistem google akan memiliki notifikasi khusus, sinyal untuk datang secara berkala mengindeks blog kita.

 

Jurus Bonus

Nah. Ini jurus yang baru keinget belakangan. Tentang hosting. Menurut pengalaman saya, blog yang menggunakan hosting berbayar akan lebih mudah dan cepat naik DAnya. Dibanding blog saya lainnya blog DuniaBiza lebih moncer. Salah satunya karena cuma ini blog yang self hosting. Sedang blog lain memakai hosting blogger. 🙂

Jadi apakah lebih baik pindah self hosting daripada menumpang hosting ke blogger dan wordpress? Jelas lebih baik self hosted. Tapi ya itu biayanya juga perlu jadi pertimbangan.

 

Nah itu dia temans 10 jurus plus bonus dari saya. Selamat mencoba ya. Semoga jurus ini juga bekerja pada blog teman semua.

Keep writing

Keep inspiring

🙂

 

 

 

 

89 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *