Sssttt, Aplikasi Mobile Ini Bikin Makin Dekat dengan Para Mantan

 

Halo temans, apa kabarnya? Wah, semoga selalu diliputi rasa bahagia dan sejahtera ya. Biar makin semangat menjalani hari yang penuh warna. Hati senang hidup pun tenang. 🙂

Aniwei ngomongin soal hati, sesekali saya mau caritain tentang para mantan nih temans. Eitss, tapi jangan salah ya. Ini bukan mantan-mantan yang dulu pernah hadir di hati lho.  Uhukkk.. Soalnya kalau ngomongin mantan yang dulu-dulu itu ga asyik banget. Nanti bisa rindu, berat! Hihii…

Lalu mau ngomongin para mantan yang mana nih? Penasaran yaaa….

Jadi sudah satu tahun terakhir ini saya dan suami punya pengalaman baru. Mendapat alternatif bacaan yang disajikan beda dari media mainstream yang sudah ada. Disajikan oleh profesional di bidang media yang rata-rata sebelum bekerja di sini pernah bekerja di media besar Indonesia. Makanya saya dan suami sering menyebutkan media ini sebagai kumpulan para mantan, alias Kumparan.  🙂

Yesss. Jadi ini ceritanya lagi ngomongin tentang Kumparan. Temans sudah pada tahu kan dengan Kumparan? Itu lho, situs berita online yang saat ini lagi ngehits di tanah air. Saking hitsnya, kalau kita cari berita atau informasi di Google, Kumparan menjadi salah satu rujukan di halaman pertama yang disarankan Mbah Google.

 

 

Nah berbeda dengan media mainstream yang sudah ada, menurut saya, Kumparan memberi warna baru dalam dunia media tanah air. Pertama, ia hadir dengan konsep yang lebih mudah diterima khalayak karena menggabungkan unsur website situs berita, blogging dan sosial media. Platform Media Kolaboratif Indonesia.

Jadi kalau berkunjung ke situs kumparan, terasa tidak terlalu berat seperti situs media yang sudah ada. Penyajian berita yang disampaikan memenuhi kebutuhan masa kini. Selain new update, Kumparan menurut saya menjadi bacaan segar dan ringan tapi tetap berisi.

Penggabungan unsur blogging yang memberi kesempatan pada para pembaca setia untuk mengunggah cerita membuat situs ini menjadi lebih ramah. Belum lagi aktivitas media sosial melalui twitter, instagram dan facebook page yang tak kalah friendly.

Kedua, Kumparan mengerti setiap pembaca punya interest berbeda. Saya merasakan ini karena di kumparan ada fitur topik yang bisa dipilih dan diatur oleh pembaca setia. Pemilihan topik ini akan menentukan berita yang muncul di beranda. Jadi selain hotnews, dan kabar dari redaksi kumparan, berita yang tampil di halaman pertama situs adalah berita seputar topik yang sudah dipilih.

Misalnya, saya menyetting topic lifestyle dan parenting pada menu pengaturan. Maka saat membuka situs kumparan, beranda yang muncul adalah rekomendasi berita seputar lifestyle dan dunia pengasuhan anak.  Jadi saya bisa lebih tenang tanpa perlu dijejali beraneka berita yang tak dibutuhkan dan cenderung dihindari seperti berita kriminal dan artis. 🙂

Karena itu tak salah bila Kumparan memberi tagline Story baru setiap hari sesuai pilihanmu

Ketiga, memberi ruang interaksi dengan sesama pembaca dan redaksi kumparan. Fasilitas ini saya rasakan karena seperti disampaikan di awal, Kumparan itu menggabungkan konsep media, media sosial dan blogging. Jadi setiap berita yang disajikan memberi ruang komentar bagi pembaca yang biasanya ditanggapi secara responsif oleh redaksi kumparan atau pun oleh penulis story.

Keempat, memberi kesempatan pembaca untuk unggah cerita. Berbeda dari media lain, kumparan memberi kesempatan pada pembaca untuk mengunggah story. Dan story yang diunggah oleh pembaca ini juga mendapat tempat di halaman utama kumparan sama halnya dengan tulisan dari awak Kumparan. Jadi tulisan warga yang sudah diseleksi tim kumparan akan tampil di halaman utama sebagai featured story.

 

Salah satu contoh cover infografik di Kumparan

 

Kelima, kumparan rajin menyajikan infografik yang kece. Kehadiran infografik biasanya membuat saya lebih jernih melihat suatu masalah. Eh tapi di Kumparan infografik yang dihadirkan tak melulu terkait berita berat ya. Seperti infografik hukum dan politik yang kerap disajikan media mainstream lain.

Di Kumparan kita bisa menemukan infografik yang ringan namun mencerahkan. Misalnya infografiks terkait tips, lifestyle, food, dan festival. Selain kreatif, infografi yang dihadirkan juga padat info namun tersaji ringan. Saya sering tak sabaran menunggu setiap infogratik terbaru dari tim kreatif Kumparan.

Keenam, sering menggelar kuis dan lomba. Nah, ini dia hal lain yang membuat saya sulit berpisah dengan para mantan. Eh maksudnya kumparan. Kumparan termasuk situs media yang sering mengadakan kuis dan lomba menulis untuk para pembaca setia. Biasanya hadiahnya kece-kece. Sekarang saja misalnya mereka sedang menggelar video competition berhadiah 50 juta.

Guedee banget kan hadiahnya. Makanya sayang banget kalau ketinggalan info update dari kumparan. Dan cara saya agar tetap terkoneksi dengan beragam info yang disajikan tim kumparan tentu saja dengan mengunduh aplikasinya. Aplikasi Kumpasan bisa diunduh di Google Playstore atau App Store.

 

mudahnya akses kumparan dari genggaman. Foto; Kumparan.com

Kenapa sih harus unduh aplikasi? Bukannya bisa buka situs dari browser aja?

Iya memang bisa aja buka situs Kumparan dan browser. Tapi kan sayang aja temans kalau saya kelewat info terutama info kuis dan lomba. Dengan menginstall aplikasi kumparan biasanya kita akan mendapat notifikasi apabila ada kabar terbaru sesuai topic yang sudah dipilih.

Lebih enak lagi, aplikasi Kumparan ini tidak berat. Yang pasi tidak seberat rindu pada Dilan. Aplikasinya hanya 7,7 Mega Bite. Jadi tidak akan menyita banyak ruang di memori gawai milik temans.

So, gimana temans? Yakin masih mau menyimpan rindu pada para mantan? Hihi, download aplikasinya aja. Biar si para mantan, eh Kumparan bisa ikut ke mana-mana. Bisa memberi informasi dan menemani waktu senggang kapan saja.

 

🙂

 

 

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.