Lets Draw Like a Pro dengan Pensil Warna Goldfaber dari Faber Castell

 

Apakah temans suka menggambar? Suka mengarsir saat lagi bosan? Atau sekadar coret-coret kertas ketika lagi mencari ide?

***

Hmmm, sepertinya yang terakhir saya banget nih. Biasanya kalau sedang duduk di meja terus ada kertas nganggur dan pena atau pensil, spontan tangan akan bergerak-gerak bikin coretan. Kadang yang muncul ilustrasi abstrak, sketsa wajah, atau gambar pemandangan. Eh sesekali karyanya bisa berupa gambar mobil, vas bunga, dan benda-benda tertentu juga. Tergantung mood sih.

Kok bisa begitu ya. Apakah dalam diri saya sedang bercokol seorang seniman? Atau tersimpan bibit seorang pelukis terkenal. Hihiii, kalau yang ini pasti mimpi banget. Hoax. 🙂  Tapi bahwa saya senang menggambar sejak kecil sepertinya memang fakta. Saking senangnya, waktu kecil beberapa kali wara-wiri mengikuti lomba melukis.

Nah, ngomongin hobi dan kesenangan oret-oret, saya yakin di luar sana banyak yang termasuk kategori ini. Menggambar untuk senang-senang, melukis untuk mengisi waktu, oret-oret untuk rileks, bahkan juga ada yang menjadikan hobi menggambar untuk terapi. Ga percaya? Ada lho.

Dulu saya pernah sekantor dengan seseorang yang menurut saya amat pintar menggambar. Ia pun juga rajin membuat sket baru. Tapi jelas pekerjaannya bukan pelukis, ilustator ataupun desainer. Hampir setiap jam istirahat dia sempatkan waktu untuk oret-oret.

Usut punya usut, ternyata dia sedang menjalani terapi lewat menggambar. Katanya sih dengan menggambar dia merasa jiwanya jadi  lebih tenang. Kadar stressnya langsung turun sehingga penyakitnya juga tak cepat kambuh.

Berdasarkan beberapa literature, kesenangan melukis memang memiliki banyak manfaat. Apalagi bila dilakukan sejak kecil. Beberapa di antara manfaat hobi melukis adalah

  1. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi
  2. Menghilangkan stress
  3. Meningkatkan kecerdasan emosional
  4. Meningkatkan kepercayaan diri
  5. Mengasah kreativitas
  6. Meningkatkan kemampuan analitik dan observasi
  7. Bisa menjadi penghasilan tambahan

Selain tujuh manfaat ini, ada banyak manfaat lain yang bisa dipetik dari hobi menggambar. Dan yang pasti ada 1001 alasan pula yang membuat hobi menggambar ini makin diminati.

Melukis memberi banyak manfaat, foto; Faber Castell

 

Di balik kesenangan menggambar, salah satu faktor yang tak bisa diabaikan adalah tersedianya peralatan yang asyik dan nyaman. Biasanya, mood saat melukis dan mewarnai akan bertambah bagus bila didukung peralatan yang bagus pula. Bagus tentu saja dalam artian kualitas warna yang dihasilkan dan kenyamanan saat menggunakan peralatan tersebut.

Kebutuhan akan peralatan yang nyaman dan berkualitas inilah yang dijawab oleh Faber Castell. Temans yang hobi mewarnai dan menggambar tentu sudah tak asing lagi dengan brand satu ini. Yes. Faber Castell adalah produsen perlengkapan kantor, peralatan tulis dan seni terbesar dan tertua di dunia. Faber Castell berkantor pusat di Stein, Jerman, dan memiliki belasan pabrik yang tersebar di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia.

Saat ini, demi  memanjakan para pecinta oret-oret, lukis melukis dan warna mewarnai, Faber Castell mengeluarkan produk baru yaitu Goldfaber dan Goldfaber Aqua. Sabtu, 24 Mei 2018 lalu saya beruntung karena terpilih menjadi salah peserta mini workshop yang digelar Faber-Castlle dan Kumpulan Emak Blogger dalam rangka pengenalan produk baru ini.

Saat workshop, Brand Manager PT Faber Castell Indonesia Bu Fransiska Remila mengatakan bahwa kehadiran Goldfaber dan Goldfaber Aqua memang untuk menyasar kalangan pecinta seni lukis dan menggambar. Lebih spesifik lagi ia menyebut bahwa produk ini dirancang untuk mereka yang mempunya hobi menggambar, melukis untuk senang-senang, para pemula dan mahasiswa, dan mereka yang ingin menghasilkan karya lukis bagus tetapi belum tergolong kelompok profesional.

“Kami menghadirkan Goldfaber dan Goldfaber Aqua ini memang menyasar range yang luas. Kemampuan menggambar di level ini sangat beragam, namun mereka yang berada di level ini adalah mereka yang mau belajar dan meningkatkan kemampuan diri.“

 

Brand Manajer Faber Castell Bu Fransiska

Menurut Bu Fransiska, kehadiran Golfaber dan Goldfaber Aqua diharapkan bisa menjawab kebutuhan para pecinta seni akan hadirnya pensil warna berkualitas dan bagus seperti halnya pensil warna yang biasa dipakai kalangan profesional namun dengan harga yang relatif terjangkau. Meski harganya lebih murah dibanding pensil warna premium, namun Bu Fransiska memastikan, kualitas warna yang dihasilkan tidak jauh berbeda dengan kualitas produk premium.

“Pensil warna Golfaber dan Goldfaber aqua ini memang kami siapkan untuk pemula, kelompok non profesional tapi kami tak mau menurunkan kualitas. Standar warna yang dihasilkan tidak jauh berbeda dengan pensil warna premium di atasnya.”

Mengenai kualitas Goldfaber dan Goldfaber Aqua ini, Bu Fransiska mengatakan, perusahaannya bahkan sudah melakukan uji kualitas dengan membandingkan produk terbaru ini dengan beberapa competitor. Misalnya dengan uji warna saat diberikan cahaya. Menurut Bu Fransiska, sapuan warna yang dihasilkan Goldfaber dan goldfaber Aqua tidak berubah meskipun diletakkan di ruang dengan pencahayaan cukup dan pencahayaan terang. Sedangkan pada produk kompetitor terjadi perubahan warna bila diletakkan di tempat dengan pencahayaan berbeda.

Begitu pula dari segi waktu. Pigmen warna yang terdapat pada pensil Goldfaber dan Goldfaber Aqua tidak berubah setelah satu jam lebih penggunaan. Sedangkan pada produk competitor biasanya akan terjadi penurunan gradasi warna.

 

Biar lebih spesifik, berikut spesifikasi dan keunggulan pensil warna Goldfaber dan Goldfaber Aqua

  • Keunggulan Goldfaber

  • Pigmen tinggi dengan lead 3,3 mm
  • Daya tahan warna memuaskan
  • Lembut namun warnanya penuh
  • Tahan air
  • Tidak mudah patah
  • Tersedia dalam 48 warna
  • Dibuat di Jerman menggunakan inovasi teknologi terkini
  • Keunggulan Goldfaber Aqua

  • Pigmen tinggi dengan lead 3,3 mm
  • Daya tahan warna memuaskan
  • Lembut namun warnanya penuh semangat
  • Sepenuhnya larut dalam air
  • Tidak mudah patah
  • Tersedia dalam 48 warna
  • Made in Germany menggunakan inovasi teknologi terkini

 

 

Oiya temans, FYI nih, jadi pensil warna faber castlle ini ternyata tak semuanya dibuat di Jerman. Produk pensil warna anak yang berwarna merah ternyata sudah dibuat di Indonesia. Dan menurut Bu Fransiska  pensil biru dan hijau masih dibuat di Jerman untuk mempertahankan standar mutu. Tapi bukan berarti yang dibuat di Indonesia tidak bermutu ya. 🙂

Salah satu alasan logis produksi pensil merah di Indonesia menurut saya sih untuk memangkas biaya produksi dan distribusi. Kan kalau pensil anak diproduksi di Jerman nanti bisa mahal harganya di pasar tanah air. Padahal yang mau make kan anak-anak, ga perlu mahal-mahal cyin. Ye kan…

Asyiknya Tabrak Warna dengan Pensil Warna Goldfaber

Asyiknya mewarnai dengan pensil warna Goldfaber bersama Mas Rizal dari Faber Castell Indonesia

 

Selain bisa mendapat penjelasan mengenai berbagai keunggulan, saya juga bisa mencoba langsung produk baru persembahan Faber Castlle ini. Wooww. Excited banget! Kehadiran Goldfaber dan Goldfaber Aqua ini seperti membangkitkan bakat terpendam dalam diri saya. Eciee yang punya bakat. Uhuk… Paling tidak anggap saja begitu ya temans.

Kenapa saya berani bilang begitu, karena memang saat dicoba, pensil warna GoldFaber ini berasa nyaman banget. Dengan sentuhan kecil saja, warna yang dihasilkan udah ngena. Meski warnanya lembut tapi tetap penuh semangat.

Jadi, setelah mendapat penjelasan mengenai keunggulan dan detail produk pensil warna Goldfaber dan Goldfaber Aqua dari Bu Fransiska, saya dan dan emak dari Kumpulan Emak Blogger lainnya mendapat kesempatan belajar teknis dasar mewarnai dari Mas Rizal, salah satu tim creator di Faber Castell Indonesia.

Dari Mas Rizal kami mendapat tiga teknis dasar dalam menggunakan pensil warna. Dan dari zaman kecil sampai sekarang, eh maksudnya sebelum ikut workshop saya tahunya teknisk mewarnai ya ini, arsir. Sekarang nambah lagi deh.

Menurut saya ini ilmu yang penting banget dan bisa menjadi bekal saya mendampingi krucils DuniaBiza mewarnai di rumah. Lebih enak lagi, tiga teknik dasar ini bisa diaplikasikan untuk beberapa gambar.

 

 

Apa saja sih 3 teknik dasar mewarnai? Ini dia!

  1. Blending

Teknik ini merupakan perpaduan dua warna dengan teknis arsir. Jadi kita mencampur dua warna untuk mendapatkan warna baru. Untuk mendapatkan hasil maksimal ada baiknya proses blendin diawali dengan arsiran warna lembut baru dilanjutkan dengan menimpa arsiran warna gelap. Misalnya dengan menimpa arsiran kuning dengan arsiran biru sehingga menghasilkan warna hijau.

 

  1. Hatching

Teknik hatching sebenarnya mirip dengan arsiran. Hanya saja, saat melakukan hatching kita juga mengangkat mata pensil dari kertas sehingga jarak antar arsiran lebih renggang. Jadi seperti terlihat garis-garis halus.

 

  1. Cross Hatching

Teknik ini merupakan pengembangan dari hatching. Pada teknik ini terdapat dua garis arsir tidak rapat yang saling bersilangan. Jadi setelah melakukan arsiran hatching pada arah pertama dilanjutkan dengan membuat hatching pada arah berlawanan. Biasanya kedua garis yang bersilangan menggunakan warna yang sama.

 

Berbekal tiga teknik dasar ini kami kemudian diberi kesempatan mewarnai gambar istana khas Faber Castlle yang sudah disiapkan tim Faber Castlle Indonesia. Lebih serunya, mewarnainya pakai pensil warna Goldfiber. Yeyy… Saatnya mewarnai.

 

hasil mewarnai dengan golfaber Faber Castell

Pengalaman mewarnai sore itu menurut saya benar-benar berbeda. Selain menggunakan teknik baru, saya juga terpukau dengan pensil warna GoldFaber. Meski memilih menggunakan warna lembut tapi warna yang dihasilkan tidak hambar. Belum ada perasaan empuk saat menyapukan ujung pensil ke kertas gambar.

Selain itu dalam memberikan warna dan mengarsir saya juga bisa melakukan modifikasi sesuai ketajaman warna yang ingin dihasilkan. Pensil warna Goldfiber memberi saya kesempatan untuk eksplorasi beragam ketajaman meski hanya dengan satu warna saja. Jadi bisa membuat hijau terang, deep green dan dark green hanya dengan satu pensil. Cukup mengatur tekanan saat mewarnai.

Saat dipakai pensil warna goldfaber juga tidak mudah patah. Ketika saya mencoba menggunakan rautan, hasilnya pun juga pensil bisa tajam dalam sekali rautan. Jadi tidak banyak pensil yang terbuang. Saya tidak perlu khawatir pensil cepat habis karena sering diraut.

Oiya, untuk harga, pensil warna Goldfaber isi 12 harganya Rp 235.000,-  Seperti yang dibilang Bu Fransiska, harganya jauh lebih murah dari kualitas premium yang dibanderol Ro 365 ribu. Meski harganya lebih murah tapi kualitasnya tak kalah dari pensil warna premium faber castell.

Pengalaman menggunakan Goldfiber dalam workhosp yang digelar Faber Castlle hari itu seperti membangkitkan another passion dalam diri saya. Ingin rasanya memboyong kertas gambar yang tersusun rapi di rak pajang toko Faber Castlle yang terletak di lantai dasar Plaza Senayan tempat berlangsungnya workshop sore itu.

Terima kasih Faber Castlle Indonesia untuk pengalaman barunya. Terima kasih Kumpulan Emak Blogger yang sudah memberi kesempatan ikut workshop kecenya. Dan buat temans yang penasaran dengan pruduk Goldfiber dan Goldfiber Aqua ini bisa cek di website resmi faber castlle dan media sosial mereka ya.

Website : www.faber-castlle.co.id

Instagram : @Fabercastlle_id

Twitter : @Fabercastlle_id

Selamat berkarya ya temans. 

🙂

 

 

9 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.