Kenali Gejala Radang Amandel pada Anak

kenali gangguan tumbuh kembang dan pencernaan anak

Beberapa hari lalu saat sedang berselancar dan mencari beberapa informasi tentang tumbuh kembang anak, saya terdampar pada sebuah artikel tentang amandel. Bayangan akan amandel yang pernah dialami kerabat langsung muncul.

Yup. Saya ingat waktu kecil dulu seorang kerabat mengalami amandel. Awalnya amandel itu tak menganggu. Namun, seiring bertambahnya usia, amandel yang bertengger di kerongkongan semakin membuat susah, Untuk amandel tersebut segera tertangani.

Sekarang, dengan tiga krucil di rumah, saya pun jadi peduli. Amandel termasuk salah satu hal yang perlu menjadi perhatian kita para orang tua. Seberanya apa ya amandel itu?

Amandel adalah dua kelenjar kecil yang terdapat di dalam tenggorokan. Fungsi amandel yaitu untuk mencegah infeksi pada tenggorokan. Seiring bertambahnya waktu, peran amandel akan tergantikan, karena sistem kekebalan tubuh seseorang akan menjadi kuat.

 

 

Gangguan pada amandel dapat disebut sebagai radang amandel. Radang amandel adalah peradangan yang terjadi pada amandel yang disebabkan oleh virus ataupun bakteri.

Saat seseorang menderita amandel, biasanya mereka akan mengalami gejala seperti, sakit telinga, sakit kepala, demam, batuk, dan nyeri tenggorokan saat menelan.

Radang amandel biasanya terjadi pada anak-anak dan jarang terjadi pada orang dewasa. Radang amandel tidak terjadi secara langsung, biasanya akan mengalami beberapa gejala terlebih dahulu.

 

 

Untuk mengetahuinya, inilah gejala radang amandel yang paling sering terjadi pada anak, antara lain :

1. Sakit Saat Menelan

Saat nyeri atau sakit saat menelan merupakn salah satu tanda dari gejala amandel. Hal ini terjadi karena radang amandel mengakibatkan pembengkakan pada tenggorokan, sehingga saat bertemu dengan zat asing akan menimbulkan rasa sakit. Jadi, saat amandel meradang atau membengkak akan membuat tenggorokan, lidah, dan telinga terasa sakit ketika sedang menelan. Saat mengalami hal ini, sebaiknya hindari makanan yang besar dan segera konsultasikan diri ke dokter.

2. Perubahan Suara

Sakit tenggorokan yang disebabkan radang amandel akan membuat anak menjadi tidak nyaman saat beraktifitas. Tidak hanya itu saja, suara anak akan mengalami perubahan saat radang amandel, yaitu akan menjadi serak atau bahkan hilang.

3. Amandel Bengkak

Amandel tidak akan terlihat jelas saat mulut dibuka, tetapi saat terjadi peradangan amnadel maka bagian tersebut biasanya akan terlihat membengkak. Bengkak tersebut merupakan reaksi dari peradangan yang biasanya disebabkan oleh infeksi virus. Cara mengatasinya yaitu dengan konsultasikan diri ke dokter yang akan dierikan resep obat untuk mengatasi masalah ini.

4. Mendengkur Saat Tidur

Gejala radang amandel juga dapat dilihat dari cara tidur si kecil. Biasanya saat amandel mulai bengkak, maka si kecil akan mendengkur saat tidur. Tidak hanya itu saja, napasnya juga seringkali terhenti sebentar secara berulang kali.

 

ilustrasi : keceriaan anak

5. Demam

Demam memang biasa terjadi pada anak kecil, tetapi demam juga meurpakan gejala dari radang amandel. Jika memang dia mengalami demam yang tinggi dan beberapa gejala lainnya, sebaiknya langsung konsultasikan ke dokter agar segera mendapatkan perawatan yang tepat.

6. Sakit Kepala

Ternyata radang amandel juga bisa membuat sakit kepala, hal ini dikarenakan oleh demam dan infeksi yang terjadi. Tidak hanya itu saja, sakit kepala juga bisa disebabkan karena rasa sakit pada bagian tenggorokan, atau juga bisa karena tidak mendapatkan nutrisi yang tepat sesuai kebutuhan.

7. Rewel

Anak-anak akan menjadi sangat rewel, karena mereka sulit makan dan minum, demam, dan juga merasakan tubuh yang tidak nyaman. Hal ini kadang tidak disadari oleh orang dewasa, dan baru tahu setelah dibawa ke dokter. Jika terjadi berulang kali, maka anak bisa menolak semua makanan dan minuman.

5 out of 5 based on 5 rating. 5 user review.
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *