Asyiknya Bermain Sambil Belajar di Miniapolis Plaza Indonesia

Bermain di Miniapolis Plaza Indonesia

Akhir pekan main ke mana? Enaknya si kecil diajak main apa? Yang bisa main sambil belajar gitu. Yang bisa hore-hore, tapi lokasinya mudah diakses dan tak perlu ke luar kota. Eh emang ada, tempat bermain yang komplit tapi ga jauh dari pusat kota.

***

Nah yang satu ini bukannya ga jauh lagi, tapi memang berada di jantung Ibu Kota Jakarta, tepatnya di Plaza Indonesia. Eh beneran nih Plaza Indonesia? Bukannya di sana cuma buat shopping aja.

Ya memang, Plaza Indonesia dan juga tetangganya Grand Indonesia terkenal dengan surganya belanja. Tapi ternyata di sini juga ada surga buat anak-anak. Tepatnya di lantai tiga, terdapat area bermain bernama Miniapolis yang dikelola layaknya sebuah kota kecil. Kota bermain. Jadi cocok banget buat jalan-jalan sekeluarga. Momsnya bahagia bisa belanja plus cuci mata, anaknya bahagia bisa main sepuasnya. Hihi… 🙂

Ada apa sih di Miniapolis Plaza Indonesia?

boneka kelinci maskot Miniapalis raksasa lanngsung menyambut
boneka kelinci maskot Miniapalis raksasa lanngsung menyambut

Jadi Sabtu akhir Juli lalu, saya dan keluarga puas poll seharian bermain di Miniapolis. Ketika mengetahui akan diajak bermain seharian, si sulung Bintang langsung antusias. Sejak di rumah ia sudah diberi tahu akan diajak main mandi bola dan melukis. Ia memang paling suka bermain warna.

Begitu kami sampai di lantai 3, secara kebetulan kami menaiki escalator yang tepat. Berada persis di gerbang Miniapolis. Jadi, begitu menginjakkan kaki di lantai tiga, kami langsung disambut gerbang dan salah satu arena bermain Miniapolis.

Dari namanya saja, sudah berasa ya kalau konsep arena bermain indoor ini menyediakan sarana bermain terpadu. Miniapolis merupakan taman bermain untuk keluarga dengan anak-anak usia 0-12 tahun. Miniapolis didesain khusus sesuai dengan imajinasi dunia anak-anak dengan pilihan permainan yang unik untuk melatih motorik dan sensorik anak.

Miniapolis  Plaza Indonesia merupakan cabang pertama yang terletak di Jakarta Pusat dengan konsep kota mini. Beberapa wahana yang ada

  • Carlo Carousel dengan pemandangan Venice yang didatangkan langsung dari Itali
  • Hideout taman bermain berkonsep rumah pohon
  • Mr.Crick Train Express kereta tanpa rel yang siap mengelilingi Miniapolis dan toko-toko khusus anak dan keluarga.
  • Mr.Crick’s Wish Garden taman bermain dengan konsep penuh warna dengan mainan-mainan unik yang melatih motoric dan sensorik anak.

 

aneka permainan di Miniapolis Plaza Indonesia
aneka permainan di Miniapolis Plaza Indonesia

Salah satu arena yang menarik perhatian Bintang adalah areal hideout. Dengan konsep rumah pohon, Bintang yang belum genap berusia 3 tahun bersemangat mendaki anak tangga yang menurut saya agak terja. Arena ini juga melatih keseimbangan dan keberanian anak ketika harus menyeberangi jembatan kayu.

Bintang pede meniti jembatan kayu
Bintang pede meniti jembatan kayu

Ketika melewati jembatan kayu bergoyang saya masih berani mengikuti Bintang dari belakang. Sebagai orang tua tentu saja saya harus mendampingi Bintang dan terpaksa ikut berpacu adrenalin menyeberangi jembatan gantung. Sampai akhirnya kami harus berhadapan dengan jembatan yang hanya terdiri dari selembar papan.

Jembatan itu jelas aman lantaran ada jaring di sekitarnya. Tapi maaf nyali saya tiba-tiba ciut. Bintang yang tak takut menyeberang dan sudah sampai di tengah terpaksa saya bujuk lagi untuk mundur karena saya tak sanggup mengikuti langkahnya untuk menyeberangi jembatan itu. Hihii…

Puas bermain di rumah pohon, Bintang langsung eksplorasi di rumah bola dan Wish Garden. Di sana ia memainkan beberapa permainan seperti gym, perosotan, dan mobil jeep. Nah, di sini saya tak perlu mengekor lagi. Cukup duduk manis sambil memantau si sulung bermain.

Menu ApplebeesOya, hari itu di sela kesenangan bermain kami tak lupa menyantap menu makan siang dari Applebees. Menunya sih sederhana, kentang goreng, fillet ikan, dan fillet ayam goreng, namun rasanya istimewa. Pas mengganjal perut kami yang lapar karena sibuk bermain.

Kreativitas Tanpa Batas dengan Miniapolis Kids Club

Aktivitas belajar sambil bermain dengan fasilitas Kids club
Aktivitas belajar sambil bermain dengan fasilitas Kids club

Tak hanya bermain, di Miniapolis anak-anak juga bisa belajar berbagai hal. Bekerjasama dengan Ismile Preschool Miniapolis memperkenalkan Miniapolis Kids Club (MKC). Di sini anak-anak dapat belajar dan bermain dalam suasana yang menyenangkan.

Yang menarik dari MKC adalah adanya kelas-kelas yang dikelompokkan berdasarkan umur. Jadi anak menerima stimulasi sesuai umur dan bisa bersosialisasi dengan teman sebaya. Di kelas MKC, anak-anak dapat mengasah kemampuan motorik halus dan motorik kasarnya sekaligus melatih daya imajinasi anak di Miniapolis.

Hari itu kami mengikuti dua kelas dengan waktu yang berbeda. Awalnya kelas untuk bayi di bawah 1 tahun. Azizah antusias ikut kelas ini. Apalagi ketika bermain pindahkan air ke gelas dan bermain lempar tangkap.

Sedangkan Bintang ikut kelas siang untuk anak 3-4 tahun. Di kelas, Bintang belajar warna, mengenal benda dan huruf. Proses belajar dilakukan secara santai sambil bernyanyi.

Selain berdasarkan umur, kelas MKC juga dikelompokkan berdasarkan aktivitas. Ada kelas art & craft untuk anak kreatif, kelas memasak untuk melatih anak mandiri menyiapkan makanan praktis, kelas science untuk menstimulasi rasa ingin tahu anak yang tinggi. Juga ada kelas kindermusic. Di kelas musik anak dikenalkan dengan ritme, berdendang dan belajar menyamakan nada, irama dan gerakan tubuh untuk anak usia 6 bulan hingga 6 tahun.

Nah, agar mendapatkan manfaat maksimal, Miniapolis memfasilitasi para orang tua untuk menjadi member MKC dengan tambahan benefit seperti bermain gratis setiap hari selama sebulan, diskon saat berbelanja merchandise Crick si kelinci mascot  Miniapolis, diskon saat merayakan ulang tahun dan diskon membuat art & craft yang menarik di Doodles.

MKC Pricelist
MKC Price list

Senang sekali kan bisa menghabiskan akhir pekan dengan kegiatan yang disukai si kecil. Sambil bermain, saya bisa merasakan quality time bersama keluarga kecil kami di Miniapolis Plaza Indonesia. ***

14 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.