9 Langkah Hindari Hepatitis A yang Menyerang IPB

WHD_2013_Campaign_poster-723x1024Beberapa waktu lalu, beragam berita seputar penyebaran virus Hepatitis A wara-wiri di depan kita.

Kejadiannya di sekitar kampus Institut Pertanian Bogor. Televisi, radio, media cetak dan online ramai memberitakan.

Kabar bermula dari berita meninggalnya seorang mahasiswa Fakultas Kehutanan pada 7 Desember lalu.  Lalu meluas dan menyerang 28 mahasiswa hingga dirawat di Rumah Sakit maupun di rumah masing-masing.

Belakangan, dinas kesehatan juga menemukan virus hepatitis A menyerang tiga penduduk Desa Babakan yang menjadi pusat kos mahasiswa. Penularan wabah yang berlangsung massal membuat IPB menetapkan kampus dalam keadaan luar biasa.

Berdasarkan temuan sementara, penyebaran virus salah satunya dipicu rendahnya kualitas kebersihan lingkungan di daerah yang menjadi pusat permukiman mahasiswa. Ditambah lagi dengan musim penghujan yang mulai datang.

Tentu saja kita tak mau kejadian serupa terulang di sekitar kita. Karena itu yuk kenali dan cari tahu apa yang bisa kita lakukan untuk menghindarinya.

Nah berikut ini penjelasan dari Prof. dr Tjandra Yoga Aditama, SpP(K), DTM&H, MARS, DTCE, mantan Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit & Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI.

Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama
Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama

Cara Penularan.

Menyebar dengan fekall-oral, dan melalui makanan. Virus ditemukan pada tinja dan mencapai puncak 1-2 minggu sebelum timbulnya gejala, dan berkurang secara cepat setelah timbulnya gejala disfungsi hati. Gejala ini timbul bersamaan setelah munculnya sirkulasi antibodi HAV dalam darah.

“Untuk kasus KLB seperti di IPB penularan umumnya terjadi karena
pencemaran air minum, makanan yang tidak dimasak, makanan yang tercemar, sanitasi yang buruk, dan kurangnya higienitas lingkungan,” ujar dokter Tjandra.

Tanda dan Gejala.

Demam, malaise(lemah dan lesu), anoreksia dan gangguan abdominal serta ikterus.

Masa inkubasi terjadi selama15 sampai 50 hari, rata-rata 28-30 hari. Sedangkan masa penularan infektifitas maksimum terjd pada hari terakhir dari separuh masa inkubasi. Sebagian besar kasus kemungkinan tidak menular pada minggu pertama setelah ikterus.

Sebaran Umur Penderita Hepatitis
Sebaran Umur Penderita Hepatitis

Agar terhindar dari Hepatitis A, Pak Tjandra yang kini menjabat  Regional Coordinator di WHO South East Asia Regional Office itu menganjurkan 9 hal langkah.

  1. Selalu cuci tangan sebelum masak , sebelum makan dan setelah keluar toilet,
  2. Selalu cuci alat-alat masak dan alat-alat makan
  3. Dapur harus selalu bersih, sampah padat dan cair terkelola baik, tidak ada binatang , serangga dan lainnya.
  4. Gunakan air yang bersih dan bahan makanan yang baik. Pilih mahan makanan yang segar, proses memasak yang benar dan baik, cuci buah dan sayur dengan baik, dan tidak menggunakan bahan makanan yang sudah kadaluarsa.
  5. Masak makanan hingga matang, terutama daging sapi, ayam, telur, seafood, rebus sup hingga 70°C.
  6. Pisahkan bahan makanan matang dan mentah dengan menggunakan alat dapur dan alat makan yang berbeda, serta simpan di tempat berbeda.
  7. Simpan makanan di suhu aman, jangan simpan makanan matang di suhu ruangan terlalu lama, masukkan makanan ke dalam lemari es bila ingin disimpan. Sebelum dihidangkan, panaskan sampai lebih dari 60°C, serta jangan terlalu lama disimpan di lemari es.
  8. Jangan menkonsumsi makanan dan minuman yang kotor dan berjamur.
  9. Selalu menjaga kebesihan dan sanitasi lingkungan dan pribadi.
19 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.