Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Mobil Bekas

kredit mobil bekas

 

Bila disuruh membuat 10 barang yang dibutuhkan keluarga, barang apa sajakah yang akan bercokol di list temans?

***

 

Kalau saya disuruh membuat list, bisa dipastikan salah satu barang wajib yang harus masuk list adalah alat transportasi. Zaman sekarang kalau ga punya kendaraan di rumah pasti serba susah. Paling tidak ada kendaraan roda dua.

Seiring bertambahnya jumlah anggota keluarga, tentu tak cukup lagi hanya dengan satu kendaraan roda dua. Akhirnya pilihan untuk bermigrasi menjadi kendaraan roda empat tak terelakkan lagi. Apalagi sekarang ada banyak pabrikan yang mengeluarkan jenis mobil keluarga. Tinggal lagi kita akan memilih menggunakan yang mana.

Meningkatnya kebutuhan akan mobil tentu saja tak bisa lagi dilihat sebagai kemewahan. Sebab alat transportasi seperti mobil kini sudah menjadi kebutuhan. Masalahnya sekarang, bagaimana bila tabungan yang tersimpan belum mencukupi untuk membeli sebuah mobil baru dan cash? Apakah harus menunggu sampai uangnya menumpuk dulu? Keburu tua dong?

Untungnya sekarang ada solusi. Tidak perlu menunggu lama untuk memenuhi kebutuhan akan kendaraan roda empat karena ada banyak perusahaan pembiayaan yang menyediakan kredit mobil bekas. Salah satunya adalah Mobil 88 yang merupakan perusahaan pembiayaan roda empat terpercaya di bawah payung Astra Group.

Membeli mobil bekas saat ini tidaklah sesulit yang dibayangkan karena ada banyak pilihan mobil yang tersedia. Bahkan mobil yang baru beberapa bulan pakai juga ada.  Meski begitu, saat membeli mobil bekas temans juga harus mempertimbangkan beberapa hal.

 

Berikut 5 pertimbangan yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas

  1. Kondisi mesin

Kondisi mesin adalah hal utama yang perlu dicek dan ricek. Tak peduli apakah mobil yang akan dibeli masih baru berapa bulan pakai atau sudah dipakai tahunan. Kenyataannya ada beberapa kasus mobil beberapa bulan pakai yang mengalami turun mesin karena pernah terendam banjir.

Untuk memastikan kondisi mesin ini, saat survey kita bisa mengajak keluarga atau teman yang paham dan mengerti dunia permesinan. Repot sedikit tak masalah asal puas kan.

Oiya, saat akan membeli mobil bekas, temans juga perlu meminta riwayat mobil. Dari riwayat itu bisa dilacak apakah mobil bekas tersebut pernah tabrakan. Cek juga apakah mobil tersebut mendapat perawatan berkala secara rutin.

 

 

  1. Detail body

Detail body perlu dicek untuk memastikan apakah mobil yang akan dibeli mulus atau tidak. Paling tidak kalaupun mobilnya sudah ada garet atau penyot saat jual beli nanti kita sudah mendapat gambaran riil sehingga harga pun bisa menyesuaikan.

Body mobil yang harus diperiksa tak hanya bagian atas tetapi juga bawah. Body mobil ini biasanya terdiri dari beberapa panel yang disatukan seperti bumper, engine hood (tutup mesin), pintu-pintu, sunroof, fender, kaca.

Tak hanya itu, bebarapa printilan seperti kaca, tutup bagasi belakang, lampu, radiator grill juga harus diperhatikan. Jika semua detail sudah oke dan disetujui baru deh bisa memutuskan mobil yang akan dibeli.

 

  1. Interior

Bagian interior juga perlu diperhatikan. Misalnya kondisi jok apakah masih bagus atau perlu diganti. Apakah dashboardnya masih mulus. Bila memungkinkan beberapa elemen seperti sound sistem dan navigasi juga perlu dipastikan kondisinya.

 

  1. Surat-surat

Surat-surat penting banget untuk dipastikan sebelum kita memutuskan membeli mobil bekas. Sedapat mungkin usahakan membeli langsung dari tangan pertama karena akan memudahkan untuk urusan balik nama.

Selain itu ada baiknya bila bisa membeli mobil dari orang yang juga lokasinya tak jauh dari kota tinggal agar lebih mudah dalam mengurus surat-surat jual beli. Saat memeriksa surat pastikan juga bahwa surat-surat yang diberikan adalah surat-surat asli dan lengkap.

 

  1. Dealer terpercaya

Saat ini terdapat banyak perusahaan dan daler yang menyediakan jasa jual beli mobil bekas. Namun sangat penting bagi kita untuk membeli mobil bekas hanya dari dealer terpercaya.

 

kredit mobil bekas

 

Biasanya showroom terpercaya hanya akan menjual mobil bekas yang kualitasnya masih bagus. Mereka juga punya tim teknis yang melakukan pengecekan mobil sebelum diperjualbelikan. Jadi. Buat temans yang tak terlalu punya ilmu tentang dunia otomotis, akan lebih tenang dalam membeli mobil bekas.

Kelebihan lain mmbeli di dealer terpercaya adalah adanya layanan after sales. Jadi meski membeli mobil bekas kita juga bisa mendapatkan layanan seperti halnya membeli mobil baru.

Sekarang tak sulit mencari dealer jual beli mobil bekas terpecaya karena ada Mobil88 yang sudah terjamin dan teruji. Membeli mobil bekas di sini tidak akan dag dig dug karena mobil yang diperjualbelikan sudah terjamin.

Layanan after sales di mobil88 juga menarik. Di Mobil88 konsumen akan mendapatkan dua kali servis gratis selama setahun. Servis yang disediakan meliputi penggantian gasket oli, saringan oli mesin, busi, saringan udara, dan oli mesin. Selain itu, mobil88 juga menawarkan asuransi gratis dan free car detailing.

Saat ini mobil88 bisa ditemukan di Sembilan kota besar yaitu Medan, Pekanbaru, Palembang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Denpasar, dan Balikpapan. Secara keseluruhan terdapat 21 cabang di Indonesia.

Bagaimana bila tak ada cabang Mobil88 di kota kamu? Tak perlu khawatir karena temans juga bisa membeli mobil bekas di sini secara online. Caranya tinggal berkunjung ke website mereka di www.mobil88.astra.co.id

 

Selamat berburu mobil impian ya..

🙂

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *