Kue Putri Salju, Camilan Lezat nan Menggoda

Nyemil kue emang enak. Tapi ngemil kue sehat jauuuhhhh lebih enak. 🙂 

***

 

Kue merupakan makanan manis yang biasa jadi camilan. Rasanya yang manis membuat aneka kue gemari di setiap lapisan masyarakat. Namun dengan rasa yang manis, kue kerap dianggap jadi makanan yang tidak sehat. Itu karena kandungan gula, lemak, dan kalori tinggi yang ada di dalamna.

Yup. Memang benar. Hampir semua kue menggunakan bahan sama mulai dari gula, mentega, tepung terigu dan telur yang bagi sebagian oranng dinilai tidak sehat karena kadarnya yang tinggi.

Aneka kue seperti kue putri salju, nastar, kastengel serta jenis kue lainnya semuanya sama. Meski begitu, penggunaan bahan pilihan seperti gula yang mengandung rendah kolestorel bisa mengurangi kecemasan.

Pada dasarnya, semua orang butuh camilan yang bisa membuat perut lebih. Sayangnya, hampir semua jenis camilan di pasaran seperti kue, keripik hanya bisa memuaskan lidah. Namun tidak mengenyangkan perut. Karena itu camilan menjadi tidak dianjurkan untuk temans yang sedang dalam masa diet.

Bila tetap ingin makan kue kering, pastikan porsinya tidak berlebihan. Dibanding membawa setoples penuh kue, ada baiknya untuk mengambil beberapa potong saja. Dengan begitu kita bisa mengontrol dan mengetahui kapan waktunya harus berhenti nyemil.

Bagi temans yang memang penggemar kue dan susah menahan keinginan untuk ngemil taka da salahnya untuk mencoba membuat kue kering sendiri. Selain lebih sehat, higienitasnya pun lebih bisa dijaga. Membuat kue kering sendiri juga bisa dimodifikasi dengan menambahkan bahan bernutrisi.

 

Berikut beberapa tips membuat camilan sehat

1. Menambahkan bahan makanan bernutrisi

Dibanding pusing mengurangi resep, kita bisa menggunakan alternatif untuk menambah beberapa bahan makanan bernutrisi untuk kue yang dibuat.  Berikut ini beberapa contoh bahan yang bisa ditambahkan

  • Sayur dan buah.

Sayur dan buah bisa ditambahkan dengan memarutnya terlebih dahulu. Misanya mengganti taburan gula halus di atas kue putri salju menjadi parutan apel. Bisa juga diganti dengan parutan wortel sehingga nutrisi dalam kue menjadi lebih baik.  Selain itu, penambahan buah atau sayur akan membuat kandungan serat di dalam kue menjadi tinggi.

  • Memakai tepung gandum utuh.

Ketika temans memutuskan menjadikan kue yang dibuat adalah kue sehat, maka tepung terigu yang biasa digunakan bisa diganti dengan tepung gandum utuh. Serat tinggi yang dikandung pada gandum utuh akan sangat baik untuk tubuh Anda.

  • Menggunakan produk rendah lemak.

Produk rendah lemak bisa dipakai untuk mentega dan susu. Meski memang nantinya rasa susu akan cenderung sedikit berbeda, namun hal ini lebih baik dibanding tidak bolehkan makan kue sama sekali. Hayooo, pilih mana?

 

2. Mengurangi kadar lemak jenuh dan gula

Untuk bisa mengurangi kadar lemak jenuh serta gula yang ada di dalam kue, bisa menggunakan cara berikut:

  • Gantilah sebagian dari jumlah mentega dengan minyak sehat seperti minyak kanola. Namun tetap berikan sedikit kandungan mentega sehingga adonannya tetap maksimal.
  • Porsi gula yang digunakan dalam pembuatan kue juga sebaiknya dikurangi. Jika memungkinkan, kurangi 25% sampai 50% sehingga kue tidak terlalu manis.

 

Itulah beberapa cara mudah dan sederhana dalam membuat kue yang sehat. Kue putri salju , kue nastar, kastengel dan kue kering lainnya memang lezat, namun jangan lupakan dari segi kesehatan sehingga kita mencoba membuat kue kreasi sendiri. 🙂

Selamat mencoba ya…

🙂 

 

 

 

5 out of 5 based on 5 rating. 5 user review.
4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *