Perhatikan 5 Hal Ini Saat Sewa Apartemen

Ada banyak pilihan apartemen, mulai dari ukuran, lokasi dan fasilitas pendukung. 

***

Pertumbuhan beberapa kota di Indonesia kini makin maju ya temans. Selain pusat perbelanjaan, hotel dan apartemen pun kini makin banyak. Tak salah bila makin banyak orang yang ingin mencoba tinggal di apartemen.

Sebelum akhirnya memutuskan membeli rumah, saya dan keluarga juga sempat memikirkan opsi untuk tingga di apartemen ini. Dan temans tahu, ternyata melakukan sewa apartemen terkadang memerlukan waktu sangat panjang dan melelahkan seperti halnya membeli rumah baru.

Perencanaan yang tepat dan penelitian mendalam diperlukan untuk menyewa apartemen yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.  Karena itu, jika waktu dan keuangan memungkinkan, kita dapat berkonsultasilah dengan agen perumahan.

Namun apabila temans tak memiliki dana lebih untuk menyewa agen, kita perlu melakukan beberapa langkah sebelum melakukan sewa apartemen. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan

  1. Mengumpulkan banyak informasi.

Sebelum memutuskan menyewa salah satu apartemen kita perlu mengumpulkan banyak infrmasi terkait. Mencari secara online sebelum menyewa apartemen adalah cara efektif untuk mengumpuklkan informasi. Dengan begitu kita dapat menemukan yang sesuai dengan anggaran serta sesuai dengan kebutuhan. Misalnya mengenai jumlah kamar, fasilitas, kedekatan dengan sekolah dan pekerjaan.  Internet adalah tempat yang baik untuk mulai melihat apa yang ada dan tersedia untuk kita.

 

survei lokasi untuk meyakinkan diri

 

  1. Survei lokasi

Setelah mendapatkan cukup informasi dari internet temans perlu mengunjungi lokasi yang diincar. Hal ini perlu untuk memastikan beberapa informasi yang sudah disampaikan di internet. Karena itu saat survei lokasi bawalah buku dan pulpen atau alat tulis lain ketika berkunjung dan catat setiap hal pada masing-masing apartemen. Ini dilakukan sebagai bahan pertimbangan sewa apartemen yang tepat untuk kebutuhan.

 

  1. Kumpulkan bukti pendanaan.

Bagian ini seringkali tidak diketahui calon penyewa apartemen. Biasanya, pemilik apartemen akan meminta kita memberikan bukti seperti stempel gaji dan verifikasi pekerjaan (misalnya kontrak). Hal ini untuk memastikan kemampuan kita dalam menyewa nantinya. Karena itu, setelah menemukan lokasi apartemen yang cocok untuk disewa, temans perlu mengumpulkan seluruh berkas yang berkaitan.

BIla tidak memiliki buku tabungan, atau slip gaji, temans perlu menyiapkan jawaban yang tepat mengapa tidak dapat memberikan tulisan rintisan gaji. Bisa saja temans memberikan laporan bank. Beberapa owner  bahkan mungkin meminta riwayat pekerjaan yang lengkap.

 

  1. Baca seluruh Isi Perjanjian sewa apartemen

Setelah semua urusan beres dan temans akan melakukan transaksi sewa apartemen, jangan lupa baca seluruh isi perjanjian sewa apartemen sebelum menandatanganinya. Pastikan semua syarat dan ketentuan persis seperti yang dikatakan saat pertama kali menanyakan apartemen ini. Jika  tidak yakin tentang apapun, mintalah klarifikasi.

  1. Periksa keadaan apartemen 

Sebelum transaksi sewa apartemen selelsai, pemilik harus bersedia membiarkan calaon penyewa berjalan melalui apartemen yang akan disewa sebelum menandatangani kontrak. Calon penyewa harus melakukan ini untuk memeriksa kerusakan atau apapun yang terdapat dalam apartemen.

Jika temans telah mengamati dan menemukan sesuatu, mintalah pemilik rumah untuk mencatatnya di kontrak sebelum menandatangani. Jika tidak, pemilik apartemen mungkin akan berusaha membuat kita  membayar ganti rugi ini pada suatu saat nanti.

Oke, itu dia 5 tips dari saya. Semoga menemukan apartemen impian ya.

 

5 out of 5 based on 5 rating. 5 user review.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *