Ini Dia Top 3 Film Gangster Asia Recommended Buat Kamu

Kamu pecinta film Action? Bila iya, tiga film gangster Asia ini layak untuk ditonton.

***

Adegan baku tembak, kejar-kejaran di jalanan, gang fight, hingga efek ledakan epic merupakan beberapa dari daya tarik film action yang sering dicari oleh penggemar film action. Dan untuk urusan baku hajar antar gang, rasanya hingga kini, film dari Asia Timur masih belum tertandingi.

Kualitas pertarungan antar gang yang disajikan dalam film Asia, biasanya lebih hidup disbanding dengan film buatan Hoolywood. Bisa jadi salah satunya karena menonton film bertemakan kehidupan dan persaingan wilayah antara perkumpulan mafia atau gangster ala Asia, berasa lebih dekat dengan realitas dibanding film  barat.

Selain itu kualitas film gangster buatan Asia Timur terutama China, Korea, Jepang tidak bisa dipandang sebelah mata. Kualitas suara, sound efek, dan lighting juga menjadi factor penentu.

Nah, bagi temans yang menjadi penggemar film action, sekarang ada tiga film action gangster yang perlud ditonton. Ibarat kata, temans baru bisa disebut full-fledged action movie junkie jika sudah pernah menonton film gangster Asia terbaik berikut.

  1. The City of Violence – Jakpae (2006)

Korea memang dinilai sebagai master-nya drama-drama percintaan dengan alur cerita yang so-sweet. Namun jangan terkecoh lho temans. Buktinya, Negeri Gingseng tersebut berhasil membuktikan bahwa industri film mereka juga mampu merengkuh penggemar film action dalam salah satu film-nya yang legendaris berjudul The City of Violence.

Dirilis pada tahun 2006, film The City of Violence ini bercerita tentang empat sekawan yang berjuang untuk menangkap pembunuh sahabat baik mereka. Tae-su, Pil-ho, Seok-hwan, dan Donghwan menghadiri acara pemakaman sahabat masa kecil mereka yaitu Wang-jae yang meninggal dunia akibat ditusuk oleh seseorang saat ia sedang mengejar sekelompok berandalan.

Semenjak tanggal peluncurannya, film gangster Korea ini mendapat  sambutan yang sangat baik dari kalangan publik.  Tidak mengherankan jika film ini berhasil menyabet penghargaan kategori Best Cinematography pada acara penghargaan film Busan Film Critic Awards di tahun 2006.

Pada tahun yang sama, pemeran Pil-ho yaitu Lee Beom-soo menyabet penghargaan sebagai Best Supporting Actor dalam acara film Chunsa Film Art Award dan Blue Dragon Film Awards. Film ini juga berhasil memborong beberapa penghargaan dalam event Korean Film Awards dan Grand Bell Awards di tahun 2007.

 

ilustrasi Pixabay

 

2. Infernal Affairs (2002)

Jika temans mencari film gangster dengan alur cerita serta penokohan yang kompleks, this movie will get you hooked! Film ini berkisah tentang Chen Wing-yan yaitu seorang polisi muda yang menyusup ke dalam perkumpulan mafia, dan Lau Kin-Ming yang bekerja sebagai mata-mata dari pihak mafia yang menyusup ke badan kepolisian Hongkong.

Selama menonton film ini, temans akan menyaksikan tidak hanya pertarungan intelejen antara pihak kepolisian dan pihak mafia, tetapi juga konflik batin yang mulai menyergap kedua tokoh utama. Konflik terbesar muncul dari Chen yang mulai merasa tertekan dan mulai meragukan kemampuan dirinya sebagai seorang polisi. Sedangkan di sisi lain Lau mulai terbiasa dengan bekerja sebagai polisi dan masuk ke dalam jajaran polisi berprestasi. Ia pun mulai memiliki keinginan untuk meninggalkan kehidupan kelamnya dan memulai kehidupan baru.

Bagaimana akhir dari cerita keduanya?  Well, temans harus menontonnya sendiri.

Infernal Affairs memberikan angin segar untuk industri film action Hongkong, terutama karena pusat dari film ini benar-benar menitikberatkan pada sisi psikologis dari kedua tokoh utama. Di sisi lain, kebanyakan film action lain berkutat pada pertarungan kekuasaan antar gang atau pembongkaran kasus kejahatan.

Tak mengherankan jika film ini berhasil mendapatkan 57 review positif dari total 60 review yang diselenggarakan oleh website Rotten Tomatoes. Selain itu, film Infernal Affairs juga berhasil merebut 7 dari 16 penghargaan film. Beberapa di antaranya adalah Udine Far East Film Festival, Asia Pacific Film Festival, dan Belgian Syndicate of Cinema Critics.

 

3. My Wife Is A Gangster – Jopok Manura (2001)

Apakah semua film gangster harus bernuansa dark dengan plot cerita yang berat? Well, not really.

Film action Korea berjudul My Wife Is A Gangster adalah salah satu film gangster Asia yang menggunakan humorous approach. Dengan begitu temans tidak hanya melotot tegang tetapi juga tertawa terbahak-bahak selama menonton.

Film ini bercerita tentang Eun-jin seorang female gangster yang menikah dengan pria baik-baik bernama Kang Soo-il demi mengabulkan permohonan terakhir dari Yu-Jin, kakak perempuan dari Eun-jin yang sekarat akibat terkena kanker.

Temans  akan dibuat geleng-geleng kepala dengan tingkah Eun-jin, yang walaupun tengah mengandung anak tetap tidak ragu-ragu untuk memimpin perkelahian melawan gangster lawan, yaitu White Shark. Yang jelas, film ini wajib Anda tonton terutama bagi Anda yang menyukai genre film action comedy.

***

So. Itu dia sekilas mengenai tiga film gangster terbaik ASIA yang rekomended buat temans. Film Gangster manakah yang menjadi favorit  kamu?

Source: http://www.screenjunkies.com/movies/movie-lists/10-best-korean-gangster-movies/

http://breaktime.co.id/entertainment/movie/best-asian-gangster-movie-kriminalitas-yang-ldquodigilairdquo.html

 

Please follow and like us:
5 out of 5 based on 5 rating. 5 user review.
5 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *