Panduan Blogging: Mengenal Dua Platform Blog Gratisan

Saat ini ada banyak platform blog gratisan yang bisa temans manfaatkan. Ada juga blog komunitas seperti Blogdetik, Kompasiana, dan Indonesiana.

Untuk tahap awal, sebelum temans memutuskan pindah ke blog dengan domain dan hosting sendiri alias top level domain yuk kita pelajari dulu dua paltfrom gratisan yang jamak dipakai di kalangan blogger yaitu WordPress dan BlogSpot

  1. BlogSpot

Blogspot merupakan platform blog gratisan yang dikeluarkan google. Biasa juga disebut dengan blogger. Kalau memilih menggunakan blog ini, temans akan memiliki blog dengan akhiran  www.kitabizangeblog.blogspot.co.id. Kelebihan utama menggunakan blogspot adalah lebih mudah digunakan terutama untuk pemula. Selain itu pilihan templatenya juga banyak.

  1. WordPress

Wordpres menggunakan istilah Theme untuk gambar latar belakang. Nanti alamat blog temans akan menjadi www.kitabizangeblog.wordpress.com. Kelebihan wordpress ini katanya lebih ramah mesin pencari. Artinya nantinya artikel temans akan lebih mudah terindeks di mesin pencari google.

Ada beberapa istilah yang biasa dipakai ketika kita menggunakan blogspot dan wordpress. Misalnya, theme dan template, plugin dan widget, SEO dan istilah lain. Temans tak usah kernyitkan dahi dulu. Nanti akan dipelajari satu-satu. Yang penting semangat dulu.

Mana yang terbaik?

Kalau ditanya mana yang terbaik maka jawabannya jelas tidak ada. Karena keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tergantung kita mau melihat dari segi mana. Kalau dari segi tampilan menurut saya WordPress lebih enak dan nyaman dipandang. Namun dari segi pengoperasian harus diakui blogspot lebih mudah.

Sebelum memutuskan apakah akan menggunakan blogspot atau wordpress maka pertama kali perlu diketahui dulu beberapa istilah yang biasa dipakai untuk kedua jenis platform blog. Mengenai optimasi nanti akan dibahas lebih lanjut.

Yuk kenalan lebih jauh dengan ‘dalaman’ wordpress dan blogspot.

  1. Widget dan Plugin

Blogger menggunakan istilah Widget untuk aplikasi tambahan yang dipakai saat pengoperasian. Sedangkan WordPress menggunakan istilah plugin. Bila melihat ketersediaan plugin atau widget pendukung maka wordpress lebih banyak punya aplikasi tambahan sehingga wordpress lebih mudah dipercantik.

Banyaknya tersedia plugin untukk wordpress bisa disebabkan karena banyak blog dan situs profesional yang menggunakan wordpress. Misalnya plugin berlangganan newsletter, tombol share dengan beragam mode, artikel terkait dan lainnya. Juga ada tombol jejaring sosial yang bisa dipasang di bawah halaman.

  1. SEO Friendly

Banyak yang bilang blogspot lebih mudah terindeks di mesin pencari google dibanding wordpress. Sebenarnya sejauh ini belum ada pernyataan resmi dari google mengenai hal ini. Boleh jadi sebenarnya tidak ada hubungannya. Yang menentukan suatu artikel mudah diindeks mesin pencari atau tidak adalah optimalisasi tulisan. Meski begitu beberapa plugin yang disediakan wordpress memang lebih banyak membantu untuk optimasi di mesin pencari.

Kategori dalam website wordpress bisa dilengkapi deskripsi sehingga lebih SEO friendly. Adapun blogger sama sekali tidak ada fasilitas untuk itu sehingga mau tidak mau kita hanya bisa melakukan optimasi pada artikelnya saja. Selain itu wordpress juga menyediakan jenis tag heading 1 sampai 6. Sementara blogger hanya menyediakan sampai heading 3 saja.

  1. Template dan Theme

Template dan theme merupakan istilah yang digunakan untuk latar belakang tata letak blog. Pada blogspot dikenal dengan istilah template. Sedangkan pada wordpress dikenal dengan theme.

Bila dilihat dari ketersediaan pilihan, template untuk blogger yang gratisan lebih banyak daripada theme untuk wordpress. Pada umumnya pilihan theme untuk wordpress berbayar.

Bila ingin upgrade, penggunaan theme wordpress lebih menarik karena lebih mudah untuk meningkatkan gambar tampilannya tanpa harus mengganti dengan yang baru. Jadi tinggal diupdate.

  1. Pengaturan blog

Dalam hal pengaturan blog, menggunakan blogspot harus diakui lebih mudah. Karena itu blogspot lebih cocok dipakai untuk pemula. Mencari dan memasang template pada blogger lebih mudah dibanding theme pada wordpress.

  1. Layanan pendukung

Dalam pengelolaan saat mengupload artikel, wordpress lebih nyaman dibanding blogspot. Pada wordpress tersedia fitur untuk menghitung jumlah kata yang terletak di bawah halaman postingan. Sedangkan pada blogspot, jumlah kata hanya bisa dilihat saat diketik di halaman word.

Selain itu, bila menggunakan wordpress artikel yang ditulis di Microsoft word bisa langsung dicopy paste ke halaman blog. Sedagkan pada blogspot artikel sebaiknya tidak langsung dicopypaste dari word tetapi dipindah dulu ke notepad. Bilang langsung copy paste dari Microsoft word, jenis huruf bisa jadi kacau.

Please follow and like us:
5 out of 5 based on 5 rating. 5 user review.
3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *