Hallo Bumil, Sahabat Terbaik Optimalkan 1000 Hari Pertama Kehidupan

 

“Its Easier to build a strong children than to repair broken man.”

 — Frederick Douglass –

***

Selama masa hamil, rasa penasaran akan keadaan si buah hati di dalam perut biasanya akan menari-nari di pikiran para ibu hamil. Termasuk juga saya. Tak peduli apakah itu kehamilan pertama, kedua, atau ketiga.

“Janinnya sekarang sudah seperti apa ya?”

Untuk menjawab rasa penasaran itu, setiap kali kontrol ke dokter kandungan saya akan bertanya ini dan itu. Ketika hasil pemeriksaan melalui ultrasonografi (USG) di layar monitor muncul saya akan menghujani dokter dengan beberapa pertanyaan. Ini sekarang janinnya sudah bisa apa, organnya sudah ada apa saja, beratnya berapa. Pokonya semua hal untuk mencari tahu keadaan si kecil dalam rahim akan saya tanyakan.

Untungnya, di tiga kali kehamilan, dokter yang memeriksa selalu baik. Mau menjawab setiap pertanyaan yang diajukan. Meski begitu bukan berarti saya berhenti mencari tahu lho. Di rumah, di kala senggang, saya akan berselancar di dunia maya. Menemukan berbagai referensi mengenai tahap perkembangan janin dari waktu ke waktu.

Bagi saya, mengetahui setiap tahap perkembangan janin di dalam perut sangat banyak manfaatnya. Saya jadi tahu tentang apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari. Apalagi masa kehamilan merupakan awal dari periode kritis tumbuh kembang anak yang biasa dikenal dengan masa 1000 hari pertama kehidupan.

Misalnya tentang pembentukan syaraf. Dari berbagai referensi saya mengetahui bahwa pada janin, perkembangan otak manusia dimulai sejak 16 hari setelah pembuahan. Pada saat janin berusia 4 minggu, tabung saraf sudah selesai terbentuk. Itu artinya segala macam nutrisi yang dibutuhkan untuk masa pembentukan saraf ini harus tercukupi dengan baik.

Salah satu informasi yang masih saya ingat dan membekas hingga kini adalah info yang saya baca dari facebook page Prenagen World. Laman ini merupakan salah satu akun facebook favorit saya selama masa hamil dan menyusui seperti sekarang.

“Apabila ada nutrisi dan stimulasi yang tak terpenuhi selama 1000 hari pertama kehidupan, akan menyebabkan kerusakan permanen di masa mendatang dan tidak dapat diperbaiki.

PRENAGEN World

 

periode 1000 hari pertama kehidupan

Nah kan. Ternyata sangat besar kerugian bila kita menyia-nyiakan masa 1000 hari pertama yang dimulai sejak pembentukan janin. Karena itu, meski jadi repot mondar-mandir dari satu situs ke situs lain, membaca berbagai macam buku dan referensi buat saya tak jadi soal. Yang terpenting saya bisa memberikan yang terbaik untuk mempersiapkan masa depan si kecil. Mengoptimalkan tumbuh kembang otak dan organ selama masa 9 bulan kehamilan untuk bekal kehidupan anak-anak di masa depan.

Dan tara! Rupanya sekarang ada cara yang lebih praktis lagi untuk para ibu hamil dalam mengawal dan memaksimalkan tumbuh kembang si kecil selama berada dalam kandungan. Tak perlu lagi wara-wiri ke berbagai situs seperti yang saya lakukan dulu. Sekarang, kita bisa menemukan jawaban atas 1001 pertanyaan seputar kehamilan dan tumbuh kembang janin melalui satu aplikasi bernama Hallo Bumil.

Hallo Bumil merupakan aplikasi yang menyediakan informasi seputar kehamilan. Sebenarnya ini bukan aplikasi baru. Aplikasi yang diluncurkan oleh PT Cakra Radha Mustika ini merupakan revisi dan pergantian nama dari aplikasi ILUVBABY. Bukan hanya berganti nama lho, aplikasi ini juga sudah disesuaikan dengan kebutuhan ibu hamil masa kini.

Hallo bumil dikembangkan bekerjasama dengan tim medis berpengalaman yang memahami perjalanan kehamilan. Dengan begitu para calon ibu bisa mengetahui perkembangan dan pertumbuhan janin dalam kandungan dari waktu ke waktu.

“Hallo bumil merupakan aplikasi pendamping kehamilan pertama di Indonesia yang interaktif dan memberikan informasi kepada ibu yang sedang hamil tepat pada waktunya,”

Andreas Setiawan Santoso, Direktur PT Cakra Radha Mustika

 

Aplikasi Pendamping Kehamilan Interaktif pertama di Indonesia

aplikasi Hallo Bumil didukung PRENAGEN

Ada yang berbeda ketika pertama kali saya menggunakan aplikasi Hallo Bumil. Setelah mengunduh aplikasi ini dari Google Playstore, seperti biasa kita akan diminta mendaftar untuk masuk aplikasi. Dan tahukah temans, sejak pertama kali mendaftar, kita akan diminta memasukkan data real mengenai kehamilan seperti usia kehamilan dan hari perkiraan lahir.

Bila tak mengisi data dengan benar, siap-siap mendapat permintaan balik dari si aplikasi untuk mengisi kembali data yang diminta. Jika tidak aplikasi tak akan dibuka. Hmmm, menurut saya, ini interaktif sekali karena kita seperti langsung berbicara dengan admin. Bila temans tak percaya, silakan coba dan download aplikasinya dengan mengklik link ini.

Setelah berhasil masuk, kita akan mendapatkan informasi sesuai usia kehamilan yang sedang dijalani. Saya baru mengerti, inilah yang dimaksud Pak Andreas, Direktur PT Cakra Radha Mustika dengan informasi yang tepat pada waktunya. Jadi beranda yang muncul pada aplikasi setiap pengguna akan berbeda tergantung usia kehamilan.

Hal yang paling menarik, ketika masuk ke beranda utama, kita akan disambut dengan sapaan pembuka yang seolah-olah berasal dari si kecil yang tengah bercerita mengenai kabarnya. Mengenai pertumbuhan dan perkembangannya dari hari ke hari seperti yang muncul di beranda saya.

 

“Minggu ini ukuranku sebesar buah kelengkeng lho Ma”

ilustrasi tampilan pada beranda

Di dalam aplikasi terdapat beberapa fitur. Fitur utama adalah Timeline Kehamilan. Pada bagian ini calon ibu akan mendapat informasi mengenai proses pertumbuhan janin dari minggu ke minggu, dari awal hingga terbentuknya janin dengan organ yang sempurna. Selain mengawasi perkembangan janin, kita juga bisa mendapatkan informasi mengenai nilai gizi dan nutrisi yang dibutuhkan sesuai usia kehamilan.

Fitur utama lain adalah fitur artikel yang berisi berbagai informasi mengenai kebutuhan nutrisi ibu dan bayi sepanjang usia kehamilan. Ada juga fitur kontrol kehamilan yang bisa membantu para ibu hamil dalam memonitor kehamilan lewat berat badan mingguan.

Fitur lain yang tak kalah penting menurut saya adalah foto fitur foto yang memberi kesempatan calon ibu mendokumentasikan momen kehamilan dari minggu ke minggu. Jadi aplikasi ini selain memberi informasi, juga menjadi diary yang menemani para ibu selama kehamilan.

Dengan berbagai fitur ini, orang tua bisa memantau tumbuh kembang si kecil dari waktu ke waktu. Juga bisa menyiapkan perlakuan dan nutrisi yang tepat untuk kebutuhan janin dalam kandungan. Dengan begitu masa awal 1000 hari pertama kehidupan bisa dilewati dengan optimal.

Tampilan aplikasi Hallo Bumil, halaman artikel dan beranda

Hal lain yang tak kalah penting, ternyata  yang menjadi sponsor utama aplikasi Hallo Bumil adalah KALBE NUTRITIONALS. Kalbe Farma merupakan perusahaan produk kesehatan publik terbesar di Asia Tenggara yang mengeluarkan produk-produk berkualitas seperti PRENAGEN, ahlinya nutrisi kehamilan dan menyusui. Sebagai pempimpin pasar untuk nutrisi kehamilan dan menyusui, PRENAGEN melihat bahwa aplikasi Hallo Bumil sangat membantu kehausan ibu hamil akan berbagai informasi seputar kehamilan.

Dukungan terhadap aplikasi Hallo Bumil ditunjukkan dengan menggelar peluncuran aplikasi Hallo Bumil pada kegiatan Prenagen Pregnancy Educational Journey (PPEJ) – Siapkan Awal Kehidupan Terbaik Si Kecil & Launch Pregnancy APPS yang digelar di Hotel Pullman Central Park, 8 April 2017 lalu. Acara ini merupakan acara edukasi seputar kehamilan dan menyusui tahunan yang digelar PRENAGEN dan berlangsung di beberapa kota.

“PRENAGEN melihat habit konsumen sudah beralih ke arah mobile application. Dengan aplikasi ini diharapkan ibu hamil dan menyusui dapat menjadikan sebagai panduan dan sumber informasi seputar kehamilan terutama dari segi nutrisi,”

Sianne Permadi, Senior Product Manager PRENAGEN.

 

PPEJ, Terbaik untuk yang Teristimewa

Seperti tahun lalu, rangkaian acara PRENAGEN Pregnancy Educational Journey kali ini juga diisi dengan berbagai kegiatan. Ada senam PRENAFit yang merupakan senam khusus ibu hamil dan ibu pasca melahirkan, konsultasi gratis, dan demo memasak makanan sehat untuk ibu hamil dan menyusui.

Juga ada kegiatan sharing session dengan Brand Ambasador PRENAGEN Andien, penyanyi dan aktris yang baru saja melahirkan anak pertama. Kegiatan ini merupakan bagian dari kampanye utama PRENAGEN di tahun 2017 yaitu PRENAGEN Peduli, Ibu Sehat Indonesia Sehat.

Kegiatan yang berlangsung dari pagi sampai siang ini berjalan semarak. Peserta yang mayoritas merupakan ibu hamil dan menyusui sangat antusias mengikuti rangkaian acara. Ketika demo masak, mereka bersemangat ingin mengetahui menu sehat yang dibuat. Begitu pula ketika pelaksanaan senam PRENAFit.

Acara utama dalam kegiatan PPEJ adalah Interaktif Talkshow. Hadir sebagai pembicara dr. Boy Abidin, SpOG yang menyampaikan materi mengenai dampak penting kesehatan plasenta untuk perjalanan kehidupan si kecil.

Ada juga dr. Herbowo AF Soetomenggolo, SpA yang menyampaikan materi seputar pengaruh nutrisi terhadap pembentukan sistem saraf & redflag si kecil. Talkshow ini menjadi makin semarak karena dipandu dengan apik oleh artis yang juga praktisi parenting Mona Ratuliu.

Buat temans yang ingin tahu lebih lanjut mengenai acara ini, masih bisa mengikuti keseruannya lewat facebook page  Prenagenworld, Twitter: @Prenagenworld, Instagram: @prenagenworld. Juga bisa melihat informasi seputar nutrisi selama kehamilan dan menyusi di website www.prenagen.com

Berbagai kegiatan dalam PPEJ 2017

Menyimak materi yang disampaikan dr. Boy dan dr. Herbowo, lagi-lagi saya diingatkan tentang pentingnya memaksimalkan tumbuh kembang si kecil selama 1000 hari pertama kehidupan. Sebuah masa tak terganti yang dimulai sejak dalam kandungan.

Menuru dr. Boy, plasenta adalah organ spesifik kehamilan yang berfungsi dalam transportasi nutrisi dan oksigen dari ibu kepada janin. Karena itu sangat penting bagi ibu hamil untuk menjaga nutrisi yang diasup.

” You are WHAT your mother eat ”

Tak hanya plasenta, menurut dr. Herbowo, tumbuh kembang bayi baru lahir juga sangat ditentukan oleh pemberian nutrisi di masa kehamilan dan menyusui. Pemberian nutrisi seperti asam lemak, DHA, Omega 3, Omega 6 serta akan membantu pembentukan sistem saraf pusat.

Setelah bayi lahir, nutrisi terbaik ini bisa didapatkan bayi melalui ASI. Pada ASI terkandung berbagai zat yang dapat membantu proses pembentuk sistem saraf pusat.

dr.Boy, dr.Herbowo, Andien, dan Mona Ratuliu dalam PPEJ 2017

Untuk bisa memberikan nutrisi pada si kecil baik selama masa kehamilan atau setelah lahir tak ada jalan lain. Ibu dan calon ibu harus segera memenuhi nutrisi dan memastikan asupan yang dimakan punya banyak kandungan. Untuk membantu memenuhi kecukupan nutrisi ibu, PRENAGEN sebagai sahabat terbaik selama masa kehamilan & menyusui hadir dengan formula PRENAPRO.

PRENAPRO merupakan rangkaian produk unggulan PRENAGEN dengan varian terlengkap untuk minuman khusus ibu hamil dan menyusui. Rangkaian produk PRENAPRO menjadi solusi nutrisi Ibu & Janin di awal 1000 Hari Pertama Kehidupan.

  • PRENAGEN esensis.

Merupakan nutrisi lengkap gizi selama 1000 hari pertama kehidupan dengan Formula PRENApro untuk ibu yang persiapan kehamilan. Sebaiknya dikonsumsi 4 bulan sebelum persiapan hamil agar kebutuhan asam folat, kalsium, vitamin dan mineral terpenuhi sehingga mencegah terjadinya cacat pada saat janin terbentuk.

  • PRENAGEN emesis

Merupakan nutrisi lengkap gizi selama 1000 hari pertama kehidupan dengan Formula PRENApro yang teruji klinis dapat mengurangi frekuensi mual muntah. Konsumsi PRENAGEN emesis 2x sehari pada pagi sebelum beraktivitas dan sore hari setelah beraktivitas saat usia hamil 0-3 bulan.

  • PRENAGEN mommy

Merupakan Nutrisi kesehatan ibu hamil yang lengkap gizi selama 1000 hari pertama kehidupan dengan Formula PRENApro untuk menjaga stamina ibu lebih fit selama menjalani kehamilan. Dengan begitu, janin lahir sempurna dan cukup umur dengan beratnya sesuai standar 2,5-4 kg

  • PRENAGEN Lactamom

Merupakan  nutrisi ibu menyusui lengkap gizi selama 1000 hari pertama kehidupan dengan Formula PRENApro untuk meningkatkan stamina ibu dan kualitas ASI selama menyusui. Dengan begitu BB bayi bertambah sesuai standar (3bln pertama 0,8-1kg/bln). Juga ditambahkan faktor kecerdasan sehingga bayi lebih cerdas dalam tumbuh kembangnya.

  • PRENAGEN Liquid Juice

Merupakan minuman sari buah asli berasal dari perpaduan buah Pomegranate (delima merah) dan Grape (Anggur). Buah Delima dipercaya sebagai lambang kemakmuran dan kesuburan yang sudah melegenda.  Dibuat dari ekstrak buah asli yang menyegarkan sebagai sumber asam folat untuk mencegah anemia, tinggi vitamin C untuk menjaga stamina.

Biar lebih asyik, yuk simak penuturan Andien mengenai produk PRENAGEN Prenapro 🙂

 

Dan kini, dengan berbagai kemudahan yang tersedia, para orang tua bisa lebih optimal mempersiapkan si kecil sejak dari dalam kandungan. Aplikasi Hallo Bumil yang memberi informasi waktu ke waktu, dan PRENAGEN PRENAPro yang siap membantu memenuhi kecukupan nutrisi selama hamil dan menyusui.

Tak ada lagi alasan untuk tidak mengoptimalkan 1000 hari pertama kehidupan mempersiapkan masa depan lebih cemerlang untuk si kecil. Menjadi anak yang cerdas, mandiri, dan sehat. 🙂

 

Rangkaian produk PRENAGEN

 

***

Happy Pregnancy

Dunia Biza

Please follow and like us:
5 out of 5 based on 5 rating. 5 user review.
21 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *