Cegah Masalah Alergi Anak dengan 4 Langkah

Anak alergi? Hmm, sekarang rasanya masalah alergi ini sudah semakin jamak ya.

***

Setiap alergi menyerang anak orang tua biasanya akan sibuk mencari tahu penyebab dan cara mengatasinya. Ya pasti sedih kan melihat si buah hati merah-merah di mana-mana.

Anak pertama kami, Bintang, dulu juga punya masalah dengan alergi. Waktu masih bayi badannya merah-merah. Sampai kami bawa ke dokter anak dan Bintang dinyatakan punya bakat alergi.

Memang, masalah alergi anak ini tak bisa dipandang sebelah mata. Orang tua tak bisa begitu saja meremehkannya. Tak bisa dipungkiri bahwa sebenarnya bukan hanya usia dini, siapa saja rentan memiliki masalah terhadap kekebalan tubuh yang membuat bisa terkena alergi.

Salah satu masalah kekebalan tubuh ini karena memang dipicu oleh bahan penyebab allergen. Tak bisa dihilangkan dari tubuh, namun setidaknya ada obat yang dapat digunakan dalam mengatasinya.

Alergi ini, meski tak menimbulkan dampak berbahaya, namun bila dibiarkan bisa menganggu dalam banyak hal. Apalagi bila orang yang mengalami alergi terus berhubungan dengan bahan penyebab alergen dlam tubuh. Akan jauh lebih baik mencegah dibandingkan dengan mengobati.

Bagaimana ya cara mengatasi dan mencegah agar alergi tak datang kembali? Yuk lakukan 4 langkah mudah ini.

  1. Menjauhi Penyebab Alergi

Cara pertama ini adalah cara paling mudah yang dapat dilakukan untuk bisa terbebas dari masalah kesehatan tersebut. Dengan menghindari maka kita tak akan merasakan efek samping penyebabnya.

2. Perbanyak konsumsi vitamin D

Vitamin D adalah salah satu vitamin yang bagus dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin ini juga untuk pertahanan terhadap kemungkinan alergi. Bisa didapatkan dari beberapa jenis makanan. Hal paling penting untuk diketahui, untuk mengaktifkannya harus menerima sinar matahari pagi.

3. Menjaga kebersihan

Pastikan untuk menjaga lingkungan tetap bersih. Kita harus selalu ingat bahwa banyak dari penyebab alergi adalah kondisi lingkungan sekitar yang tak bersih. Misalnya debu atau bakteri. Karena itu sangat penting untuk memastikan lingkungan tempat tinggal selalu bersih.

4. Memerhatikan kandungan makanan

Memerhatikan setiap makanan yang dikonsumsi perlu dilakukan. Upss, memerhatikan di sini bukan berarti ditatapi ya temans. Maksudnya kita harus selalu mencari tahu kandungan apa yang terdapat dalam setiap makanan yang dilahap. Baik itu makanan olahan sendiri atau juga yang dibeli.

Bukan tidak mungkin kan, salah satu bahan pembuat makanan tersebut memicu reaksi allergen pada tubuh.

So itu dia temans empat langkah mudahnya. Bila mengikuti empat langkah ini, peluang munculnya alergi kembali akan sangat kecil. Jadi tak perlu repot deh berobat ke rumah sakit yang bisa menelan biaya banyak.

Masalah tentang pemahaman alergi anak adalah yang paling umum terjadi, sehingga orang tua lah yang harus lebih tanggap dalam mengatasi. Perhatian ini perlu agar alergi yang dialami tak menyebabkan hal-hal yang lebih parah.

 

Please follow and like us:
5 out of 5 based on 5 rating. 5 user review.
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *