Memilih Catering Sehat untuk Perantau

foto gorrygourmet.com

Perantau dilarang sakit!

***

Pernah dengar pameo begitu ga temans. Dulu ketika baru pertama merantau untuk kuliah di provinsi tetangga, jauh dari orang tua, saya sering sekali mendengar pameo itu.

Katanya, perantau dilarang sakit. Perantau harus makan yang sehat. Perantau harus bisa menjaga diri. Perantau harus…., perantau harus…, and the bra and the bra… Banyak deh harusnya. 🙂

Ya kalau dipikir-pikir, menjadi perantau itu memang harus ekstra teliti dan telaten dalam banyak hal. Belajar menjadi lebih mandiri. Mulai dari mengatur keuangan, mencuci baju, merapikan kamar kos, hingga menyiapkan makanan, semua harus bisa dilakukan sendiri. Dan biasanya nih, hal yang paling tricky itu ya urusan makanan.

Dulu kalau tinggal dengan keluarga besar urusan makanan lebih gampang karena semua sudah tersedia. Nah ketika mulai hidup mandiri, makanan harus disiapkan sendiri. Dan biasanya, membeli makanan jadi menjadi pilihan lantaran lebih praktis.

Sayangnya, urusan praktis ini berbanding lurus dengan meningkatnya resiko terkena gangguan kesehatan. Alasannya, membeli makanan jadi di luar tak selamanya sehat. Kita harus hati-hati dan pilih-pilih tempat makan untuk mendapatkan makanan sehat.

Dan sulitnya mencari tempat makan yang sehat ini makin saya rasakan ketika merantau ke Jakarta. Temans tahu sendiri bagaimana kualitas air permukaan di Jakarta. Tak jarang, banyak tempat makan yang tak terlalu menjaga higienitas dan sumber air yang mereka masak. Resiko diare dan sakit perut menjadi lebih besar setelah pindah ke Jakarta.

Karena besarnya resiko ini, maka penting banget buat perantau teliti dan hati-hati dalam menjaga asupan. Selain soal kebersihan, juga perlu mencari asupan makanan yang kaya nutrisi dan gizi agar kondisi kesehatan tidak mudah drop.

 

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan makanan sehat dan kaya gizi.

Mengandung Protein

Makanan sehat adalah makanan mengandung protein yang baik untuk tubuh. Pastikan santapan yang kita pilih mengandung protein baik hewani maupun nabati. Protein itu misalnya terdapat pada daging, ayam, telur, ikan, tahu, dan tempe.

Jangan Lupakan Buah-buahan

Kombinasikan dengan buah-buahan. Makan buah setiap hari sangat dibutuhkan oleh tubuh. Buah mengandung serat yang dapat melancarkan pencernaan tubuh.

Selain itu, buah-buahan juga mengandung gula sehat dan berbagai vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh. Siapkan buah-buahan seperti jeruk, pisang, pepaya, dan buah-buahan lain sebagai sumber vitamin di kosan.

Minimalisir MSG

Nasi goreng, mie instan, dan beberapa jajanan enak yang mudah ditemui biasanya mengandung MSG atau penyedap masakan. Hindari mengonsumsi makanan yang mengandung banyak penyedap masakan. Jika mengonsumsi makanan yang mengandung banyak MSG dapat memperngaruhi kesehatan tubuh.

Meski begitu makanan sehat tak selamanya memiliki rasa yang tidak sedap. Makanan sehat dan lezat bisa ditemukan di Gorry Gourmet. Catering Sehat Jakarta ini menyediakan berbagai menu hidangan sehat yang bisa dipesan secara online.

Enaknya lagi, bila memesan makanan di Gorry Gourmet, makanan yang sudah dimasak akan langsung diantar ke tempat tujuan. Hanya di https://www.gorrygourmet.com/ kita bisa menemukan berbagai makanan favorit yang sehat.

6 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *