Yuk Kita Biza Nge-Blog!

kita-biza-ngeblog

Halo. Apa kabarnya. Postingan ini didedikasikan buat siapa saja di luar sana yang sedang punya semangat menyala untuk memulai sebuah langkah besar.

***

Yup saya sebut langkah besar lantaran membuat blog adalah sebuah pintu menuju hal yang lebih besar. Ketika  temans memutuskan mempunyai sebuah blog berarti temans sudah siap membuka diri dan bertemu dengan orang dan cerita hebat yang bertebaran di luar sana.

Nge-Blog akan membuat diri lebih terbuka terhadap hal baru. Dan dari banyak karakter dan cerita luar biasa yang kita temukan di dunia maya, tentu kita bisa mengambil hikmah di dalamnya. Selain itu menurut saya, menulis itu obat jiwa. Agar miliaran sel otak tetap bekerja.

Baca : Saya Ingin Tetap Waras

Ok. Sekarang mari bungkus niat baik memulai blog ini dengan aksi nyata. Aksi nyata? Yess benar. Aksi nyata karena kalau cuma niat saja tak berarti apa-apa. Ya ga? 🙂

Yah tapi saya gaptek, ga tahu cara bikin blog?

Don’t worry temans. Yang penting luruskan dulu niatnya. Setelah itu yuk kita mulai sama-sama. Mari membangun sebuah blog yang di dalamnya nanti kita bebas bercerita.

Yuk Kita Biza Nge-Blog!

 

Mengenal Dua Platform Blog

langkah-memulai-blogspot-1

Saat ini ada banyak platform blog gratisan yang bisa temans manfaatkan. Ada juga blog komunitas seperti Blogdetik, Kompasiana, dan Indonesiana. Dan untuk tahap awal, sebelum temans memutuskan pindah ke blog dengan domain dan hosting sendiri alias top level domain yuk kita pelajari dulu dua paltfrom gratisan yang jamak dipakai di kalangan blogger yaitu WordPress dan BlogSpot

1. BlogSpot

Blogspot merupakan platform blog gratisan yang dikeluarkan google. Biasa juga disebut dengan blogger. Kalau memilih menggunakan blog ini, temans akan memiliki blog dengan akhiran www.nananaa.blogspot.co.id. Kelebihan utama menggunakan blogspot adalah lebih mudah digunakan terutama untuk pemula. Selain itu pilihan templatenya juga banyak.

2. WordPress

Wordpres menggunakan istilah Theme untuk gambar latar belakang. Nanti alamat blog temans akan menjadi www.namablog.wordpress,com. Kelebihan wordpress ini katanya lebih ramah mesin pencari. Artinya nantinya artikel temans akan lebih mudah terindeks di mesin pencari google.

Ada beberapa istilah yang biasa dipakai ketika kita menggunakan blogspot dan wordpress. Misalnya, theme dan template, plugin dan widget, SEO dan istilah lain. Temans tak usah kernyitkan dahi dulu. Nanti akan dipelajari satu-satu. Yang penting semangat dulu.

 

Serius Mau Ngeblog?

mari-ngeblogMengawali tahun kedua ini, Dunia Biza ingin berbagi dengan temans yang serius ingin ngeblog tapi masih terkendala dengan hal-hal teknis.

Untuk teknis lebih lanjut, nanti akan dibahas pada postingan berikutnya ya. Kita akan belajar bersama-sama teknis dasarnya sampai temans nyaman melakukan aktivitas ngeblog secara mandiri.

Daripada menuliskannya hanya di note FB, tak ada salahnya sekarang melangkah ke tahap lebih serius dengan menulis lewat blog. Dengan ngeblog minimal temans bisa menyimpan cerita yang bisa diakses kapan saja, dan menjadi catatan perjalanan yang bisa diakses anak-anak kita kelak.

Kita akan mulai dengan diskusi intensif melalui whats app mengenai apa dan bagaimana memulai ngeblog. Materinya sederhana saja. Hanya ada 5 pekan yang berisi 5 tema untuk didiskusikan. Jadi tak perlu lama-lama dan tak makan kuota. Setelah 5 pekan grup akan dihapus.

Untuk info lebih lanjut dan pendaftaran, silakan japri lewat DM Facebook Dunia Biza ya. Biar diskusinya lebih cair dan mengalir jumlah peserta akan dibatasi. Nanti kalau masih banyak yang mau belajar bareng bisa di batch berikutnya. Amin.

Selanjutnya materi mengenai segala sesuatu tentang  blog untuk pemula ini akan diupload secara berkala di blog www.iraguslina.com kategori Blogging ya.

Yuk Kita Biza Nge-Blog!

5 out of 5 based on 5 rating. 5 user review.
15 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *