Milestone Setahun Dunia Biza

Keunggulan Menggunakan Top Domain Level .net/.com

Keunggulan Menggunakan Top Domain Level .net/.com

 

Setahun berlalu, banyak hal terjadi. Menjadi catatan berharga yang memberi banyak pelajaran.

***

Times flies so fast. Saking cepatnya, saya sampai tak menyadari sudah setahun berlalu sejak hari itu. Hari pertama ketika saya dengan mantap bermigrasi dari blog gratisan ke top level domain dotcom.

Selamat Ulang Tahun Pertama Dunia Biza

Ngomongin ulang tahun saya jadi teringat beberapa kejadian sebelum 17 November 2015 itu datang. Waktu itu aktivitas ngeblog masih berlangsung di www.mantramagi.blogspot.com. Tak hanya berdomain gratisan, saat itu saya juga beneran masih cupu.

Kalau boleh dibagi berdasarkan jenjang pendidikan, ya anggaplah saat itu masih duduk di TK A. Baru bisa baca dan tulis blog post saja. Sisanya, ya masih meraba-raba. Meraba dalam gelap karena waktu itu pun belum tergabung dalam komunitas blogger manapun.

Temans bisa bayangkan apa yang terjadi. Blog mantramagi sama sekali tak ada pengunjung. Mungkin silent reader ada ya, satu atau dua. Tapi pasti tidak banyak.

Waktu itu menulis ya menulis saja. Tak peduli atau tepatnya tak tahu apa-apa lagi setelah itu. Tak tahu bahwa setelah publish ada lagi serangkaian tahap agar postingan yang sudah ditulis ada pembacanya, seperti sharing di sosial media, sharing di grup komunitas dan blogwalking.

Ya kalau artikelnya memang artikel umum yang berpotensi dilirik mesin pencari. Kalau Cuma postingan curhat, mesin pencari mah emoh mendekat. πŸ™‚

Pernah suatu kali, atau mungkin tepatnya beberapa kali saya berpikir keras setelah mampir membaca beberapa blog yang saya temukan melalui situs pencarian google. Temans tahu apa yang terjadi?

Saya terpaku melihat postingan yang banjir komentar. Sampai berpikir,

β€œGimana caranya blog orang-orang ramai pengunjung, sedang blog mantramagi seperti blog hantu.”

Kalau melihat dashboard sih memang lumayan melegakan, karena trafik kunjungan selalu bergerak naik. Ups, tentu saja naik karena saya yang bolak balik klik artikel tertentu. Heheee….. Ampun deh.

 

Bergabung dengan Komunitas Blogger

Bergabung dengan komunitas adalah lompatan pertama dalam sejarah blogging DuniaBiza. Setelah kepo dan penasaran melihat kiprah beberapa blogger di dunia maya, saya pun berpikir untuk mulai langkah serius. Sayang saja, kalau aktivitas ngeblog tak dibarengi dengan turut ambil bagian dalam komunitas.

Kata orang, salah satu cara menjaga semangat adalah dengan bergabung dan berdiskusi bersama orang-orang yang punya passion sama. Dalam hal blogging, saya merasa sudah waktunya untuk berkembang, bergabung dalam komunitas blogger.

Saya pun kemudian mencari beberapa referensi mengenai komunitas blogger yang ada di Jakarta dan Indonesia. Semua dilakukan karena niat dari dalam diri. Karena kebetulan tak punya teman yang aktif di dunia blogging. Dari hasil pencarian itu akhirnya tertarik dengan dua komunitas yaitu Blogger Perempuan, dan Kumpulan Emak Blogger (KEB).

Berdasarkan referensi dari mesin pencari, kedua komunitas ini yang paling aktif dan menjadi ajang positif untuk menyelami lebih jauh dunia blogging. Maka pada pekan kedua November saya pun mendaftar ke kedua komunitas ini. Yang paling pertama responnya datang dari Blogger Perempuan.

Pada 16 November 2015, sebuah email masuk dari admin Blogger Perempuan. Pemberitahuan untuk mengkonfirmasi kepesertaan dan update profil anggota. Maka jadilah Blogger Perempuan sebagai komunitas pertama.

Berselang beberapa hari, baru tergabung menjadi member KEB. Dua-duanya hingga kini menjadi komunitas utama yang memberikan banyak pengaruh dalam dunia blogging. Kemudian menyusul komunitas lain seperti Blogger Reporter, Warung Blogger, Fun Blogging, dan Blogger Crony.

Migrasi, dari Sini Kisah Bermula

Keunggulan Menggunakan Top Domain Level .net/.com
Dari Gratisan Menjadi Top Level Domain

Ketika mendapat konfirmasi dari Blogger Perempuan, hati saya luar biasa girangnya. Satu langkah besar sudah dibuat. Selanjutnya apa?

Dari hasil menjelajah dunia maya, kepo sana-sini, saya menemukan sejumlah artikel tentang satu langkah berikutnya untuk menjadi lebih berkembang di dunia blogging, yaitu bermigrasi dari blog gratisan menjadi Top Level Domain. Waktu itu saya tak memikirkan top level domain lain, selain DotCom.

Maka jadilah, pada malamnya saya dan suami terlibat pembicaraan serius mengenai rencana pindah rumah ini. Beruntungnya, suami sudah terbiasa dengan dunia maya. Dia sering dimintai tolong membangun web untuk organisasi atau komunitas. Dalam skala kecil tentu saja.

Setelah berbagi ide, akhirnya kami sepakat satu nama. Dunia Biza. BiZa merujuk pada nama Bintang dan aziZah. Waktu blog DuniaBiza dibangun, sama sekali belum terpikir mengenai hal lain seperti monetisasi, branding, etc yang kini sering diperbincangkan.

Ketika pindah ke top level domain dotcom hanya untuk memperkuat semangat ngeblog. Biar lebih termotivasi. Dan DuniaBiza menjadi pilihan dengan harapan menjadi tempat bercerita keseharian selama di rumah mengawal tumbuh kembang Bintang dan Azizah.

Malam itu juga suami langsung memesankan sebuah akun blog dengan top level domain dotcom di salah satu hosting. Sengaja kami lakukan malam itu supaya ada momennya. Lebih mudah dikenang karena bertepatan dengan hari ulang tahun Bintang yang kedua.

Besoknya, setelah mentransfer biaya hosting dan domain, lahirlah blog top level domain dotcom pertama, www.duniabiza.com yang kini tengah temans buka. Dan hal yang paling menyenangkan dan akan menjadi bagian tak terlupa dari perjalanan blog duniabiza adalah akhirnya mendapat komentar pertama. πŸ™‚

Postingan perdana, baca: Reinkarnasi Mari Menulis Blog yang Menarik dengan Happy

Yap benar. Komentar pertama untuk blog baru. Dan yang lebih membuat senang lagi adalah mengetahui bahwa komentar pertama itu datang dari founder Blogger Perempuan Network, Mba Shintaries. Bagi saya komentar itu tak hanya berarti sederet huruf saja, tetapi sebuah dukungan dan juga lecutan untuk bisa berkarya dan menghidupkan DuniaBiza dengan sungguh-sungguh.

Goes To Be Proffesional Blogger

Ngobrol Cantik Road To Prefisional Bloger
Ngobrol Cantik Road To Prefisional Bloger, sumber foto : BPNetwork

Langit memang selalu punya cara. Sehari setelah DuniaBiza.com mengudara, saya mendapat angin surga berikutnya. Sebuah email notifikasi datang dari Blogger Perempuan berisi pemberitahuan event Ngobrol Cantik bertema Road To Be Professional Blogger. Saya berkeyakinan, materi yang akan didapat dari ngobrol cantik ini pastilah akan sangat berguna dalam menunjang aktivitas blogging.

Maka, dengan malu-malu dan perasaan harap cemas saya beranikan diri untuk registrasi. Apakah akan diterima? Seorang blogger cupu yang baru saja berpindah ke blog top level domain dotcom.Β  Pastilah di luar sana, masih banyak blogger hebat yang lebih layak dan pas untuk ikut acara keren ini.

Selang satu jam, sebuah email datang lagi. Pemberitahuan bahwa pendaftaran diterima. Sebuah tiket dari eventbrite terlampir di sana. Bukan main girangnya perasaan waktu itu. Bakal bertemu dengan blogger-blogger lain yang sudah lebih dulu malang melintang. Yang punya pengalaman dan prestasi seabrek. Ah tapi saya tak peduli. Toh saya datang untuk belajar dan berguru. Untuk menuntut ilmu.

Di hari H, saya begitu terpesona. Bertemu dengan blogger-blogger hebat. Tak hanya pembicaranya saja, tetapi juga para peserta. Hari itu saya tak kenal siapa itu mas Toro Cumilebay, siapa itu Mba Nunik, siapa itu Mas Joko. Dalam artian saya tak mengenal latar belakang mereka.

Saya terpesona bukan karena latar belakang tetapi tentang apa yang disampaikan. Bahwa untuk menjadi blogger profesional yang terpenting adalah menjaga semangat.

Semangat untuk terus berbagi. Ngeblog tak melulu soal konsistensi dan prestasi. Tetapi tentang menyebar kebaikan dan spread positive think to the world.

Kata mas Cumilebay, Mba Nunik dan Mas Joko kalau kita sudah memenuhi blog dengan konten yang baik, hal-hal lain berikutnya akan menyusul. Termasuk juga penghasilan, sesuatu yang sebelumnya tak pernah saya bayangkan.

Β 

Berusaha Menjadi Pembelajar dan Pendengar yang Baik

Bintang dan Azizah di Studio Alam TVRI
Bintang dan Azizah, inspirator DuniaBiza

Ibaratnya sekolah, sejak menggunakan top level domain dot.com, waktunya mulai masuk tahapan Sekolah Dasar. Kini statusnya tak lagi anak TK yang boleh main-main. Waktunya belajar dan mendengar. Setiap ada kesempatan untuk menambah ilmu tak akan saya lewatkan. Misalnya melalui Whats app grup, grup facebook.

Fast learning dimulai. Awalnya banyak istilah yang saya tak mengerti sejauh apa pengaruhnya. Misalnya tentang alexa, Domain Authority, Page Authority. Hal-hal yang dasar saja. Setiap kali ada pembahasan mengenai ini, saya menyimak dengan seksama.

Temans tahu kan, bahwa untuk bisa menyerap banyak ilmu, kita harus menjadi pendengar yang baik dan juga cermat. Misalnya, membaca dengan teliti pembahasan dari para senior. Tidak mudah menyerah dan selalu menjaga semangat ingin tahu.

Bila mereka bisa, kenapa kita tidak! Itulah prinsip yang selalu saya jaga. Dan pelan-pelan, mulanya hanya bisa melongo, lalu mulai mengerti satu-satu termasuk aplikasinya.

Bila ragu tak boleh segan bertanya. Biar saja dianggap bodoh, kenyataannya saya memang tak tahu. Setelah itu dilanjutkan dengan bertanya pada Mbah Google tentang ini dan itu. Lalu dikompilasi, kalau ragu tanya lagi. Begitu seterusnya.

Dan dunia blogging itu seperti tak berujung. Selalu ada hal baru yang memancing untuk tahu lebih banyak lagi. Selesai urusan DA/PA dan segala tetek bengeknya, ada lagi urusan Search Engine Optimizing (SEO) yang hingga kini menyedot perhatian. Semakin dipelajari semakin membuat penasaran.

Tak hanya materi yang berat-berat. Setahun terakhir, setelah migrasi menjadi top level domain dotcom, saya jadi makin dekat dengan gegap gempita dunia sosial media yang tak terpisahkan dari aktivitas blogging. Ada banyak karakter blogger bertebaran. Β Ada banyak kejadian dan perang wacana. Tentang blogger senior dan pemula, tentang blogger bayaran dan blogger curhatan, tentang ini dan itu.

Meski banyak perbedaan, saya tak mau terlibat dalam keriuhan. Spread the positif think. Itulah hal yang selalu menjadi fokus. Bukankah itu pula yang menjadi dasar dan semangat untuk terus ngeblog?

“Spread the positif think. Itu yang harus menjadi fokus.”

Seorang blogger kawakan pernah menasehati saya lewat sebuah komentar di salah satu postingan mengenai pentingnya menjaga energi positif agar terus nyala. Menghindari konflik dan menghindarkan diri dari hal-hal yang bisa mendatangkan energi negatif adalah salah satu cara ampuh untuk menjaga agar semangat ngeblog tak pasang surut.

 

Setahun yang Mengubah Hidup

Dari hari ke hari, keasyikan menulis membuat saya menjadi semakin hidup. Melalui blogging saya melakukan banyak hal yang dulu jarang atau bahkan tak pernah dilakukan. Jadi punya banyak teman, banyak saudara.

Tak peduli di mana berada, di dunia blogging, yang saya rasakan semua blogger adalah saudara. Bedanya ada saudara jauh dan saudara dekat. πŸ™‚

Setahun ngeblog top level domain saya pun berubah menjadi pribadi yang lebih terbuka. Dulunya boleh dibilang saya termasuk makhluk yang gagap sosmed. Lihat saja akun facebook dan twitter Ira Guslina. Tak akan banyak informasi dan update status yang temukan di sana.

Tanpa disadari, blog yang semula dibuat untuk mencurahkan hari-hari bersama Bintang dan Azizah berkembang menjadi sesuatu yang di luar dugaan. Isinya malah menjadi gado-gado dari A to Z. Beragam info yang saya tahu dan dianggap berguna untuk banyak orang dishare di sini.

Namun ada satu tema yang selama ini belum tertampung di DuniaBiza.com Keinginan untuk menulis sesuatu yang lebih kompleks. Tentang beragam isu menyangkut sosial masyarakat.

Blog Iraguslina.com, hadiah dari DotComForMe saat Arisan Ilmu KEB
Blog Iraguslina.com, hadiah dari DotComForMe saat Arisan Ilmu KEB

Gayung bersambut, dalam acara Arisan Ilmu Kumpulan Emak Blogger, Langit memberikan jalan. Saya menjadi satu peserta yang mendapat hadiah domain dan hosting gratis di Dot Com For Me. Β Hadiah ini menjadi pelengkap ilmu yang didapat langsung dari founder DotComForMe, Mas Erwin Panigoro.

Saat itu tak sulit untuk mengaktifkannya. Saya dibantu oleh petugas DotcomForMe yang responsif. Mereka juga membantu saya dalam membuat email profesional saya.

Setelah melalui sejumlah prosedur, akhirnya pada 17 Februari blog top level domain dotcom kedua lahir, www.iraguslina.com. Mulailah blog top level domain dotcom kedua ini diisi.

Sebuah Langkah Awal

Sekarang setahun berlalu. Time flies so fast. Selama satu tahun ini banyak hal luar biasa yang terjadi. Banyak manfaat yang saya rasakan. Tak peduli bagi orang ini adalah hal lumrah, namun bagi saya adalah pencapaian yang patut disyukuri dan tingkatkan.

Sejak bereinkarnasi menjadi top level domain banyak kesempatan yang didapatkan. Tawaran job review dan content placement datang silih berganti. Bisa ikut berpartisipasi dalam berbagai event. Dan mendapat tawaran kerjasama berupa penyelanggaraan lomba.

Cerita seru pun juga tak lupa. Mulai dari diserang hacker, dari yang sederhana jebol password sampai masuk dalam daftar open akses. Juga pernah terpental dari mesin pencari alias deindeks. Semua menjadi pengalaman dan pelajaran berharga tak terlupa.

Manfaat Menggunakan Top Level Domain DotCom

Well itu sedikit cerita satu tahun duniabiza.com. Saya tuliskan untuk jadi kenang-kenangan di masa depan. Dan semoga bisa menjadi inspirasi buat temans.

Oya, ini sedikit berbagi cerita mengenai beberapa manfaat yang saya rasakan setelah bermigrasi ke blog dengan top level domain dot.com. Mudah-mudahan bisa menginspirasi temans yang masih ragu-ragu untuk memindahkan rumahnya dari gratisan ke top level domain.

Keunggulan Menggunakan Top Domain Level .net/.com

  1. Membuat jangkauan pertemanan menjadi lebih luas

Temans barangkali sudah sering melihat beberapa info undangan blogger yang mensyaratkan harus punya blog dengan top level domain. Nah, dengan bermigrasi maka kesempatan untuk bisa menghadiri acara blogger akan lebih luas. Semakin banyak acara yang diikuti, akan semakin banyak teman bukan?

Selain itu memiliki blog dengan top level domain akan membuat blog lebih mudah terindeks di mesin pencari. Jadi lebih banyak orang yang bisa membaca tulisan kita. Apalagi kalau temans sering menulis hal yang memang banyak dibutuhkan orang.

 

  1. Kesempatan mendapat tawaran kerjasama lebih terbuka

Salah satu yang menarik setelah pindah ke top level domain dotcom adalah berdatangannya sejumlah tawaran kerjasama. Tentu saja, hasil tak membohongi usaha ya. Maksudnya, setelah migrasi temans harus bisa melakukan optilisasi sehingga performa blog seperti alexa, DA, dan PA menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

β€œYah tapi blog saya kan baru.”

Ah tak perlu minder. Kalau temans rajin dan bisa mengelola dengan baik insyaallah bisa. Intinya sih rajin belajar dan upgrade. Sebagai contoh, DuniaBiza Alhamdulillah bisa tembus alexa di bawah 500 ribu dalam waktu tiga bulan. Dan sekarang, posisi tawar di mesin pencari berupa DA dan PA terus membaik dan semoga terus meningkat.

Untuk bisa mencapai performa blog yang bagus, temans tak perlu khawatir. Di mesin pencari ada banyak artikel bagus dari para mastah mengenai ini. Misalnya tentang cara merampingkan alexa, cara menaikkan DA dan PA. Selama ini saya belajar banyak dari sana, dari kompilasi berbagai tips para mastah. Dan hasilnya Alhamdulillah.

Seiring perbaikan performa blog inilah akan muncul tawaran kerjasama dari berbagai pihak. Saya ingat tawaran pertama DuniaBiza.com datang dari Zalora. Ratenya lumayan untuk sebuah blog baru. Cukup untuk bayar hosting setahun. Dan selanjutnya, tawaran pun mengalir.

  1. Kesempatan mengikuti lomba blog lebih terbuka

Lha kok lomba blog sih? Iya temans, karena sekarang banyak juga lomba blog yang mensyaratkan harus memiliki Top Level Domain. Kalau masih blog gratisan jadinya kesempatan untuk bisa menjemput lebih banyak rezeki tertutup dong. #Dotcomforblogging

Yah tapi bagaimana dong, pindah ke Top Level Domain kan ga gampang. Mahal? Terus gimana?

Ya kalau dibandingkan dengan gratisan memang lebih mahal. Anggap saja investasi. Kalau teman-teman serius dalam tiga bulan, setelah blog yang dibangun memiliki Alexa rendah dan DA PA insyaallah investasi itu akan terbayar. Malah akan mendapatkan banyak bonus.

Sudah banyak cerita sukses dan bahagia datang dari teman-teman blogger yang akhirnya bermigrasi ke domain dotcom atau dotnet. Awalnya cuma satu job, lalu berlanjut ke beberapa, sampai akhirnya banjir. Pelan-pelan tapi pasti akhirnya menjadi tabungan *-*

Tapi menurut saya, hal terpenting adalah bahwa dengan berpindah ke top level domain berarti menunjukkan keseriusan kita dalam ngeblog. Menunjukkan keseriusan dalam berbagi cerita informasi dan inspirasi untuk dunia lewat kata-kata. To Spread Positive Things to The World.

Apalagi sekarang ada banyak penyedia domain dan hosting yang menyediakan layanan untuk bloger. DotComforMe misalnya bahkan memberi layanan paket khusus blogging yang murah. Hanya 100 ribu untuk domain dan hosting selama setahun. Menurut saya harga ini jauh lebih hemat dibanding penyedia layanan server lagi.

Karena itu, temans tak perlu lagi untuk bermigrasi. Mantapkan hati lalu awali hari. Yuk lebih bersemangat menjadi lebih profesional dengan blog top domain level dotcom dan dotnet.

Β 

Syukuran Pengganti Tumpengan

hadiah syukuran Setahun DuniaBiza
hadiah syukuran Setahun DuniaBiza

Maafkan ya temans kepanjangan ceritanya. Hihii… semoga tak bosan dan bisa mengambil sarinya. Sengaja saya tak memberi listikel dan biarkan mengalir saja, agar fokus pada prosesnya.

Nah di hari bahagia ini saya sekalian mengadakan syukuran kecil-kecilan. Kalaulah dunia ini sempit, saya ingin mengundang teman mampir ke rumah dan kita potong tumpeng dan makan nasi kuning bersama. Sebagai bentuk terima kasih atas dukungan teman-teman selama setahun DuniaBiza mengudara.

Nah berhubung jarak yang memisahkan, jadi syukuran kecil-kecilannya lewat blog saja ya berupa Mini Give Away, setahun DuniaBiza.com

Karena ini konteksnya syukuran dan senang-senang, caranya pun sederhana.

Semua teman bisa berpartisipasi. Cukup menuliskan komen apa saja, di kolom komentar mengenai artikel Milestone ini. Komentarnya bisa apa saja.

Mini Give Away ini berlangsung sampai 25 November 2016 ya. Dan pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada 27 November 2016. Dan sekali lagi, ini hanya give away sederhana pengganti tumpengan. Tanda rasa terima kasih DuniaBiza untuk semua temans.

Dan akhirnya, inilah pemenang yang beruntung. Terima kasih atas partisipasi dan kesediaan temans hadir di tumpengan syukuran setahun Dunia Biza. Membaca 150 lebih komentar dan respon yang masuk membuat saya belajar lebih banyak lagi.

Tentang silaturahmi, konsistensi, dan melakukan lebih banyak hal berarti untuk terus berbagi hal positif. Β Terus belajar dan menggali inspirasi dari temans semua.

Dan mengenai Tumpengan kali ini, sungguh saya tak bisa berkata-kata. Andai DuniaBiza punya cukup banyak kenang-kenangan, tentulah saya akan mengantar satu persatu bingkisan itu ke rumah temans dan sahabat yang sudah berpartisipasi. Namun, keterbatasan jua yang menghalangi.

Semoga dalam kesempatan lain, Dunia Biza bisa menyiapkan lebih banyak bingkisan lagi. Agar lebih banyak temans yang menikmati. Sekali lagi terima kasih ya temans. Berikut pengumuman nama pemenang Tumpengan syukuran Satu Tahun Dunia Biza.

 

 

Pemenang

Pena Shaeffer Senilai Rp 350.000,- : Alma Wahdie

Brush set Armando Caruso senilai Rp 300.000,- ++ : Fania Surya

Handuk ekslusif : Lendyagasshi

Paket Dompet Serbaguna + flasdisk : Cutdekayi

Souvenir + flasdisk : Fandhy AR

 

Pulsa @10.000,- untuk 5 orang (diundi)

Desy Wahyuningtyas

Lucky

Anittaqwa Elamien

Uniek K

Arni (Putu Sukartani)

Info lengkap silakan baca :

Tumpengan yang Tak TerlupaΒ 

***

Tulisan ini diikutkan dalam #DotComforBlogging writing competition yang diselenggarakan DotComforMe

5 out of 5 based on 5 rating. 5 user review.
250 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *