Membuat Rumah Minimalis Menjadi Nyaman

Rumah minimalis

Rumah minimalis modern kini makin menjadi primadona. Banyak keluarga muda yang merasa nyaman dan cocok dengan model rumah ini. Ditambah lagi, beragam desain rumah minimalis beredar luas di masyarakat dan bisa ditiru siapa saja.

Perkembangan desain rumah minimalis yang pesat juga membuat sebagian masyarakat beralih meninggalkan model rumah lama. Apalagi saat ini banyak rumah yang dibangun dengan luas tanah terbatas.

Meski di lahan serba terbatas, rumah minimalis tetap bisa didesain sesuai kebutuhan keluarga. Kuncinya adalah efisiensi lahan dan pengaturan tata letak. Bisa saja rumah minimalis dibangun dengan dua lantai.

Untuk menambah kesan asri dan hijau, desain rumah minimalis mempertimbangkan adanya taman kecil di depan rumah. Luasnya tak mesti besar, namun tetap menjadi elemen penting.

Bila punya cukup areal, di bagian belakang ditambah dengan area terbuka untuk menanam pohon rindang dan rerumputan. Rumah yang rindang akan tampak asri dan berpengaruh terhadap sirkulasi udara di rumah.

Jumlah anggota keluarga biasanya juga akan mempengaruhi jumlah kamar di dalam rumah. Bila masih keluarga muda terdiri dari sepasang suami-istri tentu saja belum butuh kamar yang banyak. Areal tanah yang tersedia bisa dimanfaatkan untuk taman depan dan belakang rumah. Nanti, apabila jumlah keluarga bertambah dan dirasa perlu melakukan penambahan kamar baru deh renovasi.

Meski sudah ada rencana renovasi, sebaiknya rumah awal tetap mempertimbangkan keberadaan calon kamar baru. Hal ini akan memudahkan proses renovasi. Selain itu juga bisa menghemat uang dan tidak mengganggu desain awal rumah yang sudah disiapkan.

pemilihan furniter yang tepat menentukan kenyamanan
pemilihan furniter yang tepat menentukan kenyamanan

Selain faktor desain rumah, pemilihan furniture juga sangat menentukan kenyamanan tinggal. Rumah minimalis sebaiknya dilengkapi dengan furniture yang minimalis pula. Furniture minimalis biasanya ukurannya tak terlalu besar, dan dengan motif garis-garis untuk menambah kesan simple.

Salah satu jenis furniture yang sesuai untuk rumah minimalis adalah sofa sudur. Lukisan abstrak juga biasa dijadikan hiasan dinding pada rumah minimalis. Selain itu, pilihan aneka kerajinan tangan yang dibuat dengan warna dan motif natural juga bisa menjadi pemanis ruangan.

Saat ini beragam informasi mengenai desain dan padu padan furniture untuk desain rumah minimalis sudah beredar luas di internet. Tinggal menemukan model mana yang sesuai dengan selera untuk ditiru dan diaplikasikan di rumah masing-masing.

 

8 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *